• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 2 Tips Berhubungan Intim di Kehamilan Trimester 2

2 Tips Berhubungan Intim di Kehamilan Trimester 2

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kehamilan trimester kedua dikenal juga sebagai “periode honeymoon”. Hal itu karena masa kehamilan ini adalah waktu terbaik bagi ibu hamil untuk melakukan hubungan intim.

Memasuki trimester kedua, gejala-gejala yang sempat membuat ibu tidak nyaman, seperti mual kelelahan, dan lain-lain, perlahan akan mulai menghilang. Kekuatan dan vitalitas ibu hamil yang sempat hilang pada trimester pertama akan pulih kembali pada trimester kedua.

Selain itu, ibu hamil mungkin juga akan menyadari adanya perubahan gairah seksual di masa kehamilan ini karena alasan berikut:

  • Fluktuasi Hormonal

Pada trimester kedua, tingkat hCG (human chorionic gonadotropin) secara bertahap menurun, sehingga menghasilkan keseimbangan progesterone dan estrogen yang lebih baik. Hal ini secara signifikan mengurangi gejala mual dan kelelahan. Hasilnya, gairah seks ibu akan meningkat dan ibu akan kembali merasa lebih berenergi.

  • Peningkatan Libido

Banyak wanita hamil mengalami peningkatan libido pada kehamilan trimester kedua, karena aliran darah yang menuju ke alat kelamin meningkat. Ada lebih banyak lubrikasi vagina dan klitoris yang lebih sensitif, sehingga membuat bercinta selama trimester kedua sangat menyenangkan.

Jadi, bila ibu hamil ingin berhubungan intim dengan suami, trimester kedua kehamilan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Manfaatkanlah waktu ini dengan sebaik mungkin dan nikmati keintiman dengan pasangan yang mungkin akan sulit dilakukan begitu bayi lahir.

Baca juga: 4 Alasan Turunnya Gairah Seksual saat Hamil Muda

Tips Berhubungan Intim di Kehamilan Trimester Kedua

Banyak wanita hamil yang enggan berhubungan intim selama masa kehamilan, karena khawatir dapat memengaruhi kondisi janin. Namun, berhubungan intim selama trimester kedua kehamilan sangat baik dan aman untuk dilakukan. Aktivitas seksual tersebut tidak membahayakan janin dan juga tidak berdampak buruk bagi kesehatan ibu. 

Berikut tips berhubungan intim di kehamilan trimester kedua yang perlu ibu perhatikan:

1.Diskusikan pada Dokter Bila Ada Masalah Kehamilan

Bila ibu tidak mengalami komplikasi kehamilan selama trimester pertama, berhubungan intim selama kehamilan trimester kedua aman dilakukan. Namun, bila ibu berisiko mengalami komplikasi selama kehamilan, ada baiknya ibu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum berhubungan intim pada trimester kedua. Ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai keamanan berhubungan intim dengan kondisi yang ibu miliki.

Seks selama trimester kedua biasanya dilarang bila ibu memiliki kondisi berikut:

  • Bila ibu memiliki riwayat keguguran, seks saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran pada kali ini.
  • Bila ibu mengalami perdarahan hebat, berhubungan intim dapat meningkatkan risiko pendarahan tambahan, terutama dalam kasus ketika posisi plasenta lebih rendah dari biasanya.
  • Bila ibu pernah mengalami kebocoran cairan ketuban, hubungan intim dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi.
  • Bila ibu mengalami plasenta previa, sebaiknya hindari berhubungan intim. 
  • Bila ibu memiliki serviks yang mudah membesar, hal itu dapat meningkatkan risiko keguguran atau persalinan prematur.
  • Bila ibu merasa nyeri saat melakukan hubungan intim selama kehamilan trimester kedua, disarankan untuk tidak melanjutkannya.

Baca juga: 5 Aturan Berhubungan Intim yang Aman Saat Hamil

2.Lakukan Posisi Seks yang Aman dan Nyaman

Kebanyakan posisi seks aman untuk dilakukan selama kehamilan trimester kedua, tapi carilah posisi yang nyaman yang menyesuaikan dengan perut ibu yang sudah membesar. Berikut ini posisi bercinta yang bisa ibu coba selama trimester kedua:

  • Woman on Top: Ini adalah posisi seks yang paling nyaman, karena perut ibu tidak akan tertekan dan ibu juga dapat mengontrol kedalaman penetrasi.
  • Reverse Spooning: Ini membantu membuat penetrasi dangkal saat ibu berbaring miring dengan pasangan di belakang ibu.
  • Penetrasi dari belakang: Berlututlah di sofa, gunakan lengan untuk menopang, dan biarkan pasangan melakukan penetrasi dari belakang. Posisi ini juga tidak membuat perut ibu tertekan

Tidak ada aturan yang pasti mengenai posisi seks apa yang terbaik. Sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi. Yang paling penting adalah temukan teknik yang aman dan menyenangkan bagi ibu dan pasangan.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Berhubungan Intim Saat Hamil

Itulah tips berhubungan intim di kehamilan trimester kedua. Yuk, download aplikasi Halodoc sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan ibu selama kehamilan.

Referensi:
First Cry. Diakses pada 2020. Sex During the 2nd Trimester of Pregnancy – Is It Safe?