4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Wajah, Bantu Hilangkan Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juli 2023

“Buah pepaya tidak hanya bisa untuk konsumsi. Buah satu ini juga menawarkan banyak manfaatkan untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya menghilangkan jerawat.”

4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Wajah, Bantu Hilangkan Jerawat4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Wajah, Bantu Hilangkan Jerawat

Halodoc, Jakarta – Pepaya adalah buah yang tumbuh pada bagian tropis Belahan Barat. Namun, kamu bisa melakukan lebih banyak hal dengan pepaya daripada hanya memakannya. Pertanyaannya, apakah sabun pepaya bisa menghilangkan jerawat? 

Faktanya, pepaya juga menjadi salah satu bahan aktif pada produk kecantikan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Selain itu, sabun pepaya juga dipercaya sebagai pencerah kulit. Jika kamu mengalami perubahan warna atau bekas luka gelap, sabun dapat mengurangi munculnya bintik-bintik tersebut.

Apa Itu Sabun Pepaya?

Sabun pepaya adalah sabun lembut alami yang aman digunakan pada berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Sebenarnya, sabun biasa juga memiliki efek membersihkan dan menghilangkan kotoran. Namun, kandungannya mungkin terlalu keras untuk kulit karena dapat menghilangkan minyak alami.

Beberapa sabun mengandung detergen sintetis dan bahan lain yang tidak hanya membersihkan kotoran, tetapi juga kelembapan alami kulit. Ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosacea, meningkatkan kekeringan dan gatal.

Sementara itu, sabun pepaya menjadi salah satu produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk ini mengandung enzim papain yang memecah protein. Enzim ini meningkatkan pencernaan yang sehat, tetapi juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi.

Apakah Sabun Pepaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Pepaya memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sabun pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur sekaligus merangsang produksi kolagen.

Selain itu, sabun ini juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Kandungan tersebut mempromosikan produksi sel kulit baru dan dapat membantu mengurangi bintik hitam, noda, dan bekas luka. Lalu, apakah sabun pepaya bisa menghilangkan jerawat?

Jawabannya, bisa. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat, sabun pepaya dapat membantu menghilangkan noda dan mengurangi jerawat. Sebagai enzim pelarut protein, papain efektif menghilangkan keratin yang rusak. 

Keratin sendiri adalah jenis protein utama pada kulit, tetapi penumpukan senyawa ini bisa menyebabkan terbentuknya benjolan kecil. Selain itu, kekuatan pengelupasan dari sabun pepaya juga mencegah sel kulit mati menyumbat pori-pori, yang turut dapat mengurangi jerawat.

Manfaat Lain Sabun Pepaya

Tidak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat, sabun pepaya juga menawarkan banyak manfaat lain untuk kesehatan kulit wajah, yaitu: 

1. Exfoliasi

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengelupas kulit dan membuatnya tampak lebih sehat. Pengelupasan menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Memang benar bahwa kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri, dan pengelupasan kulit dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Selain itu, produk ini juga bisa meratakan warna kulit.

2. Pereda nyeri sengatan serangga

Menggosokkan sabun pepaya pada area tubuh yang mengalami gigitan atau luka serangga dapat membantu meredakan nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, beberapa racun serangga juga mengandung peptida yang merupakan bahan penyusun protein. Papain juga bekerja aktif untuk memecah protein ini dan meredakan iritasi kulit.

3. Pencerah kulit

Jika kamu memiliki bintik-bintik hiperpigmentasi atau berurusan dengan warna kulit yang tidak rata, sabun pepaya dapat membantu menghaluskan warna kulit.

Hiperpigmentasi adalah penggelapan atau perubahan warna pada kulit. Karena sabun pepaya mempromosikan pengangkatan sel-sel kulit mati, sabun secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak-bercak gelap sehingga mencerahkan kulit.

Selain itu, tak sedikit orang meyakini bahwa sabun pepaya membantu mengekang produksi melanin yang berlebihan. Namun, klaim ini tampaknya tidak memiliki dukungan secara ilmiah dengan penelitian.

Jadi, apakah sabun pepaya bisa menghilangkan jerawat? Sangat mungkin berkat kandungan aktif senyawa papain dalam buah tersebut. Tak hanya baik untuk jerawat, kenali pula berbagai manfaat buah pepaya untuk kesehatan dengan membaca artikel Kenali 12 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh.

Selain menggunakan sabun pepaya, kamu juga bisa menghilangkan jerawat dengan cara alami lain melalui artikel 10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat. Namun, jika jerawat pada wajah tidak kunjung membaik, kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter kulit melalui Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Papaya Soap and When Should I Use it?
Snow Fresh. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About the Benefits of Papaya Soap.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan