• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Miss V Berkeringat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Penyebab Miss V Berkeringat

3 Penyebab Miss V Berkeringat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 27 Juni 2018
3 Penyebab Miss V Berkeringat3 Penyebab Miss V Berkeringat

Halodoc, Jakarta – Saat cuaca sedang panas-panasnya, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan keringat sebagai cara untuk mendinginkan tubuh. Bagian tubuh yang biasanya berkeringat adalah kepala, ketiak, leher dan punggung. Namun, tahukah kamu bahwa Miss V juga bisa berkeringat, lho. Apalagi bagi kamu yang lebih sering bekerja di luar ruangan. Dilansir dari laman Shape, pada vulva wanita, terdapat banyak kelenjar keringat sehingga memungkinkan Miss V berkeringat.

Namun, masalahnya, keringat akan membuat daerah Miss V menjadi basah dan sangat tidak nyaman. Belum lagi Miss V akan terasa gatal dan timbul bau yang tidak sedap. Selain itu, Miss V yang  berkeringat juga bisa membuat bakteri dan jamur mudah berkembang, sehingga kamu berisiko mengalami infeksi Miss V. Nah, sebelum mencari tahu solusi untuk mengatasinya, ketahui dulu penyebab Miss V berkeringat berikut:

1. Kegemukan atau Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih atau kegemukan akan membuat tubuhmu lebih sering mengeluarkan keringat, termasuk pada area intim kamu. Jadi, sebisa mungkin jagalah berat badan tetap ideal agar Miss V tidak terlalu banyak berkeringat.  

2. Rambut Kemaluan yang Lebat

Miss V yang berkeringat juga bisa disebabkan karena rambut kemaluan yang terlalu lebat. Berbagai macam bakteri dan keringat bisa terperangkap dalam bulu-bulu halus ini, sehingga membuat Miss V terasa lembap. Jadi, sangat penting untuk menjaga area intim kamu tetap bersih dan kering dengan merapikan rambut kemaluan. Baca juga: Durasi Aman Melakukan Waxing di Area Intim

3. Celana Dalam yang Dikenakan

Pemilihan celana dalam yang tepat sangat penting untuk wanita. Pasalnya, salah memilih celana dalam enggak hanya bisa bikin kamu enggak nyaman, tapi juga memicu Miss V berkeringat. Jadi, perhatikanlah celana dalam yang kamu kenakan. Sebaiknya, hindari celana dalam berbahan sutra dan renda karena sulit menyerap keringat, sehingga membuat Miss V menjadi lembap dan mudah menjadi sarang bakteri dan jamur. Selain itu, jangan menggunakan celana dalam yang terlalu sempit dan ketat, karena akan menghambat aliran udara.

Cara Mengatasi Miss V Berkeringat

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Miss V berkeringat:

  • Kenakan Celana Dalam yang Tepat

Kamu disarankan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, kenakanlah celana dalam yang ukurannya sesuai denganmu yang memungkinkan udara dapat mengalir lancar, sehingga kamu pun akan merasa nyaman sepanjang hari.

  • Ganti Celana Dalam yang Basah

Setelah melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan keringat seperti olahraga, usahakan lah selalu ganti pakaianmu, termasuk celana dalam. Begitu juga bila kamu sedang mengalami keputihan. Dibanding menggunakan panty liner, kamu disarankan untuk mengganti celana dalam yang basah secara rutin. Baca juga: Sibuk Liburan, Ini 5 Bahaya Tidak Rutin Ganti Celana Dalam

  • Mencukur Rambut Kemaluan

Bukan hanya untuk kepentingan kecantikan, mencukur rambut kemaluan juga diperlukan untuk kesehatan Miss V kamu. Kamu enggak perlu sampai mencukur habis rambut kemaluanmu, kok, karena bagaimanapun juga, rambut kemaluan tetap diperlukan untuk mengurangi gesekan langsung antara pakaian dengan kulit di area intim kamu. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah mencukur bulu kemaluan secara rutin agar lebih rapi dan tidak menyimpan banyak keringat.

Baca juga: Inilah 6 Cara yang Tepat Jaga Kebersihan Miss V

Kalau kamu mengalami masalah di sekitar area intim kamu, jangan ragu untuk bertanya pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.