4 Cara Memulihkan Kesehatan Jantung setelah COVID-19

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Agustus 2021
4 Cara Memulihkan Kesehatan Jantung setelah COVID-194 Cara Memulihkan Kesehatan Jantung setelah COVID-19

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan pemeriksaan kesehatan setelah terpapar COVID-19. COVID-19 adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus corona. Paparan COVID-19 biasanya menyerang bagian saluran pernapasan dan paru-paru. Namun, tahukah kamu bahwa COVID-19 bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti otak dan jantung?

Baca juga: 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Faktanya, semakin banyak penelitian yang ditemukan bahwa penyintas COVID-19 dapat mengalami long covid yang disertai dengan gangguan jantung. Lalu, bagaimana cara tepat untuk memulihkan kesehatan jantung setelah COVID-19? Berikut ini cara memulihkan kesehatan jantung yang bisa dilakukan bagi penyintas COVID-19.

COVID-19 dan Kesehatan Jantung

Menurut penelitian pada tahun 2020, JAMA Cardiology telah melakukan pemeriksaan MRI jantung pada 100 penyintas COVID-19. Hasilnya, penelitian ini mendeteksi 78 persen penyintas mengalami kelainan pada jantung dan 60 persen penyintas mengalami peradangan pada otot jantung.

Meskipun ada beberapa kasus COVID-19 menyerang jantung secara langsung, tetapi kebanyakan gangguan jantung akibat COVID-19 terjadi sebagai efek lanjutan dari infeksi virus corona. Hal itu dijelaskan oleh Steven Schiff, MD, ahli jantung dan direktur medis pada Cardiac Catherization Laboratory di Fountain Valley, California.

Ia menerangkan, saat pengidap COVID-19 mengalami gejala yang buruk hingga menyebabkan pneumonia, kondisi ini membuat pengidap mengalami penurunan oksigen sehingga jantung perlu bekerja lebih keras. 

Wendy Post, MD, ahli jantung, menerangkan ada gejala yang perlu diwaspadai sebagai tanda gangguan jantung setelah paparan COVID-19, seperti jantung berdebar. Kondisi ini juga akan disertai dengan sesak napas dan nyeri dada.

Selain itu, dampak pandemi pada kesehatan jantung bukan hanya disebabkan oleh virus yang menyerang organ tubuh, tetapi rasa enggan masyarakat mengunjungi rumah sakit untuk menunda pemeriksaan kesehatan akibat takut terpapar virus COVID-19. 

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 5 Hal Ini

Cara Memulihkan Kesehatan Jantung Setelah COVID-19

Bukan hanya memulihkan kondisi paru-paru setelah mengalami paparan COVID-19, kamu perlu memerhatikan organ tubuh lainnya agar kesehatan tetap terjaga. Salah satu organ tubuh yang perlu diperhatikan adalah jantung. 

Lalu, bagaimana cara memulihkan kesehatan jantung setelah COVID-19? Berikut ini cara menjaga dan memulihkan kesehatan jantung agar tetap optimal, yaitu:

  1. Lakukan Aktivitas Fisik secara Rutin

Saat sudah dinyatakan sehat dan boleh kembali pada aktivitas normal oleh tenaga medis, sebaiknya lakukan aktivitas fisik secara rutin. Mulailah dengan melakukan berbagai aktivitas yang ringan. Sebaiknya hindari terlalu lama berdiam diri ketika kamu dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19.

Saurabh Rajpal, MD, ahli jantung di The Ohio State University College of Medicine, mengingatkan untuk memerhatikan kondisi kesehatan jantung saat kembali beraktivitas. 

Gejala seperti sesak napas, nyeri dada, atau gangguan detak jantung yang muncul saat beraktivitas sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan untuk mencegah kondisi kesehatan yang lebih buruk.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Hasil penelitian tahun 2015 yang dirilis oleh Journal of American College of Cardiology, menemukan bahwa mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, ikan, dan makanan rendah lemak mengurangi risiko penyakit jantung.

Kamu juga perlu menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, makanan yang digoreng, serta makanan yang bisa memicu kolesterol.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Meskipun kamu merasa sehat setelah dinyatakan negatif dari COVID-19, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mencegah gangguan kesehatan jantung maupun paru-paru yang lebih buruk.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter untuk mengetahui pemeriksaan apa saja yang dibutuhkan setelah COVID-19 untuk memulihkan kesehatan kamu.

Selain itu, kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Berhenti Merokok

Bukan hanya paru-paru, kebiasaan merokok meningkatkan risiko gangguan kesehatan jantung. Untuk memulihkan kesehatan jantung setelah COVID-19, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok untuk menurunkan risiko gangguan kardiovaskular.

Baca juga: Cegah Penyakit Jantung dengan Olahraga Sederhana Ini

Itulah cara memulihkan kesehatan jantung setelah COVID-19 yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu terapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran dan pencegahan COVID-19.

Referensi:

Live Strong. Diakses pada 2021. 4 Ways to Support Heart Health Post COVID-19.

Johns Hopkins. Diakses pada 2021. Heart Problems After COVID-19.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan