4 Manfaat Ekstrak Honeysuckle bagi Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Oktober 2022

“Ekstrak honeysuckle mampu menangani kulit kusam dan warna kulit yang tidak merata. Efek ini berasal dari kandungan vitamin di dalamnya”

4 Manfaat Ekstrak Honeysuckle bagi Kesehatan Kulit4 Manfaat Ekstrak Honeysuckle bagi Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Honeysuckle tanaman rambat yang bunga, biji hingga daunnya biasa dimanfaatkan sebagai obat karena efek antivirusnya. Tanaman yang punya nama latin Lonicera caprifolia dapat mengatasi kulit kusam dan tidak merata. 

Kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya mampu mencerahkan kulit secara alami. Kamu bisa mendapatkan khasiat ini dari produk-produk skin care yang mengandung ekstrak honeysuckle

 Manfaat Ekstrak Honeysuckle untuk Kesehatan Kulit

Selain menangani kulit kusam, berikut manfaat ekstrak honeysuckle lainnya:

1. Mengobati eksim dan rosacea

Eksim ditandai dengan kulit kemerahan, ruam, bengkak dan terasa gatal. Sedangkan rosacea adalah kulit kemerahan yang disertai bintik-bintik seperti jerawat. Ekstrak tanaman ini bisa dijadikan solusi jitu untuk menangani kedua masalah tersebut lewat sifat anti peradangannya. 

Tanaman ini bekerja dengan cara menenangkan kulit untuk menghentikan rasa gatal. Selain itu, honeysuckle juga aman digunakan untuk semua jenis kulit sehingga kamu tak perlu khawatir mengalami iritasi.

2. Mengatasi kulit terbakar

Kandungan flavonoid dan saponin pada tanaman ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan tanda-tanda penuaan. Jika kamu sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, pilih tabir surya yang mengandung ekstrak bunga honeysuckle untuk mendapat manfaat ini. Honeysuckle akan menjaga kulit kamu dari paparan sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. 

3. Membersihkan pori-pori

Tanaman ini juga bersifat anti bakteri sehingga cocok untuk dijadikan sabun atau toner alami. Karena alasan ini juga, banyak produk perawatan kulit yang menambahkan ekstrak honeysuckle dalam kandungannya. Sifat anti bakterinya mampu membersihkan pori-pori sehingga masalah komedo dan jerawat dapat teratasi.

4. Beruntusan

Bruntusan adalah reaksi tubuh terhadap peradangan. Itu sebabnya, kamu perlu menggunakan produk yang bersifat anti peradangan untuk menanganinya. Nah, ekstrak honeysuckle punya sifat anti peradangan yang mampu mengatasi masalah bruntusan. Tanaman ini juga aman untuk kulit sensitif yang umumnya rentan mengalami bruntusan. 

Tips Menggunakan Ekstrak Honeysuckle untuk Kulit

Cara yang paling mudah untuk menggunakan honeysuckle adalah memilih produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak tanaman ini. Misalnya seperti serum, pelembab, dan pembersih. Jika ingin yang lebih alami, Namun, kamu juga bisa menggunakan ekstrak bunga honeysuckle murni untuk diolah menjadi eksfoliator atau pembersih sendiri.

Untuk membuat pembersih dari honeysuckle, tambahkan beberapa tetes ekstrak minyak honeysuckle ke dalam botol semprot berisi air. Semprotkan pada kulit untuk memberikan efek mencerahkan dan kulit lebih kencang. 

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai eksfoliator, campurkan tiga tetes minyak honeysuckle, satu cangkir garam Himalaya dan satu sendok makan minyak rami. Gunakan scrub garam ini untuk mengelupas sel-sel kulit mati dari wajah, kaki, dan tangan agar kulit yang tampak cerah.

Adakah Risiko Efek Sampingnya?

Sebagian besar ahli menganggap tanaman ini aman digunakan pada kulit. Namun, jika efek samping memang muncul, reaksi utamanya bisa berupa alergi atau ruam. Meski begitu, efek ini amat jarang terjadi. Jika kamu mengalaminya, segera hentikan pemakaian ekstrak tanaman tersebut. 

Apabila kamu masih ragu untuk menggunakan tanaman ini sebagai perawatan wajah, diskusikan dokter spesialis kulit untuk memastikan keamanannya. Kamu bisa, lho, menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Truly. Diakses pada 2022. Honeysuckle Flower Extract for Skin: 5 of its Sweetest Benefits.
WebMD. Diakses pada 2022. Honeysuckle – Uses, Side Effects, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan