10 Cara Atasi Dahak di Tenggorokan tapi Tidak Batuk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2022

“Dahak di tenggorokan tapi tidak batuk biasanya dipicu oleh infeksi saluran pernapasan atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Gangguan ini dapat diatasi dengan banyak minum, madu dan berkumur air garam. ✔️Artikel ini telah di-review dokter.”

10 Cara Atasi Dahak di Tenggorokan tapi Tidak Batuk10 Cara Atasi Dahak di Tenggorokan tapi Tidak Batuk

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Dahak biasanya disertai dengan batuk dan merupakan gejala dari gangguan kesehatan, seperti alergi atau flu. Namun, jika tubuh memproduksi dahak tanpa batuk, ini bisa jadi pertanda penyakit lain.

Kemungkinan pemicu munculnya dahak di tenggorokan tapi tidak batuk, yakni iritasi akibat paparan polusi dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu, penyakit paru, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis.

Tips menghilangkan dahak di tenggorokanminum banyak airkonsumsi makanan pedaskonsumsi minuman dan makanan berkuah hangatminum air campuran madu dan lemon

Adanya dahak di tenggorokan tapi tidak batuk bisa kamu atasi menggunakan langkah sederhana. Di antaranya, banyak minum air putih, mengonsumsi madu, mandi air hangat, berkumur air garam dan minum air rebusan jahe.

Cara Atasi Dahak di Tenggorokan tapi Tidak Batuk

Berikut ini cara atasi dahak di tenggorokan yang bisa kamu lakukan:

1. Banyak Minum Air Putih

Saat menemukan dahak di tenggorokan, sebaiknya kamu banyak minum air putih. Jumlahnya berkisar lebih dari 2 liter per hari. Langkah ini efektif mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

2. Minum Air Madu

Selanjutnya, minum air hangat dan campurkan dengan madu. Langkah ini mampu meringankan gejala sakit tenggorokan karena penumpukan dahak. Namun, hindari pada anak di bawah 1 tahun karena bisa menyebabkan botulisme (keracunan).

3. Mandi Air Hangat

Menghirup uap saat mandi menggunakan air hangat efektif mengencerkan dan dahak. Uap hangat bekerja dengan melembapkan saluran pernapasan dan melebarkan jalan napas. Jadi, lendir dahak lebih mudah dikeluarkan.

4. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam efektif meredakan gejala penumpukan dahak seperti sakit tenggorokan.  Di dalamnya mengandung  sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengusir bakteri atau virus penyebab dahak.

5. Minum Teh Hangat

Jenis teh seperti peppermint, chamomile, rosela atau lavender efektif mengencerkan dahak dan meredakan sakit tenggorokan. Caranya dengan menyeduh teh dengan air hangat, lalu mengonsumsinya sebelum tidur.

6. Minum Air Rebusan Jahe

Air jahe mengandung antiinflamasi dan antioksidatif yang dapat mengusir zat asing atau radikal bebas penyebab munculnya dahak di tenggorokan. Di dalamnya juga terdapat gingerol yang bekerja dengan mengencerkan dahak.

7. Air Perasan Lemon

Lemon bersifat antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mengatasi penumpukan dahak akibat infeksi di saluran pernapasan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menambahkan air atau irisan lemon ke dalam air hangat atau teh.

8. Mengonsumsi Cabai

Cabai mengandung zat capsaicin yang berkhasiat mengencerkan lendir di tenggorokan, sehingga mudah dikeluarkan. Namun, hindari penggunaannya terlalu banyak agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

9. Mengonsumsi Bawang Putih

Kandungan dalam bawang putih efektif menghancurkan lendir. Sifat antimikroba di dalamnya mampu mencegah penumpukan lendir akibat infeksi virus dan bakteri. 

10. Menggunakan Pelembap Udara

Penggunaan pelembap udara atau humidifier dapat mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi di saluran pernapasan. Adapun jenis minyak esensial yang dapat membantu, yakni eucalyptus, rosemary, peppermint, oregano dan thyme.

Jika cara di atas tidak dapat mengusir dahak di tenggorokan, silakan buat janji untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan. Dapatkan juga lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Download aplikasi halodoc untuk konsultasi dokter cara atasi dahak di tenggorokan
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Excess Mucus in Your Throat and What to Do About It.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Phlegm: Tips, Home Remedies, and Medications to Try.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan