11 June 2018

Agar Anak Enggak Rewel Saat Mudik dengan Pesawat

Agar Anak Enggak Rewel Saat Mudik dengan Pesawat

Halodoc, Jakarta – Musim liburan dan mudik sebentar lagi akan datang, tentu transportasi udara seperti pesawat menjadi pilihan alternatif bagi yang akan berpergian. Selain harga tiket pesawat yang bersaing dengan transportasi lainnya seperti kereta api atau bus, berpergian dengan pesawat juga akan membantu kamu untuk menghemat waktu perjalanan, apalagi jika kamu berpergian dengan anak-anak.

Tidak sedikit orangtua yang cukup kewalahan saat mengajak anaknya pergi dengan menggunakan pesawat, pasalnya banyak hal yang membuat anak tidak nyaman saat pergi dengan pesawat. Perubahan tekanan udara atau bahkan kondisi dalam pesawat yang sempit terkadang membuat anak menjadi rewel dan sulit untuk dikendalikan.

(Baca juga: 4 Tips Menaklukan Rasa Takut Naik Pesawat)

Namun jangan khawatir, berikut adalah tips agar perjalanan dengan anak menggunakan pesawat menjadi aman dan tenang.

1. Kenalkan Anak dengan Pesawat Sebelum Berangkat

Tidak ada salahnya orangtua mengenalkan terlebih dahulu trasnportasi yang akan digunakan untuk mudik nanti. Kenalkan anak dengan pesawat, ceritakan betapa serunya naik pesawat dan menikmati pemandangan dari dalam pesawat. Orangtua juga memperlihatkan tokoh-tokoh kartun yang berbentuk pesawat agar anak bisa tetap rileks dan santai saat diperkenalkan dengan pesawat.

2. Datang ke Bandara Lebih Awal

Persiapkan waktu lebih awal untuk tiba di bandara. Sesampainya di bandara kamu bisa mengajak anak untuk bermain terlebih dahulu. Biarkan anak bermain karena saat didalam pesawat nanti anak akan duduk dalam waktu yang cukup lama. Jika anak kamu masih balita, kamu bisa memperlihatkan pesawat-pesawat yang terparkir di bandara agar anak terbiasa dan penasaran dengan pesawat. Selain itu, jika kamu datang ke bandara lebih awal maka kamu akan punya waktu banyak dan tidak tergesa-gesa untuk mengejar pesawat.

3. Bawa Makanan dan Minuman Kesukaan Si Kecil

Seperti yang dialami orang dewasa pada umumnya saat take off atau landing, kuping anak-anak juga akan merasakan hal yang sama. Jika anak kamu masih berusia batita, sebaiknya kamu berikan asi pada saat akan take off atau landing. Namun jika anak kamu sudah besar, kamu bisa memberikan makanan kesukaan atau permen kesukaannya agar terhindar dari masalah tekanan udara saat pesawat take off atau landing. Selain itu dengan adanya makanan dan minuman kesukaannya, kamu bisa mengusir kebosanan yang dirasakan oleh Si Kecil. Kamu boleh memberikannya permen dari jumlah yang biasanya, selain membuat anak tenang, permen juga akan membuat perasaan anak menjadi senang dan terhindar dari sikap rewel.

4. Bawa Mainan atau Gadget

Jika anak sudah mulai kenyang dengan makanan namun masih tetap merasa bosan, berikanlah mainan yang tidak terlalu besar atau kamu juga bisa memberikan gadget yang sudah ada permainan kesukaannya didalam. Selain itu, sebelum berangkat kamu bisa memilih pesawat yang menyediakan fasilitas seperti wifi atau televise sehingga anak bisa menonton didalam pesawat dan tidak merasa bosan.

(Baca juga: Tips Ajak Balita Liburan Naik Pesawat)

Sebelum keberangkatan jangan lupa untuk mempersiapkan kesehatan anak terlebih dahulu. Selain itu orangtua juga bisa membacakan buku cerita kepada anak selama berada di atas pesawat agar anak bisa tenang. Kamu bisa bertanya pada dokter ahli mengenai kebutuhan persiapan Si Kecil saat akan mudik dengan pesawat melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.