4 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Januari 2023

“Manfaat meditasi tidak sebatas pada mengurangi stres dan kecemasan. Metode ini juga bisa membantu seseorang yang sedang berjuang dengan kecanduan, membantu meningkatkan kesadaran diri dan pikiran.”

4 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental4 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Kamu mungkin mengetahui bahwa manfaat meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan damai.

Namun, sebenarnya meditasi juga bisa membuat kamu lebih fokus kepada berbagai hal yang menyenangkan. Inilah sebabnya, mereka yang rutin melakukan meditasi bisa mendapatkan kedamaian batin dan lebih fokus. 

Berbagai Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental

Tak berbeda dengan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting. Kamu bisa melakukan meditasi secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat baiknya, antara lain:

1. Mengontrol depresi dan kecemasan

Manfaat meditasi yang pertama adalah membantu kamu mengendalikan depresi dan kecemasan. Aktivitas ini dapat membantu pikiran untuk selalu terfokus pada kondisi saat ini, sehingga kamu tidak lagi merasa cemas karena terus memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi pada masa depan.

Jika kamu melakukannya secara rutin, meditasi bisa membantu mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi. Oleh karena itu, meditasi kerap menjadi salah satu opsi perawatan kesehatan mental. 

Selain itu, meditasi juga dapat mengurangi kesulitan tidur, suasana hati yang sedang buruk, dan penurunan nafsu makan.

2. Melawan rasa candu

Meditasi bisa mengubah penerima otak yang memiliki hubungan dengan kecanduan alkohol dan obat terlarang, yang akhirnya membantu mengurangi keinginan orang-orang untuk mengonsumsi zat tersebut. 

Kemudian, aktivitas ini juga membantu meningkatkan kesadaran. Ini berarti, kamu akan lebih mudah dalam mengelola gejala kecanduan dengan lebih baik. Terkait dengan hal tersebut, melatih kesadaran sebenarnya bisa mencegah diri mengalami kambuh untuk para pengguna alkohol dan obat terlarang. 

Sebab, meditasi dapat memberikan efek terapeutik. Efek ini dapat membantu mengatur otak ketika kamu sedang merasakan kesenangan.

3. Meningkatkan kesadaran dan harga diri

Manfaat meditasi yang tak tidak kalah pentingnya adalah membuat kamu bisa merefleksikan diri lebih dalam lagi. Alhasil, kamu bisa mengidentifikasi semua hal positif yang ada pada diri sendiri. Tak hanya itu, meditasi juga bisa membangun kesadaran diri dan rasa empati untuk orang lain. 

Oleh karena itulah, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa meditasi dapat membuat kamu lebih mudah menemukan pandangan baru ketika menghadapi suatu masalah dan mengurangi kecemasan yang mungkin terjadi. 

4. Manfaat meditasi membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan emosi serta fungsi memori

Meditasi bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Ternyata, ada bentuk meditasi yang bisa meningkatkan gambaran diri serta pandangan hidup ke arah yang pastinya jauh lebih baik. 

Sebab, meditasi akan membantu kamu membuang semua pikiran negatif dan mengendalikan respons yang cenderung berlebihan setiap kali kamu berhadapan pada situasi yang tidak menyenangkan. 

Sementara itu, stres menunjukkan efeknya terhadap penurunan fungsi memori. Ternyata, rutin melakukan meditasi bisa membuat kamu bisa berpikir lebih jernih dan menjaga memori agar tetap berfungsi dengan optimal.

Tak ketinggalan, manfaat meditasi lainnya yaitu mendukung orang-orang yang memberikan perawatan kepada anggota keluarga yang sedang berjuang dengan kondisi demensia. 

Itu tadi beberapa manfaat meditasi untuk mendukung mental lebih sehat. Jika kamu membutuhkan bantuan ahli kejiwaan yang berpengalaman, Kamu bisa menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodocmelalui App Store atau Google Play sekarang juga! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How Meditation Can Improve Your Mental Health.
Everyday Health. Diakses pada 2023. How Meditation Can Improve Your Mental Health.
Healthline. Diakses pada 2023. 12 Science-Based Benefits of Meditation.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan