• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Malam di Masa Pandemi

5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Malam di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Malam di Masa Pandemi

“Kualitas tidur perlu dijaga, termasuk di masa pandemi. Namun, di tengah kondisi yang serba tidak menentu seperti ini, tidur nyenyak di malam hari mungkin tidak lagi mudah untuk didapatkan. Padahal, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa bekerja dengan baik dan menghindari risiko terserang penyakit.

Halodoc, Jakarta – Kualitas tidur yang baik adalah kunci menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi. Setelah seharian beraktivitas dan melewati banyak hal, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup pada malam hari. Namun, di tengah kondisi yang serba tidak menentu seperti saat ini, tidur nyenyak di malam hari mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. 

Padahal, kurang tidur bisa memicu terjadinya gangguan, seperti tubuh tidak berenergi, kesulitan berkonsentrasi, daya pikir menurun, serta bisa memicu masalah kesehatan jangka panjang. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7–8 jam setiap malam. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur di masa pandemi? 

Baca juga: Pentingnya Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur agar Tubuh Sehat

Ada terapi bernama sleep hygiene yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas tidur. Berikut ini 5 langkah mudah yang bisa dilakukan: 

  1. Waktu yang Sama 

Pastikan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Cara ini bisa membantu tubuh mengenali ritme tidur yang konsisten dan akan secara otomatis menerapkannya. Selain waktu yang sama, pastikan juga untuk tidur cukup, yaitu 7–8 jam setiap malam. 

  1. Rutinitas sebelum Tidur 

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat rutinitas sebelum tidur, hal ini bisa membantu tidur lebih cepat. Cobalah untuk melakukan rutinitas yang sama setiap hari, misalnya pada 30–60 menit sebelum tidur. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau menulis buku harian. 

Baca juga: Benarkah Insomnia & Stres Bikin Berat Badan Gampang Naik?

  1. Buat Kamar Nyaman 

Lingkungan sekitar juga berpengaruh pada kualitas tidur. Untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, cobalah untuk mengatur dan membuat kamar tidur lebih nyaman. Kamu bisa mematikan lampu saat tidur, membatasi suara atau penerangan, serta mengatur suhu kamar hingga terasa nyaman dan ideal untuk tidur. Selain itu, menjauhkan ponsel dan laptop serta mematikan televisi juga bisa membantu mempercepat tidur dan meningkatkan kualitasnya. 

  1. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Saat merasa lelah di tengah-tengah aktivitas harian, kamu bisa mengambil waktu sebentar untuk tidur siang. Namun, pastikan untuk membatasi waktunya alias jangan tidur siang terlalu lama. Pasalnya, hal ini bisa membuat kesulitan tidur di malam hari dan berujung pada penurunan kualitas tidur. 

  1. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Meningkatkan kualitas tidur juga bisa dilakukan dengan membatasi asupan makanan atau minuman tertentu, terutama menjelang waktu tidur. Hindari mengonsumsi makanan berat, pedas, dan makan dalam porsi besar. Selain membuat sulit tidur, hal ini bisa mengganggu pencernaan dan membuat tubuh mudah terbangun pada malam hari. Sebelum tidur, disarankan juga untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok. 

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan menerapkan gaya hidup sehat, rutin berolahraga, serta mengelola stres. Di tengah pandemi, sangat penting untuk selalu berpikir positif agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Jika hal-hal di atas tetap tidak banyak membantu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Bisa jadi, susah tidur yang terjadi merupakan gejala penyakit tertentu. 

Baca juga: 3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mencari daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan dapatkan rekomendasi rumah sakit sesuai kebutuhan. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dokter. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sleep tips: 6 steps to better sleep.
Healthline. Diakses pada 2021. The Effects of Sleep Deprivation on Your Body.
Sleep Foundation. Diakses pada 2021. Sleep Hygiene.