• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

4 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah orang untuk menghindari kondisi kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini disebabkan obesitas dapat menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan tidur, risiko penyakit jantung, diabetes, hingga penurunan rasa percaya diri seseorang. Rutin berolahraga hingga pola makan sehat menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan.

Baca juga: Rahasia 5 Nutrisi Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Namun tidak hanya dari makanan saja, ternyata kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman sehat. Pilihan jenis minuman yang kamu konsumsi selama menurunkan berat badan tentunya akan memengaruhi proses ini. Untuk itu, ketahui beberapa jenis minuman yang bisa membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan.

1.Air Putih

Air putih menjadi salah satu jenis minuman yang paling sehat. Meskipun tidak memiliki rasa dan aroma, tetapi kamu bisa merasakan banyak manfaat dengan mengonsumsi air putih. Salah satunya dapat membantu untuk menurunkan dan mengontrol berat badan. Kamu bisa mengonsumsi satu gelas air putih sebelum makan. Hal ini dapat membantu kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit.

Selain itu, kondisi dehidrasi terkadang menyebabkan kamu ingin mengonsumsi makanan apapun. Untuk mencegah ini, hidrasi tubuh dengan memenuhi kebutuhan air putih agar kamu dapat mengatur jam makan menjadi lebih baik.

2.Jus Sayur

Siapa bilang hanya buah-buahan yang bisa digunakan untuk jus? Kamu juga bisa membuat jus dengan menggunakan sayuran. Namun, perhatikan beberapa jenis sayuran yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar jus, seperti wortel, tomat, kale, bit, mentimun. hingga pakcoy. 

Selain memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang sangat tinggi, dengan mengonsumsi jus sayuran kamu juga bisa menjaga kesehatan pencernaan yang sangat baik untuk membantu penurunan berat badan. Hal yang perlu diperhatikan saat membuat jus dari sayuran, yaitu menghindari penambahan pemanis buatan, seperti gula. Kamu bisa menambahkan buah yang memiliki rasa manis agar mendapatkan rasa manis yang alami.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

3.Teh Hijau

Banyak orang yang tidak bisa melewatkan pagi hari tanpa mengonsumsi teh hangat. Nah, untuk membantu kamu menjalani proses penurunan berat badan secara alami, tidak ada salahnya mengganti pengonsumsian teh hitam dengan teh hijau

Teh jenis ini dinilai mampu membantu kamu untuk menurunkan berat badan, loh. Hal ini disebabkan tingginya kandungan katekin yang termasuk dalam antioksidan. Antioksidan jenis ini dapat meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme tubuh.

4.Air Jahe

Selama ini air jahe dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Tahukah kamu bahwa air jahe juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan? Hal ini disebabkan mengonsumsi air jahe dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan gingerol dalam jahe mampu menjaga kesehatan pencernaan yang dapat membantu kamu menurunkan dan mengontrol berat badan.

Itulah beberapa minuman yang dinilai mampu membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Selain mengonsumsi beberapa jenis minuman tersebut, proses ini juga perlu dilakukan bersama dengan mengonsumsi makanan sehat, pola makan yang tepat, dan juga olahraga yang dilakukan secara rutin.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

Kamu bisa gunakan Halodoc dan tanya pada dokter secara langsung seputar pola makan yang tepat untuk membantu penurunan berat badan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store maupun Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 8 Best Weight Loss Drinks.
Eat This, Not That. Diakses pada 2020. 11 Healthiest Drinks for Weight Loss.
Healthline. Diakses pada 2020. Can Eating or Drinking Ginger Help Me Lose Weight?