• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Langkah Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19

4 Langkah Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Agustus 2021
4 Langkah Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19

“Banyak perubahan yang dirasakan para pekerja di masa pandemi COVID-19. Kondisi ini dapat menyebabkan stres hingga burnout. Bukan hanya yang bekerja di rumah, pekerja yang melakukan WFO pun masih rentan mengalami stres. Sebaiknya, lakukan manajemen stres kerja di masa pandemi agar kualitas kerja tetap optimal.”

Halodoc, Jakarta – Baik bekerja dari rumah maupun di kantor, pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai perubahan dalam proses kerja. Rasa bosan, kelelahan, gangguan cemas, hingga stres kerap dirasakan oleh pekerja saat pandemi COVID-19. Bahkan, tidak jarang pekerja mengalami kondisi burnout.

Tentunya langkah manajemen stres kerja di masa pandemi COVID-19 sangat memengaruhi pada kualitas dan kesejahteraan seseorang. Untuk itu, tidak ada salahnya cari tahu beberapa cara tepat dalam mengatasi stres kerja di masa pandemi COVID-19 ini. Simak ulasannya, di sini!

Baca juga: WFO Saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini agar Tetap Sehat

Langkah Tepat Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19

Menurut pakar ilmu saraf dan pendiri BrainTap Technologies, Dr. Patrick Porter, kesehatan mental yang optimal sangat diperlukan untuk produktivitas kerja. Menurutnya, peningkatan kondisi stres dan gangguan cemas akan pandemi COVID-19 dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan kualitas kerja. Hal ini disebabkan akibat keadaan emosional yang terhubung secara langsung dengan kemampuan untuk fokus.

Sebaiknya waspada beberapa tanda stres yang bisa kamu alami ketika masa pandemi COVID-19, seperti lebih mudah tersinggung, cepat marah, kehilangan motivasi, bahkan tidak jarang mengalami gangguan tidur. Tidak hanya itu, kelelahan terus-menerus, sedih, putus asa, dan kesulitan berkonsentrasi menjadi tanda lain yang perlu diwaspadai akibat stres.

Stres yang tidak diatasi dapat memicu berbagai risiko gangguan kesehatan. Baik fisik maupun mental. Untuk itu, kamu memerlukan langkah tepat manajemen stres kerja di masa pandemi COVID-19. 

Baca juga: Ini Peran Perusahaan Menjaga Kesehatan Mental Pekerjanya

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Buatlah Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja
komunikasi kerja

Cara ini bisa membuat kamu lebih mudah melakukan pekerjaan dengan baik. Jika kamu bekerja dari rumah, buatlah komunikasi grup melalui telepon atau meeting online. Sedangkan, jika kamu bekerja di kantor, pastikan selalu menjaga jarak aman dengan rekan kerja.

  1. Lakukan Manajemen Waktu yang Baik
manajemen waktu

Saat bekerja dari rumah, pastikan kamu memiliki manajemen waktu yang baik atau membuat rutinitas. Hal ini dilakukan agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah.

  1. Lakukan Gaya Hidup Sehat
makan buah-buahan

Saat pandemi COVID-19 tidak ada salahnya untuk selalu melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan tetap optimal. Mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan cairan, tidur tepat waktu, dan rutin olahraga menjadi cara lain yang bisa digunakan untuk menurunkan stres.

  1. Jangan Ragu untuk Menolak Hal di Luar Pekerjaan
kerja dari rumah

Selama jam kerja kemungkinan kamu akan mendapatkan berbagai permintaan yang tidak terkait dengan pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menolak saat pekerjaan memang cukup banyak. Menetapkan batasan yang tepat mencegah kamu mengambil terlalu banyak pekerjaan yang memicu stres.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja dari Rumah

Itulah hal yang bisa digunakan sebagai langkah manajemen stres kerja di masa pandemi COVID-19. Kamu bisa gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai tanda stres yang kamu alami selama masa pandemi COVID-19. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Centers for Disease and Control Prevention. Diakses pada 2021. Employees: How to Cope With Job Stress and Build Resilience During The COVID-19 Pandemic.

CNBC. Diakses pada 2021. How to Manage Stress and Avoid Work Burnout During The Pandemic.

Very Well Mind. Diakses pada 2021. 8 Tips to Handle The Stress of Working From Home.