14 September 2018

Alasan Olahan Susu Baik untuk Dikonsumsi

olahan susu, manfaat olahan susu, produk olahan susu

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari segelas susu. Selain bisa membuat kamu semakin sehat, nyatanya kandungan yang terdapat pada susu dapat meningkatkan kekuatan tulang dan juga otot kamu. Tidak hanya itu, susu juga bisa menjadi sumber energi untuk kamu ketika akan beraktivitas.

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, susu juga memiliki manfaat untuk meringankan depresi yang kamu rasakan. Tidak ada salahnya kamu juga mencoba beberapa makanan yang berasal dari olahan susu. Karena olahan susu nyatanya sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kamu. Biasanya, olahan susu memiliki banyak kandungan di dalamnya sehingga manfaatnya akan lebih banyak kamu rasakan untuk kesehatan.

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Selain itu, kandungan nutrisi pada yoghurt bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengonsumsi yoghurt juga dapat mencegah tulang menjadi keropos. Hal ini karena yoghurt memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Mengonsumsi yoghurt nyatanya dapat memenuhi kebutuhan kalsium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin. Yoghurt juga mengandung vitamin B12 untuk menjaga sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.

2. Keju

Keju merupakan salah satu makanan olahan susu yang kaya akan kalsium, protein, vitamin A, vitamin B12, fosfor, riboflavin, magnesium dan seng yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika kamu mengonsumsi keju. Bakteri yang ada dalam keju nyatanya dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan gigi. Selain itu, keju dapat membantu kamu dalam menjaga kepadatan tulang karena bisa dijadikan sebagai sumber kalsium.

3. Mentega

Mentega merupakan produk olahan susu karena terbuat lemak hewani atau susu. Dalam proses pembuatan mentega, lemak hewani atau susu dicampur dengan air, garam, dan padatan susu atau curd. Banyak orang yang menganggap bahwa mentega dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh, padahal banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi mentega. Mentega bisa menjadi sumber antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, mentega juga kaya akan vitamin K. Bagi wanita, vitamin K cukup penting manfaatnya karena bisa mengatasi nyeri sendi dan juga otot. Tidak hanya untuk orang dewasa, mentega juga memiliki manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan otak anak. Hal ini karena mentega mengandung lemak dan juga kolesterol yang dibutuhkan tubuh.

4. Tahu Susu

Tahu susu terbuat dari proses penggumpalan protein yang diperoleh dari susu sapi. Biasanya, setelah proses ini protein yang didapatkan akan dicampur kembali dengan bahan dasar pembuatan tahu, yaitu sari kedelai. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi tahu susu. Tahu susu kaya akan kandungan zat besi sehingga mampu meningkatkan produksi energi. Tentu protein dalam kandungan tahu susu tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, tahu susu dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung karena protein dalam kedelai mampu menurunkan tingkat kolesterol buruk.

Sebaiknya konsumsilah makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh kamu selalu terpenuhi. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc lewat fitur Chat dan Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: