7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Penyakit Asam Lambung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Penyakit Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung (refluks gastroesofagus) terjadi saat isi perut naik ke esofagus atau kerongkongan. Pada kondisi normal, pita otot esofagus bagian bawah terbuka saat menelan dan menutup setelahnya. Namun saat mengalami asam lambung, pita esofagus tidak mengencang atau menutup dengan benar, sehingga memungkinkan cairan pencernaan dan isi perut kembali naik ke kerongkongan.

Asam lambung menimbulkan sensasi terbakar di dada yang dapat menyebar ke arah leher. Selain itu, pengidapnya mungkin merasakan rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut. Gejala lainnya meliputi mual, muntah, perut kembung, sulit menelan dan batuk.

Baca Juga : Stres Akibat Pekerjaan Juga Bisa Sebabkan Asam Lambung

Buah untuk Pengidap Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat diobati dengan antasida. Selain itu, mengatur pola makan yang sehat dan seimbang berguna mengurangi gejala asam lambung. Ketika mengalami asam lambung, sebaiknya makan lebih teratur dengan porsi lebih kecil. Hindari ngemil dalam porsi besar di sela waktu makan. Jika kamu mengidap asam lambung dan ingin ngemil, berikut pilihan buah yang aman dikonsumsi:

1. Pisang

Pisang mengandung senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Buah ini merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Serat dalam pisang meningkatkan pencernaan, sehingga berguna mengurangi refluks asam lambung.

2. Melon

Seperti pisang, melon adalah buah lain yang mengandung basa. Kamu bisa memakannya langsung atau diolah menjadi jus. Selain melon, blewah dan semangka juga baik dikonsumsi pengidap asam lambung.

3. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium. Pepaya mengandung enzim papain yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada.

Baca Juga : Cincau Ampuh Atasi Asam Lambung, Benarkah?

4. Semangka

Semangka kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Kandungan airnya yang tinggi di dalam semangka juga membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka berguna untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi refluks.

5. Buah Ara

Buah ara mengandung gula alami, mineral, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya membantu pergerakan usus sehingga berguna mengobati gangguan pencernaan. Selain mengurangi gejala asam lambung, buah ara juga berguna untuk mencegah sembelit.

6. Apel

Buah mengandung vitamin A, C, D, B, kalsium, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini membantu menjaga saluran cerna sehingga memungkinkan seseorang buang air besar secara teratur. Itu mengapa apel bisa dikonsumsi untuk mengurangi asam dan menenangkan perut bagi pengidap asam lambung.

7. Persik

Buah kecil berbulu ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12 dan C. Kandungan asam dari buah persik tergolong rendah dan baik dikonsumsi pengidap refluks asam. Buah ini juga dikenal dalam membantu menangani diabetes, masalah kulit, dan kanker kolorektal.

Baca Juga : Agar Tak Salah, Ini 5 Tips Mencegah GERD

Saat mengalami asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi makanan tinggi lemak, asam, pedas, dan mengandung kafein. Pasalnya jenis makanan tersebut bisa memperburuk refluks. Apabila asam lambung yang kamu alami tak kunjung membaik, segera bicara pada dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!