15 February 2018

Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Halodoc, Jakarta – Tak hanya kaum hawa saja yang butuh perawatan wajah, namun kaum adam juga butuh perawatan wajah. Bahkan, pria sebenarnya butuh perawatan wajah yang lebih intens daripada wanita. Alasannya karena dibanding wanita, pria cenderung lebih sering beraktivitas di luar ruangan.

Dan enggak hanya itu saja jenis kulit pria pun lebih rentan menimbun komedo yang mudah terjebak dalam pori-pori kulit. Ditambah kulit pria yang juga lebih banyak mengeluarkan minyak dibandingkan wanita. Menurut ahli dari AS seperti dikutip Harper's Bazaar, kulit pria ternyata 25 persen lebih tebal dibandingkan dengan kulit wanita.

Berbeda dengan wanita, kulit pria memiliki lebih banyak memiliki folikel rambut, kandungan kolagen pada kulit, dan produksi sebum yang lebih aktif. Jadi, enggak mengherankan kalau pria sebenarnya lebih rentan mengalami masalah kulit terutama pada wajah.

Pergi ke salon dan melakukan perawatan wajah bagi wanita tentu sudah dianggap yang biasa. Namun, bagi kebanyakan pria masih menganggap bahwa kegiatan nyalon ini enggak sesuai dengan karakter pria yang maskulin. Padahal, pria yang pergi ke salon atau klinik kulit bukanlah hal yang tabu lagi, lho. Bahkan, kini sudah banyak salon khusus pria yang tersedia. Jadi, sah-sah saja kok untuk kaum adam pergi ke tempat perawatan wajah demi menjaga kesehatan kulitnya agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

 

Faktor Penentu Kondisi Kulit

Sejak zaman Cleopatra, banyak orang menggunakan berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulitnya demi awet muda. Wajarlah, toh kemudaan memang menjadi dambaan tiap orang, termasuk pria. Nah, setidaknya ada dua faktor penentu kondisi kulit seseorang, yaitu faktor internal (bawaan) dan faktor eksternal (pola hidup dan lingkungan).

Faktor bawaan ini lebih terkait dengan masalah genetik yang tak bisa diubah. Kata seorang ahli di bidang foresic molecular biology pada Erasmus Medical Center, Rotterdam, ada sebuah gen khusus yang bertanggung jawab terhadap penuaan seseorang. Sebutannya gen MC1R. Gen ini memainkan peran penting dalam pigmentasi tubuh seseorang. Singkatnya, orang-orang tertentu punya “bakat” alami untuk cenderung lebih awet muda ketimbang kebanyakan orang.

Namun, tenang saja, faktor genetik bukanlah faktor penentu kondisi kulit di masa mendatang kok. Sebab ada faktor eksternal yang juga memengaruhi. Misalnya, cara merawat kulit, paparan polusi atau sinar ultraviolet (UV), kondisi psikologis, konsumsi makanan sehat, pola tidur teratur, hingga rutin tidaknya berolahraga. Jadi, kamu enggak perlu risau kalau memang tidak memiliki kulit yang istimewa, sebab kamu juga bisa kok tetap awet muda bila menerapkan pola hidup sehat.

 

Cara Merawat Kulit Pria

Perawatan kulit pria dan wanita enggak sama, lho. Sebab pada dasasrnya kondisi kulit keduanya memang berbeda. Nah, berikut tips perawatan kulit bagi pria yang sebaiknya kamu lakukan setiap hari.

  1. Menggunakan tabir surya. Produk ini bermanfaat sebagai pelindung dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit, menibulkan garis halus, kerut, hingga bintik gelap.
  2. Gunakan pelembab (moisturizer). Tujuannya untuk mencegah kulit pecah-pecah, kering, gatal, atau kusam. Sebaiknya, kamu memilih pelembab yang ringan dan bisa melindungi kulit dalam waktu yang lama.
  3. Bersihkan wajah setiap hari. Kamu harus rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Dengan begitu keringat dan kotoran yang menempel di wajahmu tak akan menutupi pori-pori kulit.
  4. Gunakan scrub dan krim mata. Cobalah untuk menggunakan produk scrub seminggu sekali agar sel kulit mati dan infeksi yang muncul bisa terangkat. Sedangkan krim mata bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, garis, dan kerutan di sekitar mata.

 

Kalau kamu mau tahu lebih banyak soal perawatan wajah pria, tanyakan saja pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan kulit pada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.