• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Sarkoma Ewing yang Perlu Diketahui

4 Jenis Sarkoma Ewing yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sering menyerang anak-anak dan remaja, sarkoma Ewing adalah pertumbuhan tumor ganas pada tulang atau jaringan lunak di sekitarnya. Mengutip laman American Cancer Society, kanker yang tergolong langka ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya. 

Tumor ganas sarkoma Ewing bisa berkembang di tulang bagian mana pun. Namun, pada kebanyakan kasus, tumor sering kali tumbuh di tulang paha, tulang kering, tulang lengan atas, dan tulang panggul. Pada beberapa kasus, tumor juga bisa tumbuh di jaringan sekitar tulang, seperti otot, atau jaringan ikat dan lemak. Lokasi munculnya tumor ini kemudian membuat sarkoma Ewing terbagi menjadi beberapa jenis.

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Jenis Sarkoma Ewing

Sarkoma Ewing terbagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan lokasi munculnya tumor. Berikut di antaranya:

  1. Tumor tulang. Terjadi di bagian tulang, seperti tulang paha, tulang rusuk, tulang panggul, atau tulang selangka.
  2. Tumor jaringan lunak. Tumor tumbuh dan berkembang pada jaringan lunak di sekitar tulang, seperti otot atau tulang rawan.
  3. Primitive neuroectodermal tumor (PNET). Tumor terbentuk di jaringan saraf, pada berbagai bagian tubuh.
  4. Tumor Askin. Merupakan jenis PNET yang terjadi di bagian dada.


Karena jenisnya berbeda, gejala yang dirasakan pengidap sarkoma Ewing juga bervariasi. Namun, gejala utama kanker ini adalah nyeri dan pembengkakan, di area tumbuhnya tumor. Biasanya, gejala baru mulai terasa ketika tumor membesar dan menekan jaringan di sekitarnya. 

Gejala nyeri yang dirasakan pengidap sarkoma Ewing bisa berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Terkadang, benjolan di permukaan kulit yang nyeri terasa hangat dan lunak ketika disentuh. Selain nyeri, sarkoma Ewing juga bisa memunculkan beberapa gejala lain, seperti:

  • Demam yang hilang dan timbul.
  • Mudah lelah.
  • Nafsu makan dan berat badan menurun.
  • Patah tulang tanpa sebab yang jelas.
  • Kelumpuhan.
  • Inkontinensia urine, jika tumor tumbuh di dekat tulang belakang.

Karena bisa menyerupai gejala penyakit lain, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, untuk memastikan diagnosis dan memulai pengobatan sarkoma Ewing. Jadi, jika kamu mengalami berbagai gejala tadi, segera download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, untuk menjalani pemeriksaan. 

Baca juga: Jangan Keliru, Inilah Mitos Mengenai Tumor Tulang

Pengobatan Sarkoma Ewing Punya Efek Samping

Jangan sepelekan kondisi sarkoma Ewing. Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis, agar pengobatan bisa segera dilakukan. Jika tidak, kanker dapat menyebar ke area tubuh lain, seperti jaringan tubuh atau tulang di sekitar tumor, sumsum tulang, atau paru-paru. Kanker yang sudah menyebar akan lebih sulit diobati. 

Namun, prosedur pengobatan untuk sarkoma Ewing juga bisa menyebabkan efek samping. Misalnya, kehilangan anggota tubuh akibat prosedur amputasi. Selain itu, beberapa efek samping lain yang bisa terjadi akibat pengobatan sarkoma Ewing adalah:

  • Gangguan jantung;
  • Gangguan paru-paru;
  • Gangguan tumbuh kembang (pada anak-anak dan remaja);
  • Disfungsi seksual;
  • Berkembangnya kanker jenis lain.

Baca juga: Kapan Operasi Diperlukan untuk Mengobati Tumor Tulang?

Bisakah Sarkoma Ewing Dicegah?

Karena penyebabnya belum diketahui pasti hingga kini, sarkoma Ewing bisa dibilang tidak dapat dicegah. Rumitnya lagi, kanker ini tidak diturunkan dan tidak pula berkaitan dengan faktor lingkungan atau gaya hidup tertentu. Hal ini membuat sarkoma Ewing sulit dihindari. 

Namun, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya sarkoma Ewing. Misalnya, dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, agar kanker bisa dideteksi sejak dini. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, menjaga berat badan tetap ideal, dan hindari kebiasaan merokok. 

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2020. Ewing Tumours.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Health A-Z. Ewing Sarcoma.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Ewing Sarcoma.
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?