• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Skincare Kaolin untuk Kulit Berminyak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Skincare Kaolin untuk Kulit Berminyak

4 Manfaat Skincare Kaolin untuk Kulit Berminyak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Oktober 2022

“Ada beberapa manfaat kaolin untuk kulit berminyak yang perlu diketahui. Salah satunya adalah diyakini mampu mengontrol minyak berlebih.”

4 Manfaat Skincare Kaolin untuk Kulit Berminyak4 Manfaat Skincare Kaolin untuk Kulit Berminyak

Halodoc, Jakarta – Saat ini, clay mask merupakan salah satu produk yang populer digunakan untuk merawat kulit. Nah, clay mask sendiri banyak jenisnya, salah satunya seperti kaolin clay. Perlu diketahui bahwa kaolin clay merupakan salah satu kandungan yang kerap ditemukan pada berbagai produk skincare atau perawatan wajah

Sebab, kandungan ini diyakini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kulit. Khususnya untuk kulit yang berminyak. Namun, kira-kira apa saja manfaat kaolin untuk kulit berminyak? Simak informasinya di sini!

Manfaat Kaolin untuk Kulit Berminyak

Menurut Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, Amerika Serikat, kaolin mungkin menawarkan manfaat antiinflamasi, antibakteri, dan penyembuhan ringan. Berikut adalah beberapa manfaat kandungan tersebut untuk kulit berminyak yang perlu diketahui: 

1. Mengontrol minyak berlebih 

Selayaknya clay mask lainnya, kaolin clay juga berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah. Namun, ada perbedaan dari cara kerja kaolin clay dengan clay mask lainnya. 

Sebab, kaolin clay bekerja tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Karena itu, produk yang mengandung kaolin tentunya cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering. 

2. Mencegah penyumbatan pori-pori kulit

Manfaat kaolin selanjutnya untuk kulit yang berminyak adalah mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Sebab, kaolin diketahui bekerja dengan menyerap sebum dan mencegah penyumbatan pori. 

Selain itu, kandungan tersebut juga digunakan untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari pori-pori. Hal ini diyakini dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih, kotoran, dan polusi, tanpa menyebabkan kemerahan. Menariknya lagi, kaolin juga diketahui memiliki sifat antibakteri, sehingga berguna untuk mengobati jerawat. 

3. Membantu mencerahkan kulit

Penggunaan skin care yang mengandung kaolin diyakini dapat membantu memberikan efek mencerahkan kulit. Selain itu, masalah kulit lain seperti warna kulit yang tidak merata, juga dapat diatasi dengan kandungan ini. Kendati demikian, proses pemulihan masalah kulit tersebut menggunakan kaolin tidaklah instan, untuk hasil optimal. 

4. Membantu mengatasi iritasi kulit

Selain mencegah penyumbatan pori dan mencerahkan kulit, kaolin juga dikabarkan bermanfaat dalam mengatasi iritasi kulit. Nah, tidak seperti clay mask pada umumnya, clay mask kaolin dapat membantu menenangkan kulit, termasuk meredakan peradangan kulit. Kendati demikian, bukan berarti kaolin dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi iritasi kulit. Sebaliknya, penggunaan kaolin dianggap hanya sebagai alternatif sementara. 

Adakah Manfaat Lain dari dari Kaolin? 

Selain dipergunakan sebagai kandungan dari produk perawatan kulit, kaolin juga diyakini memiliki beberapa manfaat lain, seperti: 

1. Berpotensi sebagai obat diare

Mengonsumsi kaolin clay dianggap membantu pengobatan diare, tetapi sayangnya tidak ada bukti yang meyakinkan. Salah satu bukti yang mendukung manfaat ini, adalah studi yang dipublikasikan pada U.S National Library of Medicine tahun 2003 silam. Studi tersebut menjelaskan bahwa kandungan mineral tanah liat kaolin, mirip dengan bismut subsalisilat, yaitu obat yang mengobati diare. Namun, mengonsumsi kaolin, tentunya merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan, dan tidak direkomendasikan untuk mengobati diare. 

2. Sebagai produk perawatan rambut

Kaolin clay telah digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut untuk membantu detoksifikasi kulit kepala. Hal ini lantaran kaolin clay dikabarkan dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan menyerap minyak berlebih untuk mencegah pertumbuhan ragi berlebih, ketombe, dan peradangan. Namun, manfaat kaolin yang satu ini juga tentunya masih membutuhkan penelitian dan data ilmiah yang lebih banyak. 

Itulah beberapa manfaat dari kaolin untuk kulit berminyak. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kandungan skincare atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang tepat. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Kaolin Clay Mask Benefits for Clearer, Brighter Skin.
Suara. Diakses pada 2022. 5 Manfaat Kaolin Clay, Bisa Jadi Sampo Juga. 
NIH. Diakses pada 2022. Eating Dirt.