06 April 2018

7 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang ogah makan buah ataupun sayur, jus bisa jadi alternatif pilihan untuk mendapatkan segudang manfaat jus. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Health Promotion, ada banyak manfaat jus untuk kesehatan mulai dari memiliki vitamin yang lengkap seperti Vitamin C, B6, folat, kalium, magnesium dan zat besi.

Mengonsumsi jus juga dapat dikaitkan dengan diet sehat dan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan, mencerahkan kulit dan membantu menjaga berat badan tetap stabil. Terkhusus untuk anak-anak, menurut Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics anak-anak yang minum jus memiliki kesadaran untuk mengonsumsi susu. (Baca juga: 5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh)

Untuk lebih mengetahui manfaat tiap-tiap jus secara spesifik seperti apa untuk kesehatan, kamu bisa tahu dari uraian di bawah ini.

  1. Jus Semangka

Jus semangka memiliki 90 persen air sehingga menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang sedang mengalami dehidrasi. Bahkan manfaat jus semangka bisa dikaitkan dengan mengurangi kemungkinan penyakit jantung, kanker dan tekanan darah tinggi. Minum jus semangka juga bisa jadi mood booster saat bekerja.

  1. Jus Jeruk

Kandungan Vitamin C yang banyak membuat jus jeruk sangat disarankan untuk dikonsumsi mereka yang mengidap sariawan ataupun kulit kering. Minum jus jeruk saat pagi hari dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh selama seharian. Kalau kamu sedang pilek juga sangat disarankan untuk minum jus jeruk.

Nah, kalau sedang pilek dan males bergerak kemana-mana padahal kamu butuh beli vitamin banget, kamu bisa kontak Halodoc. Lewat layanan Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc, kamu bisa memesan kebutuhan vitamin kamu lalu tunggu maksimal 1 jam sampai pesanan kamu sampai. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. 

  1. Jus Bit

Buah bit memang efektif untuk meningkatkan jumlah darah merah. Buat kamu yang mengidap anemia, sangat disarankan untuk minum jus bit. Jus bit juga baik untuk pencernaan dan mengatasi masalah kulit kepala. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa mencampurkannya dengan nenas madu.

  1. Jus Tomat

Kalau kamu gampang lelah dan butuh tenaga untuk cepat pulih, kamu bisa minum jus tomat. Selain memulihkan tenaga dengan cepat manfaat jus tomat yang lain adalah menyembuhkan sariawan, baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, antioksidan alami dan baik untuk kulit terutama buat kamu yang bermasalah dengan jerawat.

  1. Jus Mentimun

Sudah banyak para ahli yang mengatakan kalau mentimun adalah buah yang paling baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Minum jus mentimun setiap sore juga dapat memberikan efek segar dan fit setelah seharian beraktivitas. Selain meningkatkan stamina, mentimun juga baik menjaga kesehatan mata dan pengganti cairan yang hilang. Jadi kalau kamu sehabis berolahraga bisa minum jus mentimun.

  1. Jus Sayuran

Mencampur beberapa jenis sayuran seperti selada, bit, sawi, kol, wortel dan nanas sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat jus kombinasi ini adalah untuk kesuburan rambut, meningkatkan daya ingat, kesehatan kulit terutama untuk kamu yang sudah menginjak 30-an sangat baik untuk meremajakan kulit dan pastinya baik untuk pencernaan yang sehat.

  1. Jus Lemon dan Apel

Perasan lemon dicampur dengan apel kemudian dijus adalah penurun berat badan alami. Kombinasi kedua buah ini dapat menghilangkan penumpukan lemak serta baik untuk kesehatan dan kesegaran kulit wajah. Tapi jangan ditambahkan gula, ya. Biarkan manisnya apel yang menjadi pemanis alami jus ini.