10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Mei 2023

“Ada banyak herbal yang dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah, termasuk jahe, chamomile, kunyit, dan daun mint. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya."

10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

Halodoc, Jakarta – Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti menstruasi, infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Sakit perut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kamu tidak nyaman. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi medis, beberapa orang memilih untuk mencoba alternatif pengobatan seperti herbal. 

Berbagai kondisi bisa sebabkan sakit perut pada bagian bawah. Simak informasinya pada artikel: Awas, 8 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Sakit Perut Bagian Bawah.

Makanan Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah

Berikut ini adalah 10 herbal yang dapat membantu meredakan sakit perut bagian bawah:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri pada bagian perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau menambahkannya ke dalam masakan.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu herbal yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit perut. Tumbuhan herbal dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan meredakan kram pada perut.

3. Chamomile

Chamomile adalah herbal yang biasa orang gunakan untuk meredakan nyeri pada perut bawah. Teh chamomile dapat membantu meredakan peradangan dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Lemon Balm

Lemon balm memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

5. Jintan hitam

Jintan hitam atau black cumin seed membantu meredakan sakit perut. Ini karena kandungan thymoquinone-nya yang dapat mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

6. Peppermint

Peppermint mengandung menthol yang dapat membantu meredakan nyeri perut dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau minyak esensial.

7. Fennel

Fennel dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau menambahkannya ke dalam masakan.

8. Sage

Sage memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang membantu meredakan rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

9. Licorice

Licorice membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan meredakan kram pada perut. Nah, kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

10. Cinnamon

Cinnamon dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat menambahkannya ke dalam masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk kapsul.

Namun, perlu kamu ingat bahwa herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi herbal ini. Selain itu, herbal juga tidak boleh kamu jadikan pengganti obat medis jika sakit perut disebabkan oleh kondisi medis yang serius.

Mau tahu tanamah herbal lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Kapulaga Jawa yang Masih Jarang Diketahui”.

Jika kamu ingin membeli minuman/makanan herbal untuk meredakan nyerinya, bisa memesan dengan mudah melalui Halodoc. Selain itu, jika sakit perut pada bagian bawah tetap tidak membaik, segeralah hubungi dokter. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2023. 7 Ways to Get Rid of a Stomachache Fast.
St John & St Elizabeth Hospital. Diakses pada 2023. Home remedies for stomach pain and when you should go to the hospital.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan