02 May 2018

Alat Olahraga yang Perlu Ada di Rumah

Alat Olahraga yang Perlu Ada di Rumah

Halodoc, Jakarta – Olahraga memang bisa dilakukan di mana saja. Namun, berolahraga di rumah tentu punya kenikmatan tersendiri. Mulai dari punya kebebasan untuk menentukan waktu latihan, privasi lebih terjaga, olahraga lebih nyaman, dan lebih efisien waktu serta biaya. Jika kamu tertarik untuk berolahraga di rumah, sebaiknya kamu tahu alat olahraga apa saja yang harus kamu punya untuk menunjang latihan.

(Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah)

Berikut adalah enam alat olahraga di rumah yang bisa kamu miliki untuk menunjang latihan :

1. Tali Skipping

Meskipun sederhana, gerakan lompat tali dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru, membantu membakar lemak tubuh, serta melatih kekuatan otot kaki. Untuk melakukannya, kamu juga tidak perlu repot ke luar rumah. Cukup sediakan tali skipping dan kamu sudah bisa melakukan lompat tali di halaman rumahmu.

2. Matras Yoga

Matras yoga berfungsi untuk menjaga pikiran tetap fokus saat kamu melakukan gerakan yoga dan melindungi tubuh dari benturan ketika terjatuh. Jadi, kalau kamu senang olahraga yoga, sebaiknya kamu punya alat ini di rumah.

(Baca juga: Alat Bantu Olahraga yang Perlu Diketahui)

3. Bola Gym

Bola gym atau bola fitness adalah alat olahraga yang banyak disukai kaum hawa. Ini karena bola gym dapat membuat tubuh langsing, perut kencang, melatih keseimbangan tubuh, melatih otot kaki, dan memberikan kebugaran setelah kamu berolahraga. Meskipun bentuknya lucu, alat ini kuat menahan hingga berat 120 kilogram, lho.

4. Dumbel

Dumbel adalah versi mini dari alat angkat beban di gym (barbel). Alat ini digunakan untuk melatih otot-otot utama tubuh dan membantu menstabilkan gerakan latihan. Ukurannya yang kecil dan beratnya yang bervariasi (mulai dari 0,5-10 kilogram) juga membuat alat ini bisa digunakan untuk berbagai jenis latihan dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan untuk memperkuat otot tubuh (seperti bahu, dada, dan kaki), menjaga ketahanan tubuh, dan gerakan melatih otot bisep dan trisep.

(Baca juga: 5 Cara Mengencangkan Lengan Paling Praktis)

5. Resistance Band

Resistance band adalah seutas karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Cara menggunakan alat ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan atau menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin.

6. Foam Roller

Foam roller adalah alat terapi berbentuk gulungan busa yang digunakan untuk menjaga kesehatan fisik yang optimal. Alat ini bisa kamu gunakan sebelum dan setelah berolahraga. Jika digunakan sebelum berolahraga, alat ini bisa membantu kamu mencegah cedera. Sedangkan jika digunakan setelah berolahraga, alat ini bisa membantu melemaskan otot-otot yang kaku dan kencang setelah olahraga berat.

(Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendingan Dalam Olahraga)

Di mana pun kamu berolahraga, kamu tetap perlu melakukan pemanasan dan pendinginan untuk meminimalisir risiko cedera. Untuk berjaga-jaga, kamu perlu tahu pertolongan pertama saat cedera. Kamu bisa bertanya ke dokter terpercaya melalui aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.