5 Cara Memutihkan Selangkangan yang Hitam

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2024

“Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi selangkangan yang hitam. Mulai dari menggunakan campuran minyak kelapa dan air lemon, scrub gula, hingga menggunakan irisan kentang.”

5 Cara Memutihkan Selangkangan yang Hitam5 Cara Memutihkan Selangkangan yang Hitam

Halodoc, Jakarta – Kulit area selangkangan yang menjadi hitam merupakan hal yang wajar untuk terjadi. Sebab, perubahan warna tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya seperti bertambahnya usia, penumpukan kulit mati, hingga pengaruh hormon yang kurang stabil. 

Meski begitu, area selangkangan yang menghitam tentunya dapat menurunkan rasa kepercayaan diri banyak orang. Nah, ada beberapa cara sederhana untuk memutihkan selangkangan yang hitam. Penasaran apa saja caranya? Yuk simak infonya di sini!

Cara Efektif Memutihkan Selangkangan yang Hitam

Jika kamu termasuk sebagai seseorang yang memiliki selangkangan hitam dan merasa kurang percaya diri karenanya, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Minyak kelapa dan air lemon

Lemon kaya vitamin C dan dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi, sementara minyak kelapa bermanfaat sebagai pelembab kulit.  Nah, kamu dapat mencampurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus lemon. Selanjutnya, gosokan “lulur” tersebut pada area hitam dan pijat selama 10 menit atau lebih. Terakhir, pastikan untuk mencuci bersih area tersebut. 

Jika selangkangan jadi gatal, redakan dengan konsumsi obat-obatan. Mau tahu apa saja rekomendasinya? Cek di sini: “5 Jenis Obat Gatal Selangkangan yang Ampuh dan Aman”. 

2. Menggunakan bubuk kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa pigmen berwarna kuning atau oranye yang dipercaya dapat memutihkan selangkangan yang hitam dengan cepat. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk dioleskan pada area selangkangan. 

Selanjutnya, diamkan lulur tersebut selama 20 hingga 30 menit. Lakukanlah perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Mentimun

Buah yang satu ini diperkaya dengan berbagai mineral dan vitamin di dalamnya. Nah, untuk memutihkan selangkangan, kamu bisa memarut timun secukupnya.

Selanjutnya, gosok area selangkangan selama 30 menit dan bilaslah menggunakan air hangat. Menariknya lagi, jus ketimun atau irisannya juga dapat mengurangi iritasi dan mengencangkan kulit selangkangan.

4. Scrub gula

Gula dapat membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Nah, bila kulit selangkangan yang menghitam diakibatkan oleh penumpukan kulit mati, maka penggunaan scrub gula dapat kamu coba.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Oleskan dan gosok secara perlahan scrub tersebut pada area kulit selangkangan yang hitam. Selanjutnya, pastikan untuk membilasnya secara bersih untuk menghilangkan scrub.

Jika kamu mulai mengalami iritasi, segera atasi dengan konsumsi obat-obatan. Cek rekomendasinya di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Iritasi Selangkangan Lecet”. 

5. Irisan kentang

Enzim catecholase yang terkandung pada irisan kentang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, irislah kentang lalu gosokan irisan tersebut pada kulit selangkangan yang menghitam selama 15 menit. Kemudian, bilaslah kulit hingga bersih.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara menggunakan bahan alami yang diyakini dapat memutihkan kulit selangkangan yang hitam. Nah, bagi kamu yang sedang mencoba perawatan tersebut atau belum mengalami perubahan warna selangkangan, sebaiknya hindarilah faktor pemicunya. Contohnya penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, hingga mencukur bulu kemaluan terlalu sering.

Apabila perawatan sudah dilakukan tapi selangkangan yang hitam tidak kunjung membaik, kamu bisa temukan obat, suplemen, dan produk perawatan kulit lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Dark Inner Thighs and How Can You Treat and Prevent This Symptom?
Kompas. Diakses pada 2021. 6 Cara Memutihkan Selangkangan dengan Alami 
Nakita. Grid. Diakses pada 2021. WOW, Ternyata Selain Mendeteksi Kehamilan, Pasta Gigi Juga Bisa Memutihkan Selangkangan loh

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan