18 April 2018

9 Buah-buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

9 Buah-buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Saat menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan, dehidrasi bukanlan hal asing lagi yang dapat menyerang tubuhmu. Selain dengan meminum banyak air, ternyata dehidrasi dapat dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Namun kamu harus mengenali terlebih dahulu tanda-tanda dehidrasi.

Cara yang paling tepat untuk mengenalinya adalah dengan melihat warna air kemih yang kamu keluarkan. Apabila warnanya sudah agak kecoklatan, ini berati kamu sudah terkena dehidrasi. Ada baiknya kamu mengurangi aktivitas yang berat. (Baca juga: Benarkah Kopi dan Teh Bisa Bikin Dehidrasi)

Berikut ini adalah buah-buahan yang paling ampuh mencegah dehidrasi saat puasa, kamu pun dapat mengonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi jus untuk dinikmati saat sahur atau berbuka puasa:

Semangka

Inilah buah pencegah dehidrasi yang menempati posisi paling atas. Dengan tingkat hidrasi sebanyak 92 persen, buah ini juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, potasium, dan sodium yang dikenal ampuh mencegah dehidrasi lebih baik ketimbang air putih.

Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk adalah buah yang ampuh mengusir dehidrasi karena bulir-bulirnya terdiri dari air. Memiliki tingkat hidrasi sebesar 87 persen, jeruk juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit saat berpuasa.

Mentimun

Mentimun biasanya dikonsumsi secara langsung sebagai pencuci mulut. Namun mentimun juga dapat kamu masukan ke dalam makanan seperti salad atau sayur.  Kandungan airnya yang tinggi dinilai mampu mencegah dehidrasi selama kamu puasa. Tidak ada salahnya memasukan buah ini ke dalam menu makanan kamu.

Blewah

Seperti halnya mentimun, blewah juga biasanya dimasukan ke dalam minuman segar untuk sajian berbuka. Dengan tingkat hidrasi sebesar 89 persen, blewah juga diyakini mampu meningkatkan energi tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah kamu tetap dalam kondisi stabil.

Mangga

Selain mengandung air yang cukup tinggi, mangga juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Mangga juga mengandung vitamin seperti vitamin A, B6, dan C yang baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kamu selama puasa. Kamu dapat mengonsumsi mangga secara langsung atau mengolahnya menjadi jus segar atau dijadikan rujak.

Nanas

Nanas dikenal ampuh mencegah peradangan yang terjadi di dalam tubuh kamu. Rasanya yang menyegarkan dan kaya akan kandungan air akan membuatmu terhindar dari bahaya dehidrasi selama bulan puasa.

Anggur

Rasanya yang menyegarkan tidak lain disebabkan oleh kandungan airnya yang cukup tinggi. Entah itu anggur hitam, ungu, merah atau bahkan yang hijau, khasiatnya sama. Kamu dapat mengonsumsinya setiap hari untuk menjaga kesehatanmu dan mencegah dehidrasi selama menjalani puasa.

Apel

Apel dapat meghindarkan kita dari dehidrasi selama bulan puasa. Rasanya yang manis dengan kandungan serat yang tinggi sangat efektif menjaga cairan di dalam tubuh kamu. Konsumsilah buah ini 2 – 3 per hari bersama dengan kulitnya atau dijus.

Melon

Buah ini dapat kita temui dengan mudah dimanapun dan banyak juga yang menjualnya sudah dalam kemasan siap makan. Hebatnya lagi, selain dapat mencegah dehidrasi, buah ini juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memilih melon berwarna jingga yang memiliki kadar air hingga 90 persen. (Baca juga: 6 Makanan Beserat Terbaik Untuk Kesehatan)

Selain dari buah-buahan pencegah dehidrasi diatas, kamu juga bisa menjaga kebugaran tubuh dengan rutin mengonsumsi produk vitamin, misalnya vitamin C. Lebih mudah beli obat, vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc, karena pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!