02 April 2018

7 Tips Agar Bangun Pagi dengan Bugar

7 Tips Agar Bangun Pagi dengan Bugar

Halodoc, Jakarta – Enggak semua orang bisa tidur dengan cepat. Beberapa orang bahkan kesulitan tidur hingga harus begadang, meskipun sudah berusaha untuk memejamkan mata. Hal tersebut bisa memengaruhi pola tidur seseorang, membuat jam tidurnya “kacau” dan menyisakan rasa kantuk di pagi hari. Nah, agar kamu bisa bangun pagi dengan bugar, simak tujuh tips bugar di pagi hari berikut ini, yuk! (Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia)

1. Matikan Alat Elektronik

Agar tidur lebih nyenyak, sebisa mungkin matikan alat elektronik sebelum tidur. Ini karena alat elektronik seperti gadget, TV, dan lain-lain bisa memengaruhi kualitas tidur. Sebuah studi bahkan melaporkan bahwa alat-alat elektronik dapat memengaruhi stimulasi kognitif pada otak, sehingga memengaruhi kualitas tidur. Cahaya yang dikeluarkan oleh alat elektronik juga dapat memperlambat produksi hormon melatonin yang berperan untuk mengatur jam tidur biologis. Akibatnya, cahaya tersebut akan membuat kamu kesulitan tidur.

2. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur memang enggak dilarang, tapi kamu tetap perlu memperhatikan apa yang kamu makan. Karena beberapa makanan seperti pizza, sereal manis, cokelat hitam, kafein, dan minuman bersoda bisa memengaruhi kualitas tidur kamu. Beberapa makanan tersebut akan membuat tubuh lebih fokus untuk mencerna makanan dibandingkan beristirahat. Jadi, ada baiknya kamu memberi jeda makan dua jam sebelum tidur agar proses metabolisme pada tubuh berlangsung optimal.

3. Minum Satu Gelas Air Putih Sebelum Tidur

Sebelum tidur, kamu bisa mengonsumsi satu gelas air putih. Ini dilakukan untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang karena aktivitas sepanjang hari dan membuang racun di dalam tubuh. Minum segelas air putih sebelum tidur juga bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak, lho.

4. Buat Lingkungan Tidur Nyaman

Ada banyak hal yang bisa mengganggu kualitas tidur seperti suara bising, suhu terlalu dingin, suhu terlalu panas, dan lainnya. Karena itu, agar tidur kamu lebih nyenyak, kamu perlu menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Misalkan dengan menggunakan lampu tidur, mengatur suhu kamar, mematikan TV, jauhkan gadget, menggunakan masker untuk menutup mata, dan lain-lain.

5. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun

Anjuran minum air putih setelah bangun bukan hanya untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga bisa membuang racun dalam tubuh. Kamu juga bisa memasukkan potongan lemon ke dalam air putih untuk menambah rasa. Agar lebih mudah, kamu bisa menyediakan segelas air putih di kamar tidur. Jadi, kamu bisa langsung meminumnya setelah bangun.

6. Olahraga Ringan

Setelah bangun tidur bukan berarti rasa kantuk langsung hilang. Bahkan, beberapa orang membutuhkan waktu untuk “mengumpulkan nyawa” sebelum akhirnya beranjak dari kasur dan beraktivitas. Untuk mengakalinya, kamu bisa melakukan peregangan ringan di atas kasur. Lakukan gerakan sederhana, misalkan peregangan kepala, tangan, dan badan. Meskipun sepele, hal ini bisa membuat tubuh lebih siap dan segar untuk beraktivitas, lho.

7. Sarapan

Selain bikin tubuh lebih berenergi, sarapan juga bisa mengontrol berat badan, meningkatkan fokus, dan mencegah peningkatan kadar kolestrol. Karena itu, kamu dianjurkan untuk sarapan setidaknya 30 menit setelah bangun tidur. Karena menurut ahli, sarapan pada waktu 30 menit setelah tidur bisa menstabilkan kadar gula darah. (Baca juga: Awali Pagimu dengan Menu Sarapan Sehat dan Berenergi)

Kalau tujuh cara di atas enggak bisa memperbaiki kualitas tidur kamu, ada baiknya kamu bicara ke dokter. Agar pola tidurmu membaik, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor untuk bicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play