4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kala Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Agustus 2021
4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kala Pandemi4 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kala Pandemi

“Kesehatan mata anak penting untuk selalu dijaga, terutama di masa pandemi seperti ini. Peran aktif orangtua untuk memberikan yang terbaik agar penglihatan anak tidak terganggu sangat vital. Maka dari itu, ibu harus tahu cara yang terbaik untuk menjaga kemampuan penglihatan anak agar tidak terganggu.”

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi ini, kebanyakan orang harus terus berada di rumah untuk menurunkan risiko untuk terserang virus corona. Saat ini, semua hal dilakukan serba online, termasuk sekolah. Lebih dari 5 jam mata akan terpaku pada layar komputer sehingga meningkatkan risiko kerusakan mata pada anak.

Maka dari itu, setiap orangtua perlu mengetahui cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata anak. Dengan begitu, masalah pada penglihatan tidak terjadi yang mungkin saja mengganggu masa depannya. Lebih lengkapnya, simak ulasan tentang cara menjaga kesehatan mata anak berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak yang Efektif

Sebagai orangtua, ibu perlu memastikan anak tetap sehat setiap saat. Salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar masa depannya tidak terganggu adalah penglihatan. Tidak sedikit anak yang mengalami masalah penglihatan terlalu dini karena beberapa kebiasaan buruk dan orangtuanya tidak melakukan langkah antisipasi sebelum gangguan ini terjadi.

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko masalah pada kesehatan mata anak, yaitu terlalu banyak melihat gadget karena masa pandemi. Sekolah online membuat semua anak harus melihat layar komputer paling tidak 5 jam sebanyak lima hari dalam seminggu. Maka dari itu, ibu perlu tahu cara pencegahan kerusakan mata pada anak.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak? Berikut ini beberapa caranya:

1. Istirahatkan Mata

Cara pertama yang dapat ibu lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak adalah menganjurkannya mengistirahatkan mata secara teratur setelah 30-40 menit menatap layar. Jika anak bersekolah online, cobalah mengurangi tatapan layar elektronik setelahnya. American Academy of Pediatric merekomendasikan anak-anak dengan usia di bawah 2 tahun untuk tidak melihat layar lebih dari 2 jam per hari.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak selama Belajar Online

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Ibu dapat memastikan anak lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin. Zat ini mampu melindungi mata dari kerusakan radikal bebas.

Beberapa makanan yang kaya nutrisi ini adalah kangkung, sawi hijau, bayam, kubis, jagung, alpukat, dan masih banyak lagi. Selain itu, konsumsi ikan berlemak layaknya tuna dan salmon juga sangat bermanfaat pada perkembangan mata anak.

3. Melakukan Kebiasaan yang Baik untuk Mata

Ada beberapa cara yang dapat ibu terapkan sebagai kebiasaan baik untuk memastikan kesehatan mata anak. Salah satunya adalah melakukan kebiasaan yang baik untuk mata, seperti memberikan pencahayaan yang cukup untuk anak membaca atau bermain.

Saat membaca, ajarkan anak untuk memberikan jarang 30-40 cm dari buku dan 50 cm dari perangkat elektronik. Istirahat selama delapan jam setiap malam juga baik untuk mencegah mata anak menjadi tegang.

Baca juga: Gangguan Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya

4. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata 

Penglihatan yang baik adalah kunci untuk perkembangan fisik anak. Maka dari itu, untuk memastikan kesehatan mata anak, ibu perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin sejak lahir, masa bayi, hingga sudah masuk masa sekolah. Semakin dini masalah pada mata terdeteksi, perawatan yang tepat dapat dilakukan sehingga masalah yang berbahaya dapat dihindari.

Ibu juga bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan mata anak pada beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Pemesanan ini dapat dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone di mana saja dan kapan saja. Ibu bisa menentukan sendiri jam dan tempat yang sesuai dengan keinginan. Untuk itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Itulah cara yang dapat ibu lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak. Pastikan semua poin yang telah disebutkan dipenuhi agar anak terhindar dari masalah pada penglihatan yang mungkin mengganggu masa depannya. Tentunya, penglihatan sangat vital untuk semua orang, terlebih pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Referensi:
Eye Screen. Diakses pada 2021. Simple ways to protect your child’s eyes.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. 6 Ways to Be Proactive About Your Child’s Eye Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan