09 October 2018

7 Makanan yang Dapat Mengurangi Kadar Trigliserida

7 Makanan yang Dapat Mengurangi Kadar Trigliserida

Halodoc, Jakarta - Ada beberapa jenis lemak dalam tubuh, trigliserida salah satunya. Lemak jenis ini adalah zat yang disimpan dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak dalam tubuh, dan dibawa dalam aliran darah. Trigliserida tidak hanya diproduksi secara alami oleh tubuh sebagai sumber energi, tetapi juga dapat dihasilkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Semakin banyak jumlah kalori yang dikonsumsi seseorang, maka semakin tinggi pula kadar trigliserida orang tersebut. Kadar trigliserida yang tinggi itu dapat membuat risiko penyakit jantung dan sindrom metabolik yang berhubungan dengan stroke, semakin tinggi. Oleh karena itu, memperhatikan jumlah asupan kalori yang masuk dalam tubuh menjadi penting untuk dilakukan, serta untuk menjaga agar kadar trigliserida tetap normal.

Selain menjaga asupan kalori, beberapa jenis makanan berikut digadang mampu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh:

1. Oatmeal

Oatmeal telah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk jantung, dapat menjadi solusi bagi orang yang memiliki kadar trigliserida tinggi, serta baik dalam hal menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan serat larut air dalam oatmeal dan sifatnya yang dicerna secara perlahan dapat membantu tubuh untuk kenyang lebih lama, sehingga menghindari kita untuk banyak mengonsumsi camilan di luar jam makan.

2. Ikan

Berbagai jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti ikan kembung, salmon, halibut, herring, tuna, dan trout, dapat membantu menurunkan kadar trigliserida.

3. Seledri

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam seledri dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, menurunkan trigliserida, hingga mencegah oksidasi LDL alias kolesterol jahat. Olah seledri menjadi jus atau campuran dalam masakan, dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

4. Alpukat

Jika bicara soal buah yang mengandung banyak lemak baik, jawabannya adalah alpukat. Ya, buah yang juga kaya akan vitamin E ini memang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Konsumsilah alpukat tanpa tambahan gula atau susu, maka kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh akan turun.

5. Bawang Putih

Berbagai studi telah membuktikan bahwa senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih, ampuh untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol hingga 12 persen.

6. Biji Bunga Matahari

Makanan yang juga populer dengan sebutan ‘kuaci’ ini kerap dijadikan cemilan kala senggang. Namun, siapa sangka, ternyata camilan mungil ini dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Hal ini karena kandungan sterol di dalamnya mampu menghambat kenaikan trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah.

7. Minyak Zaitun

Selain tinggi antioksidan, minyak zaitun juga menjadi salah satu solusi untuk menurunkan trigliserida dalam tubuh. Itulah mengapa banyak orang, terutama yang memiliki tekanan darah tinggi, beralih menggunakan minyak zaitun dalam memasak makanannya. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak zaitun yang paling baik adalah jenis extra-virgin. Yaitu minyak zaitun perasan pertama, yang mengandung kandungan nutrisi paling banyak, dibanding jenis minyak zaitun lainnya.

Itulah 7 jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, jangan ragu untuk gunakan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter bisa kamu lakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan saja dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

Baca juga: