• Home
  • /
  • Agar Tetap Percaya Diri, Atasi Keputihan dengan Yoga

Agar Tetap Percaya Diri, Atasi Keputihan dengan Yoga

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Agar Tetap Percaya Diri, Atasi Keputihan dengan Yoga

 Halodoc, Jakarta - Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan yang cukup mengganggu. Namun, tahukah kamu bahwa masalah-masalah ini adalah efek dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat? Ya, kebiasaan memilih makanan yang kurang sehat, kurang olahraga, dan kehidupan yang penuh stres adalah pemicu gangguan seputar menstruasi. Jadi, mengatasi keputihan bisa dilakukan dengan memulai menjalani gaya hidup sehat.

Perubahan hormon juga memengaruhi sebagian besar kinerja tubuh wanita dengan cara yang unik. Jika tidak terdeteksi sejak dini, maka ini bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Nah, solusi jangka panjang untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon ini bisa dilakukan melalui terapi yoga

Baca juga: 5 Rahasia Yoga yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Seputar Keputihan dan Yoga

Keputihan terjadi ketika vagina mengeluarkan lendir atau cairan berwarna putih, hingga kekuningan atau kehijauan. Penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan estrogen. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya rangsangan seksual, sedang menyusui, atau stres.

Hal yang menjadi masalah ketika keputihan menyebabkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan nyeri panggul atau nyeri saat buang air kecil. Jika kondisi ini kamu alami, maka sebaiknya periksakan diri ke rumah sakit. Kamu juga bisa buat janji dokter melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis.

Karena bisa dipicu oleh kondisi hormonal dan stres, maka olahraga yoga bisa menjadi cara untuk mengatasi keputihan. Ada beberapa gerakan yoga yang diyakini membantu mengendalikan peredaran darah di sekitar organ reproduksi. Yoga juga menyeimbangkan hormon dan mengendalikan organ reproduksi sehingga tubuh lebih sehat dari dalam dan dari luar.

Melansir The Yoga Institute, beberapa pose yoga yang dianjurkan untuk mengatasi keputihan antara lain:

  • Yoga Asanas. Gerakan yoga ini adalah tingkatan yoga yang berfokus pada postur tubuh. Postur tubuh yang nyaman disebut dengan asanas. Jadi yang diutamakan dalam yoga asanas adalah postur (bentuk gerakan), pranayama (pengaturan napas yang dialirkan), dan bhanda (penekanan napas pada daerah tertentu), seperti tahan napas di dada, perut atau diafragma.

  • Pranayama. Gerakan yoga ini mengatasi keputihan dengan cara mengurangi stres, kecemasan, ketegangan, dan depresi membantu dalam mengatasi perubahan suasana hati.

  • Relaksasi. 

  • Meditasi. Pose yoga ini meningkatkan suasana hati secara alami dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang menimbulkan efek menenangkan. Meditasi menyelaraskan pikiran, tubuh, dan emosi serta membantu mengelola masalah menstruasi dan gejala keputihan dengan lebih baik.

Seseorang harus melakukan latihan yoga teratur untuk mempertahankan berat badan sehat. Mereka juga harus menghindari gaya hidup yang tidak sehat, dan fokuslah pada hal lain seperti mendengarkan musik yang menenangkan, berkebun, dan menghabiskan waktu di taman, atau pantai.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Nutrisi Seimbang juga Penting

Tidak hanya yoga, mengatasi keputihan juga bisa ditempuh dengan cara mengganti nutrisi menjadi lebih sehat dan seimbang. Caranya antara lain:

  • Jangan melewatkan sarapan atau makan lainnya, dan pastikan makan tepat waktu;

  • Nikmati apa pun yang dimakan;

  • Konsumsi biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, buah-buahan segar organik, dan sayuran hijau;

  • Jangan kelebihan gula dan garam serta ganti makanan dengan kandungan glikemik rendah karena kandungan seratnya yang tinggi. Makanan yang rendah indeks glikemik mengubah metabolisme estrogen dan mengurangi perubahan suasana hati. Jenis makanan yang bisa dipilih yaitu, brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kacang polong, hummus, ubi jalar, apel, jeruk, kacang tanah, dan biji chia.

  • Perhatikan apa yang diminum, hindari minuman bersoda atau dengan pemanis tambahan. Beralihlah ke teh hijau atau herbal. 

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Ini Buat Hubungan Intim Makin Intens

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya keputihan. Jadwalkan yoga sebagai olahraga rutin agar kesehatan tubuh dan jiwa terjaga dengan baik.

Referensi:
The Yoga Institute. Diakses pada 2020. Yoga for PCOD, Menstrual Issues and Leucorrhea.
Woman's Panorama. Diakses pada 2020. Yogasana Therapy for Leucorrhoea.