• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kegiatan Sederhana yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

4 Kegiatan Sederhana yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Kegiatan Sederhana yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga

Halodoc, Jakarta - Masa pandemi yang tidak kunjung selesai ini membuat banyak orang bingung untuk melakukan berbagai kegiatan karena tampaknya semuanya telah dicoba. Terlebih jika kamu telah berkeluarga, kebanyakan kegiatan yang melibatkan anak-anak dilakukan di luar rumah atau ruang terbuka. Nah, untuk mengetahui beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga, baca ulasan berikut ini!

Kegiatan Bersama Keluarga saat Pandemi

Saat bingung untuk menghabiskan akhir pekan di rumah bersama anak-anak, cobalah untuk melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan. Selain menimbulkan rasa bahagia, ibu juga dapat membuat anak-anak menjadi lebih dekat dengan orangtuanya. Alangkah lebih baik lagi jika melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan elektronik, sehingga dapat menyehatkan tubuh saat dilakukan.

Baca juga: Inilah 4 Ide Quality Time untuk Dilakukan Bersama Keluarga

Beberapa kegiatan juga dapat mengasah kemampuan berpikir anak agar lebih kritis, meskipun hanya melalui permainan yang terbilang sederhana. Jika jumlah keluarga genap, cobalah untuk membagi menjadi dua tim dan bersaing satu sama lain sehingga tercipta persaingan sehat sesama saudara. Namun, kegiatan bersama keluarga seperti apa yang cocok untuk dilakukan? Berikut ini beberapa alternatif yang dapat diketahui:

1. Memasak Bersama

Salah satu kegiatan bersama keluarga yang cocok untuk dilakukan saat akhir pekan adalah memasak. Ibu bisa mengajarkannya cara membuat beberapa makanan yang sering dimakannya atau beberapa hal yang mudah layaknya memanggang roti. Jika anak sering bermain masak-masakan, cobalah untuk memberi arahan sekali dan biarkan dirinya berkreasi sendiri saat mengolah adonan. Tentu kreativitas dan keingintahuan anak akan terpacu karena kegiatan ini.

2. Bermain Board Game

Alternatif lainnya sebagai kegiatan bersama keluarga agar dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain adalah bermain board game. Permainan papan dapat mengajarkan beberapa keterampilan, seperti kerja tim, pengambilan keputusan, berbagi dengan orang lain, dan pemecahan masalah. Beberapa pilihan permainan papan yang cocok untuk anak-anak adalah Scrabble dan Monopoli, yang keduanya dapat mengajarkan sesuatu yang baru.

Baca juga: Inilah Jenis Aktivitas yang Baik Dilakukan Bareng Anak

3. Menonton Film Bersama

Setelah beraktivitas seharian di rumah, kegiatan bersama keluarga yang cocok untuk dilakukan adalah menonton film di malam hari. Ibu dapat memilih film yang cocok untuk ditonton anak sambil menyiapkan popcorn sebagai pelengkap. Menonton film sangat cocok untuk meningkatkan ikatan orangtua dan anak serta meningkatkan wawasan anak. Orangtua juga dapat langsung menjawab pertanyaan anak selagi film ditayangkan.

4. Berkemah

Berkemah di dalam rumah juga dapat dilakukan untuk menutup rangkaian kegiatan pada hari tersebut. Jika anak belum pernah melakukan kemah di alam terbuka, hal ini dapat menjadi momen latihan yang cocok hingga saatnya tiba. Ibu dapat membuat api kecil dengan lilin sehingga benar-benar menyerupai berkemah sungguhan. Selain itu, siapkan juga beberapa makanan dan gitar jika memungkinkan agar suasana lebih hidup.

Itulah beberapa kegiatan bersama keluarga yang cocok untuk dilakukan agar akhir pekan benar-benar menyenangkan. Setelah itu, ibu juga dapat membuat pilihan pada anak untuk pekan depan terkait kegiatan yang ingin dilakukan bersama. Dengan begitu, anak-anak benar-benar menantikan momen tersebut yang tentu saja lebih mendekatkan dengan orangtuanya.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Akhir Pekan saat Puasa Bersama Keluarga

Ibu juga dapat menyesuaikan kegiatan yang dilakukan dengan bakat dan minat anak melalui psikolog dari beberapa rumah sakit ternama. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan dalam membuat janji temu dengan psikolog hanya melalui smartphone di genggaman. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang untuk mendapatkan semua kemudahan tersebut!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. 20 Fun Family Activities to Do at Home.
Lifehack. Diakses pada 2021. 15 Fun And Easy Family Activities That You Can Do At Home.