6 Tanda Pubertas pada Remaja Laki-Laki

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Tanda Pubertas pada Remaja Laki-Laki

Halodoc, Jakarta - Berbicara pubertas, berarti sama halnya dengan membicarakan perubahan pada tubuh Si Kecil ketika dirinya beranak remaja atau dewasa. Pertanyaannya, apa ibu sudah tahu tanda-tanda apa saja yang akan muncul ketika anak mengalami pubertas?

Mengetahui tanda-tanda pubertas pada anak terbilang penting. Tujuannya untuk mengetahui normal-tidaknya pubertas itu terjadi. Ibu bisa melihat dari waktu dan tanda yang muncul.

Untuk remaja perempuan, pubertas umumnya berlangsung pada usia 8–13 tahun, sedangkan pada anak laki-laki berkisar 9–15 tahun. Hal yang perlu digarisbawahi, ada pula beberapa anak yang mengalami pubertas di atas usia tersebut. 

Ingat, pubertas merupakan hal yang pasti terjadi dalam tubuh yang normal. Semua orang mengalami perubahan kondisi ini, tak memandang jenis kelamin atau faktor lainnya. 

Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai tanda-tanda pubertas pada remaja laki-laki. Kira-kira seperti apa sih perubahan yang akan terjadi pada dirinya? Berikut ini ulasan lengkapnya: 

Baca juga: Masuk Puber, Orangtua Perlu Tahu 5 Tanda Depresi pada Remaja

Dari Mimpi Basah Sampai Jerawat

Ketika memasuki fase pubertas, seorang anak laki-laki umumnya akan mengalami berbagai perubahan kondisi pada tubuh. Nah, berikut beberapa tanda pubertas pada remaja laki-laki. 

1. Mimpi Basah

Mimpi basah merupakan tanda pubertas pada laki-laki yang terbilang sangat umum. Mimpi basah sendiri merupakan ejakulasi yang terjadi ketika seseorang sedang terdiri. Kok bisa? Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Akan tetapi, ketika usia anak makin bertambah, intensitas mimpi basah pun lama-kelamaan akan berkurang.

2. Rambut Halus Kemaluan dan Ketiak 

Tanda pubertas pada remaja laki-laki lainnya, yaitu tumbuhnya rambut pada daerah ketiak dan kemaluan. Sebenarnya, kondisi ini tak cuma dialami oleh remaja laki-laki saja. Sebab, tumbuhnya rambut halus ini juga dialami oleh remaja perempuan. 

3. Pertumbuhan Otot

Bila tanda pubertas pada remaja perempuan ditandai dengan jumlah massa lemak yang lebih banyak, sedangkan pada laki-laki ditandai dengan massa otot yang kian membesar. Di samping itu, umumnya bentuk dada mereka pun juga membesar dan mengarah seperti lelaki dewasa. 

Baca juga: Masuk Usia 40, Pria Alami Puber Kedua?

4. Perubahan Suara

Boleh dibilang kalau perubahan suara merupakan tanda pubertas pada remaja laki-laki yang paling kentara. Di sini mereka akan mengalami perubahan suara, menjadi lebih berat. Banyak orang menyebutnya dengan suara “pecah”. 

Perubahan suara ini akan berlangsung ketika anak berusia 11–15 tahun. Suara akan terus berkembang selama beberapa bulan hingga sempurna. Umumnya perubahan suara ini berlangsung tanda mereka sadari. 

5. Perubahan Penis dan Testis

Perubahan yang dimaksud yaitu membesar. Namun, perubahan ini bisa terjadi dalam waktu yang berbeda pada tiap remaja laki-laki. Ada yang mengalaminya ketika menginjak usia 9 tahun, ada pula yang mengalaminya di atas usia tersebut. Kondisi ini masih terbilang normal kok. Karena tiap remaja laki-laki bisa mengalami perubahan fisik yang berbeda-beda, termasuk dengan ukuran penis dan testis. 

6. Timbulnya Jerawat

Meski tak semua remaja laki-laki pubertas mengalami kondisi ini, tetapi timbulnya jerawat juga bisa menjadi tanda pubertas pada remaja laki-laki. Di sini, ibu bisa mengingatkan mereka untuk memastikan rajin mencuci wajah dan mengonsumsi makanan-makanan sehat. 

Nah, andaikan ibu melihat adanya keanehan pada perubahan fisik anak yang sedang mengalami pubertas, cobalah tanyakan pada dokter. Ibu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Family Doctor. Diakses pada 2019. For Parents: What to Expect When Your Child Goes Through Puberty.
Medline Plus. Diakses pada 2019. National Institutes of Health, U.S. National Library of Medicine. Puberty. 
NIH - Diakses pada 2019. What are the Symptoms of Puberty, Precocious Puberty, and Delayed Puberty?