3 Tips Memotong Kuku Anjing di Rumah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   24 November 2020
3 Tips Memotong Kuku Anjing di Rumah3 Tips Memotong Kuku Anjing di Rumah

Halodoc, Jakarta – Sama seperti manusia, kuku-kuku anjing peliharaan juga harus dirawat dan dipotong secara rutin. Perbedaannya, anjing tidak bisa memotong sendiri kuku-kukunya. Sebagai pemilik, kamu bisa membantu memotong kuku, baik dengan membawanya ke salon khusus anjing atau memotong sendiri di rumah. Tidak percaya diri dan belum pernah melakukannya? Tidak perlu khawatir! 

Ada beberapa alasan yang membuat pemilik anjing tidak sempat membawa peliharaannya ke salon khusus. Namun, itu bukan alasan untuk membiarkan kuku anjing panjang apalagi tidak terawat. Selain bisa membuat anjing merasa tidak nyaman, kuku yang tidak dipotong juga bisa menyebabkan kuku patah, berdarah, bahkan tumbuh ke dalam kaki.

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

Memulai Proses Pemotongan Kuku Anjing

Membiarkan kuku anjing tanpa perawatan bisa memicu rasa tidak nyaman pada anjing kesayangan. Kuku yang tidak rutin dipotong bisa memicu masalah. Pemilik perlu mengenali tanda kuku anjing sudah terlalu panjang dan harus dipotong. Salah satunya adalah jika sudah terdengar bunyi seperti “klik-klik-klik” saat anjing berjalan di lantai yang keras. 

Itu adalah tanda yang paling jelas bahwa kuku anjing perlu segera dipotong. Memotong kuku anjing di rumah mungkin terdengar menakutkan dan tidak mudah dilakukan. Namun, bukan berarti tidak bisa. Kuncinya adalah membiasakan diri. Saat sudah belajar dan terbiasa, kamu bisa memotong kuku anjing semudah memotong kuku sendiri. 

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan saat akan memotong kuku anjing di rumah. Salah satunya adalah persiapkan semuanya dengan lengkap dan tepat. Jangan takut untuk memulai. Saat memotong kuku, kamu juga harus memperhatikan gerakan tubuh yang ditunjukkan anjing. Biasanya, anjing akan menunjukkan tanda tidak nyaman yang jelas. 

Saat ada masalah dalam proses memotong kuku, anjing peliharaan biasanya akan berulang kali mencoba menarik dan memindahkan cakar. Sinyal tidak nyaman dari anjing biasanya akan sangat jelas, saat peliharaan memberi sinyal tidak nyaman dan tidak bisa dipaksakan lagi, letakkan kuku anjing dan jangan dilanjutkan. Kamu bisa mencoba lagi memotong kuku anjing pada keesokan harinya. 

Baca juga: 5 Masalah yang Terjadi saat Melatih Anjing Peliharaan

Berikut cara memotong kuku anjing di rumah yang bisa dilakukan: 

1.Duduk dengan Nyaman 

Saat akan mulai memotong kuku, cobalah untuk duduk dengan nyaman di lantai bersama anjing peliharaan. Gunakan gunting kuku yang memang dirancang khusus untuk hewan peliharaan dan sesuaikan ukuran gunting yang digunakan dengan ukuran anjing. Sehingga anjing tidak merasa takut dan mencegah pendarahan.  

2.Pegang Kaki Anjing 

Setelah berada di posisi duduk yang nyaman, peganglah kaki anjing dengan kuat tapi tetap lembut. Tekan bantalan kaki anjing supaya kuku keluar. Kemudian, potong mulai dari ujung kuku. Potonglah pada sudut 45 derajat dengan ujung gunting ke arah kuku. 

3.Jangan Terlalu Pendek

Karena terlalu bersemangat, jangan sampai memotong kuku anjing terlalu pendek. Hal itu bisa melukai peliharaan. Jika sudah terlihat bagian berwarna pink di tengah kuku, segera berhenti memotong. Sebab, itu berarti kamu sudah mendekati nail quick alias daging di dalam kuku.

Baca juga: Memelihara Anjing Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental

Jika masih ragu dan takut mencoba, kamu bisa latihan terlebih dahulu dengan memotong sesuatu. Baru setelah itu aplikasikan pada anjing peliharaan. Kalau butuh saran dokter hewan dalam proses perawatan, kamu bisa menghubungi ahli melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc di sini! Jika semua cara sudah dicoba tapi belum juga berhasil, sebaiknya bawa anjing peliharaan ke klinik atau salon khusus segera. 

Referensi 
Proplan. Diakses pada 2020. Tips Memotong Kuku Anjing.
PetMD. Diakses pada 2020. Nailed It! 5 Tips for Stress-Free Dog Nail Trims.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Trim Your Dog’s Nails Safely.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan