11 May 2018

7 Bahan Alternatif untuk Mengurangi Konsumsi Garam

7 Bahan Alternatif untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Halodoc, Jakarta – Garam menjadi salah satu bumbu yang digunakan untuk membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan sedap. Meski begitu, kadar garam atau sodium yang dibutuhkan oleh tubuh ternyata sangat sedikit, padahal hampir semua makanan yang kamu konsumsi mengandung garam. Masuknya garam yang berlebihan dalam tubuh ini tentu saja bisa membuat kamu rentan terserang hipertensi, yang memicu munculnya berbagai penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Mengurangi asupan garam dalam tubuh bukan berarti kamu akan kehilangan rasa gurih dari makanan yang kamu masak. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alternatif berikut sebagai pengganti garam:

1. Margarin

Alternatif garam satu ini sangat mudah ditemukan, karena sudah dijual bebas di supermarket dan minimarket. Orang beranggapan jika margarin sama dengan mentega, tetapi ternyata keduanya berbeda. Mentega memiliki dua pilihan rasa, yaitu tawar atau asin, sementara margarin sudah pasti berasa asin, karena adanya kandungan garam di dalamnya.

(Baca juga: 4 Tips Gunakan Minyak Goreng yang Sehat)

2. Saus Tiram

Kamu juga bisa menggunakan saus tiram untuk mengganti asupan garam. Saus ini terbuat dari tiram, dengan tekstur kental dan warna kehitaman. Rasanya? Tentu saja gurih dan asin. Padahal, pengolahannya tidak menggunakan tambahan sodium atau garam, bahan pengawet, dan micin. Kamu juga bisa menemukan saus tiram dengan potongan daging tiram berukuran kecil.

3. Kecap Asin

Ada kecap manis, ada pula kecap asin. Jika kecap manis bertekstur kental, kecap asin berstektur cair meski juga terbuat dari kedelai hitam. Kecap asin diolah dari hasil fermentasi nabati dengan tambahan garam. Kecap ini banyak digunakan sebagai pengganti garam pada aneka jenis masakan Cina bercita rasa oriental.

4. Ikan Asin

Alternatif garam selanjutnya adalah ikan asin. Tentu kamu sudah tahu rasa dari bahan makanan satu ini. Saat melalui proses pengawetan, ikan dijemur dengan garam yang jumlahnya pasti tidak sedikit. Meski rasanya sangat asin, ikan asin tetap lebih baik digunakan untuk penyedap rasa gurih dibandingkan dengan sodium. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup goreng ikan asin yang sudah kering dan tumbuk hingga halus. Taburkan bubuknya pada masakan.

5. Cabai

Bagaimana bisa rasa cabai yang pedas bisa menggantikan rasa asin pada garam? Tentu saja bisa, karena selain menimbulkan rasa pedas, cabai juga memiliki rasa asin alami laiknya garam. Oleh karena itulah, bahan makanan ini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk membuat masakan menjadi lebih beraroma dan bercita rasa. Penggunaannya pun bisa dalam bentuk utuh, iris, atau bubuk.

(Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?)

6. Jahe

Hampir sama seperti cabai, jahe memiliki aroma dan rasa yang cukup kuat. Di Indonesia, jahe sendiri banyak digunakan untuk berbagai hal, mulai dari bumbu penyedap rasa, obat, hingga minuman tradisional. Sebagai penyedap rasa, bahan satu ini juga bisa kamu pakai sebagai alternatif garam untuk menciptakan rasa gurih.

7. Daun Mint

Terakhir, ada daun mint. Bahan ini memang lebih sering digunakan untuk membuat masakan bergaya Western. Katanya, rasa manis dan pedas yang menyegarkan pada daun mint bisa membuat bahan ini menjadi pengganti sodium. Mungkin, awalnya terasa asing, tapi lama-kelamaan kamu pasti bisa mendapatkan cita rasa unik yang tak kalah lezatnya dengan saat masih menggunakan garam.

 

Itu tadi tujuh bahan yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif garam untuk menciptakan rasa asin. Kalau kamu ingin menanyakan berbagai hal seputar diet dan nutrisi, kamu bisa menggunakan layanan live chat dari aplikasi Halodoc dan menanyakan langsung pada dokter ahli. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat dan melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponselmu sekarang juga!