4 Manfaat Konsumsi Folic Acid bagi Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Terdapat beberapa manfaat konsumsi folic acid untuk kecantikan yang perlu diketahui. Salah satunya adalah mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit.”

4 Manfaat Konsumsi Folic Acid bagi Kecantikan Kulit4 Manfaat Konsumsi Folic Acid bagi Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Asam folat atau folic acid (vitamin B9) merupakan nutrisi penting yang dapat menunjang berbagai fungsi tubuh. Salah satu fungsinya berkaitan dengan pembentukan sel darah merah. Selain itu, folic acid juga diketahui sebagai nutrisi yang penting selama awal kehamilan. Khususnya untuk mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang. 

Kendati demikian, folic acid tidak hanya bermanfaat untuk beberapa hal tersebut. Sebab, folic acid juga diketahui bermanfaat bagi kecantikan kulit. Lantas, kira-kira apa saja manfaatnya bagi kecantikan? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Konsumsi Folic Acid untuk Kecantikan

Terdapat beberapa manfaat konsumsi folic acid untuk kecantikan yang perlu diketahui, seperti: 

1. Mengurangi kerutan pada kulit 

Salah satu manfaat dari mengonsumsi folic acid secara teratur adalah mengurangi munculnya tanda penuaan, seperti kerutan pada kulit. Selain itu, nutrisi ini juga diklaim dapat mengurangi garis-garis halus. Hal ini lantaran asam folat dapat membantu produksi kolagen di kulit. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih kencang. 

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari 

Paparan sinar matahari yang berlebihan diketahui dapat merusak DNA dalam sel kulit. Hal ini pada akhirnya membuat kulit rentan terhadap kanker kulit. Nah, manfaat selanjutnya dari folic acid adalah diketahui dapat memulihkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. 

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada 2008 silam, asam folat yang dioleskan terbukti mengurangi beberapa indikator visual terkait kerusakan akibat sinar matahari. Termasuk di antaranya mengurangi kerusakan DNA pada kulit yang sering terpapar. 

3. Membantu mencerahkan kulit

Selain mengurangi kerutan dan melindungi kulit dari sinar matahari, asam folat juga dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, folic acid juga diklaim dapat menghindari iritasi sekaligus ruam pada kulit. 

4. Membantu menghilangkan jerawat 

Konsumsi asupan folat sesuai dengan rekomendasi dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Selain itu, vitamin B9 diketahui mengandung antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif pada tubuh, khususnya kulit. Artinya, mengonsumsi folic acid dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat sekaligus mengobati jerawat yang muncul. Kendati demikian, dosis aman asam folat untuk setiap orang akan berbeda, sehingga penting untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait konsumsinya. 

Sumber Folic Acid yang perlu Diketahui 

Selain dari suplemen kesehatan, nyatanya asam folat juga dapat dipenuhi melalui konsumsi beberapa makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang tinggi akan kandungan asupan tersebut: 

  • Asparagus. Setengah cangkir (90 gram) porsi asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mikrogram folat, atau 34 persen kebutuhan harian. 
  • Telur. Satu telur besar dapat mengandung 22 mikrogram folat, atau sekitar 6 persen kebutuhan harian. 
  • Bayam. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah dapat menyediakan 58,2 mikrogram, atau 15 persen dari kebutuhan harian. 
  • Buah citrus. Buah citrus seperti buah jeruk, dapat mengandung 55 mikrogram folat, atau sekitar 14 persen dari kebutuhan harian. 
  • Brokoli. Untuk kandungan folatnya, satu cangkir (91 gram) brokoli mentah mengandung sekitar 57 mikrogram folat, atau sekitar 14 persen dari kebutuhan harian.

Itulah beberapa manfaat konsumsi folic acid bagi kecantikan yang perlu diketahui. Mulai dari mengurangi kerutan pada kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, membantu mencerahkan kulit, hingga membantu mengatasi jerawat yang muncul. 

Karena itu, pastikan untuk memenuhi asupan asam folat setiap harinya. Sebab, tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, asupan ini juga diketahui penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh secara menyeluruh. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar folic acid atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Holland and Barrett. Diakses pada 2022. Folic acid benefits for skin. 
Grid. Diakses pada 2022. Rutin Konsumsi Asam Folat, 4 Manfaat Kecantikan Kulit Ini Akan Kamu Dapatkan loh. 
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid). 
NIH. Diakses pada 2022. A novel treatment option for photoaged skin. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan