• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Salep untuk Mengobati Ambeien yang Dapat Dicoba

4 Salep untuk Mengobati Ambeien yang Dapat Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Salep untuk Mengobati Ambeien yang Dapat Dicoba

Halodoc, Jakarta - Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan area rektum bawah mirip dengan varises. Ambeien bisa berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Hampir semua orang pernah mengalami ambeien. Pilihan pengobatan yang tepat dan gaya hidup sehat dapat menyembuhkan ambeien. Lantas seperti apa obat ambeien yang direkomendasikan untuk diberikan kepada pengidap ambeien?

Baca juga: Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

1. Faktu

Faktu adalah salah satu jenis salep ambeien yang umum digunakan oleh pengidap ambeien. Faktu mengandung Policresulen dan Chinocochain yang kombinasi keduanya dapat meredakan sakit sekaligus mengandung antiseptik, sehingga mencegah luka ambeien tidak mengalami infeksi. Salep Faktu juga bisa meredakan perdarahan dan pembengkakan akibat kondisi ambeien.

2. Borraginol

Borraginol adalah jenis obat ambeien lain yang digunakan untuk membantu meredakan gatal-gatal di area anus akibat ambeien. Cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan salep ambeien ini tipis-tipis ke area yang bengkak. 

Ambeien terkadang bisa menyebabkan gatal, itu bisa disebabkan pembuluh darah yang membengkak dan menekan rektum atau juga karena infeksi bakteri di kulit rektum. Mengoleskan salep ambeien seperti Borraginol dapat meredakan sensasi gatal tersebut.

Baca juga: Pantangan Makanan untuk Pengidap Kista Bartholin

3. Haemocaine

Haemocaine adalah salep ambeien yang juga menjadi pilihan untuk meredakan sakit karena wasir kambuh. Perlu diketahui kalau tingkat peradangan ambeien berbeda-beda, sebelum memutuskan menggunakan obat yang mana, ada baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter. Setelah mendapatkan informasi dari dokter dan mau beli obat ambeien, bisa dilakukan melalui Halodoc.

4. Ultraproct-N

Gatal-gatal dan peradangan akibat ambeien juga bisa diobati dengan menggunakan salep ambeien jenis ini. Cara kerja Ultraproct-N adalah bekerja aktif mengurangi peradangan melalui zat aktif Fluokortolon pivalat dan Lidokain.

Penanganan Rumahan untuk Ambeien

Selain pengobatan dengan menggunakan salep ambeien, ada beberapa penanganan rumahan yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri ambeien.

Baca juga: Mulai Pola Makan Sehat, Coba Diet Ini di Tahun 2021

1. Rendam air hangat. Sensasi gatal dan nyeri ambeien bisa diredakan dengan merendam area anus dengan air hangat. Kamu bisa menuangkan air hangat ke dalam ember, lalu duduk di dalamnya selama 15 menit beberapa kali sehari. Teknik ini bisa melemaskan otot sfingter dan sangat bagus dilakukan setelah selesai BAB.

2. Setelah merendam dengan air hangat barulah kamu bisa mengoleskan salep ambeien. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengoleskan salep ambeien. 

3. Kompres dingin. Kamu juga bisa meredakan nyeri ambeien dengan cara mengompres area anus dengan kompres dingin selama beberapa menit untuk meredakan pembengkakan. 

4. Pakaian longgar. Mengenakan celana longgar berbahan kain katun dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di area pembengkakan anus. 

5. Diet tinggi serat. Hanya dengan mengolesi salep ambeien tidak akan membantu meredakan nyeri dan pembengkakan ambeien bila tanpa diiringi perubahan gaya hidup, terutama pola makan. Pola makan yang kaya akan makanan berserat tinggi dan dengan sedikit makanan olahan direkomendasikan buat pengidap ambeien. Sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah jenis makanan yang membantu menghindari sembelit.

6. Pelunak feses. Jika kamu tidak mendapatkan cukup serat dari makanan, dokter mungkin merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi suplemen serat atau pelunak feses. Jangan minum obat pencahar, karena bisa menyebabkan diare yang bisa mengiritasi wasir.

7. Tetap terhidrasi. Minumlah tujuh hingga delapan gelas air setiap hari atau lebih jika kamu sangat aktif atau tinggal di iklim panas. 

Referensi:
Halodoc. Diakses pada 2021. ULTRAPROCT-N CREAM 10 G.
WebMD. Diakses pada 2021. Hemorrhoids Treatment.
Very Well Health. Diakses pada 2021. The 7 Best Over-the-Counter Hemorrhoid Treatments of 2021.