• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyebab Bayi Belum Tumbuh Gigi di Usia 1 Tahun

4 Penyebab Bayi Belum Tumbuh Gigi di Usia 1 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, Si Kecil akan mengalami pertumbuhan pada bagian-bagian tubuh, termasuk gigi. Umumnya, pertumbuhan gigi bayi sudah mulai terjadi saat memasuki usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi biasanya dimulai dengan gigi seri tengah bagian bawah. Lalu, bagaimana jika pertumbuhan gigi bayi masih belum terlihat di usia 1 tahun? Apakah hal ini normal? 

Jawabannya normal saja. Sebelumnya perlu diingat, waktu tumbuh gigi yang dibutuhkan seorang anak mungkin akan berbeda dengan anak lainnya. Gigi pertama bayi bisa saja mulai tumbuh di usia 4, 6, 9, bahkan 12 bulan. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab perbedaan waktu tumbuh gigi tersebut. Nah, faktor itu juga yang bisa menjadi penyebab gigi bayi terlambat tumbuh. 

Baca juga: Bayi Belum Tumbuh Gigi, Ini 4 Penyebabnya

Penyebab Gigi Bayi Belum Tumbuh

Pertambahan usia bayi berarti juga bertambah bagian tubuh yang mengalami perkembangan. Salah satu bagian yang masuk dalam tumbuh kembang Si Kecil adalah gigi dan mulut. Secara umum, gigi pertama bayi biasanya akan mulai tumbuh di usia 6 bulan. Namun, hal ini mungkin akan berbeda antara satu anak dengan yang lainnya. 

Ada bayi yang sudah menunjukkan tanda tumbuh gigi di usia 6 bulan, beberapa lainnya mungkin sudah muncul sejak lahir, ada juga juga yang bahkan belum tumbuh gigi meski sudah memasuki usia 1 tahun. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi proses dan waktu pertumbuhan gigi pada bayi. Gigi bayi yang belum tumbuh di usia 1 tahun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: 

1.Faktor Keturunan 

Terlambatnya pertumbuhan gigi bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya faktor keturunan alias faktor genetik. Pada dasarnya, faktor genetik memang memiliki peran besar dalam menentukan cepat atau lambatnya pertumbuhan Si Kecil, termasuk pertumbuhan gigi bayi. Anak mungkin mengalami terlambat tumbuh gigi jika anggota keluarga memiliki riwayat kondisi yang sama. 

Baca juga: Kenali 7 Tanda Anak Tumbuh Gigi

2.Masalah Nutrisi 

Bayi terlambat tumbuh gigi juga bisa disebabkan oleh masalah nutrisi, yaitu kekurangan gizi. Anak yang mengalami kekurangan gizi disebut memiliki kemungkinan mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi. Selain pada pertumbuhan gigi, masalah nutrisi atau kekurangan gizi juga bisa mengganggu perkembangan atau pertumbuhan tubuh lainnya.

3.Cedera pada Mulut Bayi 

Gigi bayi yang belum tumbuh hingga usia 1 tahun juga bisa terjadi karena ada cedera pada mulut bayi. Biasanya, hal ini terjadi karena ada trauma fisik, misalnya benturan. Gangguan pertumbuhan gigi bayi biasanya terjadi akibat adalah cedera yang cukup berat pada area mulut dan wajah.  

4.Masalah Kesehatan 

Ada juga kasus di mana bayi mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi karena riwayat masalah kesehatan atau penyakit tertentu. Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa menjadi pemicu gigi bayi belum tumbuh hingga usia 1 tahun, salah satunya bayi lahir dengan berat badan rendah. 

Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini

Jika gigi anak tidak kunjung tumbuh hingga usianya lebih dari 1 tahun, mungkin ibu dan ayah perlu membawa Si Kecil ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab gigi bayi belum tumbuh hingga usia 1 tahun. Jika bingung mencari rumah sakit terdekat, coba cari pakai aplikasi Halodoc saja. Atur lokasi dan temukan rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Is it normal that my baby doesn't have teeth yet?
Healthline. Diakses pada 2021. When Do Babies Usually Start Teething — and Can It Happen Even Earlier?
Dr. Paul’s Dental Clinic. Diakses pada 2021. THE CAUSES AND COMPLICATIONS OF LATE TEETHING IN BABIES.
Hello Motherhood. Diakses pada 2021. Reasons for Late Teething.