• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kondisi yang Menandakan Tubuh Terserang Penyakit Autoimun

4 Kondisi yang Menandakan Tubuh Terserang Penyakit Autoimun

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sistem imun adalah salah satu pertahanan tubuh yang berguna untuk menghadang segala penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Maka dari itu, sistem yang berguna sebagai pertahanan tubuh tersebut sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jika terjadi gangguan, banyak penyakit fatal yang dapat terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah penyakit autoimun.

Seseorang yang mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya menyerang bagian tubuh sendiri. Penyakit ini dapat menimbulkan dampak yang berbahaya saat terjadi. Diagnosis dini perlu dilakukan agar penanganan dapat segera dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan melihat gejala yang ditimbulkan. Berikut beberapa gejala dari penyakit autoimun saat menyerang!

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Termasuk Gangguan Autoimun

Gejala yang Timbul saat Mengidap Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi yang terjadi akibat sistem imunitas tubuh mengalami kelainan yang membuatnya menyerang bagian tubuh sendiri. Sistem kekebalan tubuh biasanya melindungi dari semua penyebab penyakit. Saat bakteri atau virus masuk ke tubuh, sistem imun akan mengirimkan sinyal untuk menyerang penjajah asing tersebut. Namun, penyakit ini membuatnya kesulitan membedakan sel tubuh sendiri dengan sel asing.

Seseorang yang mengidap penyakit autoimun terkadang sulit untuk didiagnosis karena menimbulkan gejala yang samar dan mirip dengan gangguan lainnya. Padahal, penyakit ini perlu mendapatkan penanganan dini agar tidak berkembang menjadi gangguan yang parah. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa gejala yang dapat timbul saat mengidap penyakit pada sistem imunitas tubuh ini. Berikut beberapa gejalanya:

1. Masalah Kulit

Gejala paling awal yang umum timbul saat seseorang mengidap penyakit autoimun adalah masalah kulit akibat peradangan. Kamu dapat mengalami ruam yang tidak biasa, kemerahan, rasa gatal, hingga sensitif. Jika kamu mengalami perubahan kondisi kulit yang sulit dijelaskan, sistem kekebalan yang terlalu aktif dapat menjadi penyebabnya. Seseorang yang mengalami lupus pun dapat mengalami perubahan tekstur dan warna kulit hingga pembengkakan dan bersisik.

2. Kelelahan

Kamu juga dapat merasakan lelah yang tidak teratasi meski sudah beristirahat cukup di malam hari. Rasa lelah ini bahkan dapat memengaruhi seseorang secara mental dan fisik. Memang, kelelahan hingga masalah ingatan dapat menjadi salah satu gejala awal dari penyakit autoimun, tetapi kelelahan juga dapat disebabkan oleh peradangan kronis saat sistem imun tubuh terlalu aktif. 

Jika mengalami kelelahan sebaiknya tidak dibiarkan, karena hal tersebut mampu menyebabkan gangguan serius. Penanganan dini dari penyakit autoimun harus segera dilakukan untuk mencegah peradangan.

Gejala yang ditimbulkan saat seseorang mengidap penyakit autoimun dapat mirip dengan penyakit lainnya. Maka dari itu, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc untuk memastikan segala gejala yang dirasakan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan akses kesehatan berada dalam genggamanmu!

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Penyakit Autoimun

3. Fluktuasi Berat Badan

Seseorang yang mengidap penyakit autoimun juga dapat mengalami gejala berupa kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis. Jika kamu mengalami perubahan berat badan tanpa perubahan aktivitas, bisa jadi hal tersebut disebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Salah satu gangguan yang berhubungan dengan sistem imun adalah hipotiroidisme. Gangguan tersebut dapat menyebabkan metabolisme melambat yang membuat kenaikan berat badan lebih cepat terjadi.

4. Nyeri Otot atau Sendi

Jika kamu bukan orang yang terlalu aktif secara fisik, tetapi kerap mengalami nyeri pada otot dan sendi, hal tersebut dapat terjadi sebagai gejala dari penyakit autoimun. Beberapa gangguan pada sistem imunitas tubuh juga dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada otot atau sendi, seperti artritis rheumatoid dan penyakit Hashimoto. Meski begitu, bukan hanya penyakit autoimun yang dapat menyebabkan gejala ini. Pemeriksaan mendalam mungkin perlu dilakukan agar diagnosisnya tepat.

Baca juga: 4 Penyakit Autoimun yang Langka dan Berbahaya

Itulah beberapa gejala yang dapat timbul saat seseorang mengidap penyakit autoimun. Dengan mengetahui gejala tersebut, kamu dapat langsung melakukan pemeriksaan untuk memastikan gangguan yang terjadi. Jika benar disebabkan oleh gangguan pada sistem imun, penanganan dini dapat segera dilakukan.

Referensi:
Find Me Cure. Diakses pada 2020. 5 Early Signs Of Autoimmune Disease.
Healthline. Diakses pada 2020. Autoimmune Diseases: Types, Symptoms, Causes, and More.