5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin yang Efektif

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Juli 2022

“Meningkatkan kecerdasan pada anak bisa dimulai sejak masih dalam kandungan. Ibu bisa memulainya dengan membiasakan bicara dan membaca pada janin selama menjalani masa kehamilan.”

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin yang Efektif5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin yang Efektif

Halodoc, Jakarta – Cara pertama yang mungkin muncul di benak ibu untuk membuat Si Kecil lebih cerdas sejak dalam kandungan adalah memainkan musik klasik.  Akan tetapi, meski membantu ibu untuk menjadi lebih rileks, tidak ada penelitian yang berhasil membuktikan adanya hubungan antara mendengarkan musik klasik saat hamil dan peningkatan kecerdasan bayi.

Lantas, bagaimana sih cara meningkatkan kecerdasan janin sejak di dalam kandungan?

Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin

Apabila mendengarkan musik klasik tidak memberikan hasil nyata terhadap kecerdasan anak, maka adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan janin sejak dalam kandungan? Nah, berikut yang bisa ibu coba:

1. Olahraga Teratur

Cara meningkatkan kecerdasan janin pertama yaitu melalui olahraga. Saat berolahraga, tubuh akan melepas hormon endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati, yang sebenarnya mengarah ke bayi. Olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk rahim, yang selanjutnya akan merangsang perkembangan bayi secara keseluruhan.  

Sebuah studi dalam The Scientific World Journal telah menemukan bahwa latihan aerobik selama kehamilan juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi, membantu meningkatkan fungsi otak, dan pembelajaran spasial.

2. Mengonsumsi Ikan

Mengonsumsi ikan membantu ibu hamil meningkatkan skor kognitif bayi dan dapat mengurangi risiko gejala awal autisme. Sebuah studi dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi tiga hingga empat porsi ikan setiap minggu memiliki skor IQ 2,8 persen lebih tinggi, daripada anak yang lahir dari ibu yang makan lebih sedikit ikan. 

Ikan dengan kandungan lemak baik seperti salmon dan sarden menunjukkan efek paling kuat. Selain membantu menunjang kognitif bayi yang lebih sehat, ikan sarden dan salmon juga mengandung lebih sedikit merkuri dibandingkan dengan ikan yang lebih besar.

3. Konsumsi Telur

Siapa sangka, ternyata konsumsi telur juga menjadi cara meningkatkan kecerdasan janin yang bisa dibilang efektif. Mengonsumsi telur selama kehamilan dapat membantu bayi menjadi pembelajar yang lebih cepat dengan memori yang lebih baik. Kuning telur dikemas dengan kolin, anggota keluarga vitamin B yang disebut sangat baik untuk otak bayi. Meski demikian, konsumsinya juga tidak boleh berlebihan dan harus diimbangi dengan berbagai menu sehat lainnya. Sebab, kuning telur juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

3. Menghindari Minuman Beralkohol dan Rokok

American Academy of Pediatrics sangat menyarankan agar tidak merokok dan mengonsumsi minuman alkohol ketika hamil. Mengonsumsi minuman beralkohol selama kehamilan adalah salah satu penyebab utama cacat lahir dan ketidakmampuan belajar pada bayi baru lahir. Bahkan, tidak ada jumlah minimal konsumsi minuman beralkohol yang dianggap aman untuk ibu hamil. 

4. Berbicara dan Membaca untuk Si Kecil

Sebuah studi dalam The Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menyebutkan, ketika ibu hamil diberi rekaman untuk diputar menjelang akhir kehamilan yang menyertakan kata yang dibuat-buat, bayi dapat mengenali kata dan variasinya setelah lahir. Bayi yang paling sering mendengar rekaman memiliki respons terkuat, menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa dimulai di dalam rahim.  

Penting untuk dicatat, meskipun berbicara dengan keras kepada bayi dapat membantu pengenalan kata awal, tidak ada bukti ilmiah bahwa hal tersebut meningkatkan kecerdasan bayi dalam jangka panjang. Meski begitu, tindakan ini bisa membantu bayi untuk mengenali suara, terutama suara orang tuanya.

Suara ibu menjadi suara yang paling dikenali yang dapat membantu menenangkan dan membuat bayi merasa aman. Oleh karena bayi dapat mengenali suara pertama yang didengar bayi saat di dalam rahim, membaca untuk mereka juga membantu membentuk ikatan.

Selain itu, ibu juga tidak boleh lupa untuk memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin. Ibu bisa membuat Janji Medis pemeriksaan kehamilan melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Play Store. 

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2022. 5 Ways to Make Baby Smarter Before Birth.
The Scientific World Journal. Diakses pada 2022. Maternal Aerobic Exercise during Pregnancy Can Increase Spatial Learning by Affecting Leptin Expression on Offspring’s Early and Late Period in Life Depending on Gender.
American Journal of Epidemiology. Diakses pada 2022. Maternal Consumption of Seafood in Pregnancy and Child Neuropsychological Development: A Longitudinal Study Based on a Population With High Consumption Levels.
The Proceedings of the National Academy of Sciences. Diakses pada 2022. Learning-induced neural plasticity of speech processing before birth.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan