• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah

4 Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Oktober 2022

“Bergamot oil termasuk salah satu minyak yang dipercaya mampu mempercantik wajah. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah mengatasi jerawat.”

4 Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah4 Manfaat Bergamot Oil untuk Kecantikan Wajah

Halodoc, Jakarta – Bergamot adalah buah yang bentuknya mirip dengan jeruk nipis. Mesti tidak terlalu umum di Indonesia, buah ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho.

Buah dengan rasa asam dengan sedikit pahit ini, kulit buahnya dapat diekstrak sehingga menghasilkan bergamot oil. Diketahui jika kandungan dari minyak ini juga bisa digunakan untuk kecantikan wajah. Cobalah untuk mempertimbangkan penggunaannya secara rutin.

Beragam Manfaat Bergamot Oil untuk Wajah

1. Mengatasi Jerawat

Bergamot oil merupakan obat alami yang memiliki manfaat dalam perawatan kulit, termasuk juga mengatasi jerawat pada remaja. Minyak ini mampu membantu dalam mengurangi bakteri pada kulit dan melawan peradangan kulit, sehingga jerawat dapat diatasi dan mencegahnya tumbuh kembali.

2. Mengencangkan Pori-Pori

Minyak ini mengandung sifat astringen yang dapat membantu dalam mengencangkan pori-pori, serta mengurangi produksi sebum berlebih. Manfaat ini menjadikan buah dari keluarga citrine ini pilihan yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak.

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Manfaat lainnya dari bergamot adalah mampu menembus dan membuka pori-pori, sekaligus menjadi pelindung lipid alami pada kulit. Ini agar kulit tidak terlalu kering atau mengelupas. Kandungan ini sangat membantu dalam hiperpigmentasi untuk mengobati noda bekas jerawat.

4. Mengencangkan Kulit

Bergamot oil dapat diterapkan langsung pada bekas noda jerawat, guna merangsang pembaruan sel kulit, lalu mendistribusikan kembali pada pigmen kulit agar warna kulit rata dan kencang. Maka dari itu, sangat cocok untuk digunakan secara rutin agar wajah tetap awet muda.

Tips dalam Menggunakan Bergamot Oil

Ada beberapa tips yang berhubungan dengan minyak bergamot, yaitu:

  • Sama seperti semua minyak esensial, bergamot juga sensitif terhadap panas. Jadi, saat menambahkan formulasi perawatan kulit, ingatlah untuk menambahkan tahap pendinginan saat memproduksinya.
  • Beberapa orang menyukai aroma buah sitrin ini, tetapi terlalu menusuk pada orang lain. Maka dari itu, agar aromanya lebih lembut, coba tambahkan minyak esensial lainnya ke dalam campurannya, seperti jeruk atau lavender, untuk menghasilkan wangi yang lebih nyaman bagi orang sekitar.
  • Untuk menghasilkan aroma yang menyegarkan dan membuat diri lebih semangat, campurkan Bergamot dengan minyak esensial, seperti Yuzu, Petitgrain, dan Neroli.

Perhatian Sebelum Menggunakan Bergamot Oil

Perlu diperhatikan jika bergamot oil dapat mengiritasi kulit saat digunakan. Minyak ini memiliki kecenderungan untuk meningkatkan fotosensitivitas kulit, sehingga mampu menyebabkan iritasi kimia, sengatan, dan kemerahan saat pergi ke luar rumah.

Hal ini disebabkan senyawa kimia dalam buah ini yang disebut bergapten, bertanggung jawab atas reaksi ini, juga dapat menyebabkan fotosensitivitas saat digunakan di siang hari.

Untuk menghindari segala jenis pembakaran atau keracunan, encerkan minyak ini ke dalam minyak lainnya, seperti minyak kelapa. Dengan begitu, pengalikasiannya lebih aman untuk digunakan saat ke luar rumah.

Itulah pembahasan mengenai manfaat bergamot oil untuk kecantikan wajah. Pastikan jika berbagai skincare yang dimiliki memiliki kandungan ini agar wajah semakin cantik dan berkilau. Namun, berhati-hati juga dengan pengaplikasian secara langsung minyak murni ini pada kulit, terutama pada efek sampingnya.

Untuk tahu lebih jauh tentang minyak ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Purodem. Diakses pada 2022. Bergamot Essential Oil: What are its Benefits & How is it Used?​
Puristry. Diakses pada 2022. Bergamot Oil Benefits for Skin and Hair.