07 August 2018

Anak Mendadak Pendiam Sepulang dari Sekolah, Bisa Jadi 5 Ini Alasannya

anak mendadak pendiam, anak pendiam, perilaku berbeda anak

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa perilaku berbeda pada anak yang harus diperhatikan oleh orangtua. Sebab, mungkin itu adalah tanda-tanda kalau anak sedang berada dalam kesulitan. Salah satunya adalah ketika anak mendadak pendiam sepulang dari sekolah. Penting untuk orangtua mengawasi perubahan perilaku anak. Jangan sampai hal ini justru mengganggu tumbuh-kembang anak.

Meski begitu, orangtua tidak perlu langsung bereaksi berlebihan ketika anak mendadak jadi pendiam saat pulang dari sekolah. Bisa jadi ada beberapa penyebab wajar yang membuat anak demikian. Seperti:

  1. Tidak Enak Badan

Ada baiknya ibu memeriksa suhu badan anak, apakah di atas normal atau tidak. Salah satu penyebab anak mendadak pendiam adalah karena badannya sedang tidak merasa enak. Kondisi ini merupakan sesuatu yang sulit dikomunikasikannya kepada orangtua.

Kalau setelah dicek, ibu mendapati suhu badan anak naik, barulah ibu menanyakan bagian mana yang sakit? Apakah badannya pegal-pegal, tenggorokannya sakit, atau mata terasa berat? Baca juga: Anak Sulit Buang Air Kecil? Hati-hati Fimosis

  1. Ada Kejadian Tidak Menyenangkan di Sekolah

Kejadian tidak menyenangkan di sekolah bisa menjadi alasan anak menjadi pendiam sesampainya di rumah. Coba tanyakan pelan-pelan situasi di sekolah. Bagaimana guaru-guru dan teman-temannya? Apakah Si Kecil bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah hari ini? tau mungkin bertengkar dengan teman baiknya? Kemungkinan-kemungkinan ini bisa jadi penyebab anak menjadi kehilangan mood. Tanyakan saja baik-baik, sampai anak bercerita kepada ibu.

  1. Tidak Nyaman dengan Sekolahnya

Namanya sekolah baru, wajar saja jika Si Kecil masih dalam proses adaptasi. Biarkan anak pelan-pelan menemukan kesukaannya di sekolah. Kalau setelah cukup lama anak masih tampak murung, ada baiknya ibu melakukan pendekatan dengan menanyakan apa yang membuatnya tidak nyaman di sekolah.

Bisa jadi anak merasa tidak nyaman karena suasana di kelas, sekolah, atau Si Kecil yang susah berbaur dengan teman-temannya. Ada banyak kemungkinan, ini yang harus ibu cari tahu serta membantu anak cara menghadapinya.

  1. Apakah Anak Diganggu oleh Teman-temannya?

Sedihnya, di era sekarang bully masih sering terjadi di sekolah-sekolah. Bukan SMP dan SMA saja, bahkan anak TK dan anak SD juga kerap mengalami bully. Menghadapi dunia sekolah yang cukup “keras” ini, paling baik untuk dilakukan oleh orangtua adalah jeli melihat kondisi fisik anak. Baca juga:  4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

Selain kondisi fisik, ibu juga sebaiknya memperhatikan kondisi psikis anak. Kalau sudah sangat mengganggu, lebih baik orangtua menghadap guru dan membicarakan penyelesaiannya. Bila perlu, datangi orangtua murid yang melakukan bully dan ajak untuk berdiskusi supaya menghentikan praktik bully ini.

  1. Anak Tidak Bisa Menyelesaikan Soal di Sekolah

Terkadang ketika anak merasa tidak berhasil menyelesaikan soal-soal di sekolah, suasana hati yang buruk akan terbawa sampai di rumah. Lakukan pendekatan kepada anak dan ajak anak untuk membicarakan masalah ini. Paling baik adalah ibu membantu atau mengajari anak cara menyelesaikan soal-soal tersebut. Terkadang ketika anak merasa tidak sama dengan murid yang lain, akan membuat anak menjadi tidak percaya diri.

Ingin tahu lebih banyak mengapa anak mendadak pendiam sepulang sekolah serta tips pola asuh yang baik untuk tumbuh-kembang optimal anak, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.