29 March 2019

Ini 7 Makanan Pemicu Tumor Otak

Ini 7 Makanan Pemicu Tumor Otak

Halodoc, Jakarta – Tumor otak adalah kumpulan sel abnormal yang tumbuh tak terkendali di dalam otak. Meski berguna untuk melindungi otak manusia, tengkorak memiliki ruang yang terbatas. Itu sebabnya pertumbuhan sel yang tak terkendali menimbulkan masalah serius, seperti tumor otak. Jika tidak ditangani, tumor otak dapat menyebabkan kerusakan yang bisa mengancam jiwa.

Baca Juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Faktor genetik dan perawatan radioterapi bisa meningkatkan risiko tumor otak. Ini karena paparan radiasi yang terlalu besar berpotensi memicu timbulnya kanker. Selain itu, asupan makanan harian juga bisa memicu terbentuknya tumor otak. Lantas, apa saja makanan pemicu tumor otak?

1.Produk Daging Olahan

Produk daging olahan seperti sosis, nugget, bacon, dan sejenisnya menggunakan bahan pengawet agar tampak segar dan menarik. Bahan inilah yang berpotensi menimbulkan kanker. Lebih baik pilih produk daging dan olahannya yang tidak diawetkan.

2. Popcorn Instan

Popcorn memang menjadi camilan yang tepat saat menonton film. Meski begitu, kantong popcorn instan ternyata dilapisi dengan bahan kimia. Pasalnya asam perfluorooctanoic (PFOA) dalam lapisan kantong popcorn mengandung zat karsinogen yang menjadi pemicu tumor. Bahan kimia diacetyl yang digunakan dalam popcorn juga bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan kanker.  

Baca Juga: Perlu Konsumsi Ini Setelah Makan Junk Food

3. Minuman Berkarbonasi

Bahan kimia dalam minuman bersoda, 4-methylimidazole (4-MI), dianggap sebagai penyebab kanker. Selain pengawet, minuman berkarbonasi juga cenderung tinggi gula dan pewarna sehingga meningkatkan tingkat keasaman tubuh dan menyuburkan sel-sel kanker.

4. Makanan dan Minuman Diet

Makanan dan minuman diet, termasuk soda diet, dianggap memiliki dampak yang lebih buruk dari minuman berkarbonasi atau berpengawet lainnya. Misalnya pemanis buatan aspartame yang bisa menyebabkan cacat lahir dan kanker. Sucralose, sakarin, dan berbagai pemanis buatan lainnya juga meningkatkan risiko kanker.

5. Gula Halus

Gula halus yang terdapat dalam kue, jus, saus, sereal, dan banyak makanan instan lainnya cenderung cepat meningkatkan kadar insulin dan membantu pertumbuhan sel kanker. Pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) juga bersifat ofensif, sehingga sel-sel kanker dapat dengan cepat berkembang biak.

6. Alkohol

Faktor risiko penyakit kanker lainnya adalah makanan dan minuman yang mengandung alkohol tinggi. Maka itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol seperti tape dan bir.

Baca Juga: Pentingnya Konsumsi Makanan yang Ideal Sesuai Usia

7. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng meningkatkan kadar lemak berkali lipat, berasal dari lemak yang terkandung dalam minyak. Makanan yang dibakar juga sebaiknya dibatasi karena mengandung karsinogen.

Mulai saat ini, sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi makanan di atas. Selain pola makan yang sehat, disarankan agar menghindari paparan radiasi atau zat kimia terutama dari pekerjaan radiologist atau buruh pabrik. Kalau kamu ingin bertanya seputar penyakit kanker lainnya, diskusikan saja dengan dokter Halodoc. Fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc memudahkan kamu untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!