Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Juli 2023
Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?

“Operasi sinusitis perlu kamu lakukan jika gejala tidak kunjung sembuh dengan pengobatan. Tujuan operasi tersebut dilakukan yaitu untuk meringankan gejala dan mengurangi infeksi yang sedang terjadi.”

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang beranggapan apabila seseorang yang mengidap sinusitis harus segera mendapat operasi. Hal tersebut karena penyakit pada sinus tersebut akan sering untuk kambuh tanpa adanya waktu yang jelas. Walau begitu, apakah seseorang benar-benar harus mendapat operasi sinusitis? 

Keperluan operasi ini tergantung pada penyebabnya. Tujuan utama dari operasi sinus adalah untuk meringankan gejala dan mengurangi infeksi yang terjadi. Jika gangguan tersebut terus kembali, kemungkinan ada sesuatu di rongga hidung yang hanya bisa dokter perbaiki dengan operasi. Maka dari itu, pemeriksaan kondisi terkini sangat dokter sarankan, sehingga pengambilan keputusan operasi dapat segera tim medis lakukan.

Pastikan kamu melakukan pemeriksaan ke dokter segera sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat dengan cepat.

Pengidap sinusitis perlu melakukan operasi untuk memaksimalkan kesembuhan. Kamu bisa cari tahu alasannya di sini: Pengidap Sinusitis Harus Menjalani Operasi, Benarkah?

Manfaat Operasi Sinusitis

Kondisi sinusitis sangat mengganggu produktivitas sehari-hari, apalagi saat gejala muncul. Operasi ini menawarkan banyak manfaat, di antaranya:

  • Mengurangi tekanan dan nyeri pada wajah dan hidung.
  • Meningkatkan fungsi kognitif.
  • Mengembalikan kualitas tidur.
  • Mengurangi atau mengatasi dengkuran saat tidur.
  • Mencegah terjadinya perubahan suasana hati yang buruk.
  • Bernapas lebih mudah, karena tidak terhalang oleh infeksi.
  • Mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat.
  • Infeksi sinus berkurang dan gejala tidak terlalu parah.
  • Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. 
  • Risiko masalah kesehatan mulut dan gigi berkurang, termasuk bau mulut dapat teratasi.

Namun perlu kamu pahami juga, meski menjalani operasi, beberapa pengidap tetap memerlukan obat-obatan untuk membantu meringankan sisa atau rasa tidak nyaman selama pemulihan.

Pembedahan memang dapat membersihkan saluran udara dan memulihkan sinus dan drainase hidung yang normal. Namun, dekongestan dan semprotan hidung steroid tetap kamu butuhkan dan terbukti lebih efektif untuk menenangkan gejala jika kamu gunakan pasca operasi.

Selain itu, terkadang operasi tidak menyembuhkan sinusitis, hanya membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Kapan Harus Melakukan Operasi Sinusitis?

Banyak orang yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan operasi sinusitis. Umumnya, tindakan operasi dapat dokter rekomendasikan apabila gangguan sinus yang terjadi tidak memperlihatkan perbaikan setelah melakukan pengobatan dan terapi. Terlebih lagi jika gejalanya tidak membaik setelah lebih dari tiga bulan secara berturut-turut.

Kondisi sinusitis juga biasanya terjadi karena peradangan, sehingga penanganan yang dilakukan adalah dengan mengontrol risiko terhadap peradangan. Selain itu, operasi ini dilakukan dengan tujuan utama membuat drainase sinus menjadi lebih baik.

Setelah melakukan hal tersebut, lendir dari rongga sinus akan lebih mudah untuk keluar ke rongga hidung dan udara dapat masuk ke rongga sinus.

Satu-satunya cara untuk memastikan apakah kamu perlu menjalani operasi ini dan waktu yang tepat untuk menjalaninya, yaitu dengan bertanya dengan dokter spesialis telinga-hidung-tenggorokan (THT)/sinusitis.

Selain itu ketahui, baca juga informasi mengenai Gejala Awal Sinusitis yang Sering Disalahartikan

Prosedur Operasi Sinusitis

Berikut ini prosedur yang harus kamu jalani saat operasi:

1.Sebelum prosedur

Dokter akan melakukan pemeriksaan pra-operasi untuk memastikan kamu dapat menjalani operasi. Kemudian, dokter mungkin meresepkan obat yang dapat mencegah infeksi atau pembengkakan.

Meskipun situasi setiap orang berbeda, umumnya dokter akan merekomendasikan hal berikut:

  • Berhenti merokok setidaknya tiga minggu sebelum operasi. Sebab, merokok dapat memperburuk gejala sinus.
  • Hindari minum aspirin setidaknya tujuh hari sebelum operasi. Sebab, konsumsi obat tersebut dapat menyebabkan pendarahan selama dan setelah operasi, meskipun diminum dalam jumlah sedikit.
  • Jika operasi melibatkan anestesi umum, jangan makan atau minum apapun setelah tengah malam pada hari operasi.
  • Jangan mengemudi selama 24 jam setelah operasi, sebaiknya minta seseorang atau keluarga untuk mengantar pulang. 
  • Anestesi umum akan diberikan sebelum operasi dimulai.

2.Selama prosedur

Prosedur operasi sinusitis selanjutnya tergantung pada jenis operasi yang ditentukan oleh dokter, yaitu:

  • Endoskopi. Pada prosedur ini, dokter akan memasukkan instrumen bedah yang sangat tipis dan fleksibel, yang disebut endoskopi, ke dalam hidungmu. Instrumen tersebut memiliki lensa kamera kecil yang mengirim gambar ke layar. Bantuan alat tersebut dapat membantu dokter melihat lokasi sinus yang tersumbat dan memandu instrumen lain untuk mengangkat polip, jaringan parut, atau hal yang menyumbat lainnya. Endoskopi biasanya dokter lakukan dengan bius lokal. Setelah prosedur, kamu mungkin bisa langsung pulang.
  • Sinuplasty balloon. Jika dokter tidak perlu mengeluarkan apapun dari sinus, maka dokter akan melakukan sinuplasti balon. Pembedahan ini dilakukan dengan memasukkan selang tipis ke dalam hidung, yang di salah satu ujungnya ada balon kecil. Dokter kemudian mengarahkan balon ke area yang tersumbat di dalam hidung dan mengembangkannya. Cara ini dapat membantu membersihkan saluran hingga sinus dapat mengalir lebih baik dan tidak mampet.

3.Setelah prosedur

Jika kamu menerima anestesi umum, maka perlu beristirahat di ruang pemulihan sampai efek anestesi hilang. Sementara itu, jika kamu mendapatkan anestesi lokal, maka bisa langsung pulang. 

Sebelum pulang, dokter akan memberi informasi tentang perawatan saat pemulihan. Ia juga akan meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi rasa sakit ringan atau sedang, yang mungkin kamu rasakan selama seminggu atau lebih setelah operasi. Antibiotik juga dapat dokter berikan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Selain operasi sinusitis, kenali 4 Jenis Operasi Hidung yang Perlu Kamu Ketahui

Tempat Melakukan Operasi Sinusitis dan Biayanya

Prosedur operasi sinusitis dapat kamu lakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan resmi lainnya. Sementara itu, besarnya biaya tindakan operasi tergantung tempat dan fasilitas kesehatan yang kamu pilih. 

Sebagai acuan, kisaran biaya terendah yaitu sekitar Rp 6.000.000. Namun, kisaran tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, operasi sinusitis juga merupakan tindakan yang dapat ditanggung BPJS Kesehatan, jika memenuhi syarat yang berlaku.



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Do I Need Surgery for Sinusitis?
Everyday Health. Diakses pada 2023. When You Need Sinus Surgery.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Sinus Surgery
Social Sinus. Diakses pada 2023. What Are the Benefits of Sinus Surgery?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan