• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

5 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Oktober 2022

“Tanpa penglihatan yang baik, aktivitas dan kegiatan harian menjadi terganggu. Gerakan olahraga mata yang bisa dilakukan adalah latihan 20-20-20, mengubah fokus dan menggerakkan mata.”

5 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat5 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

Halodoc, Jakarta – Olahraga mata jadi salah satu gerakan guna menjaga fungsi mekanis dan optik mata. Fungsi mekanis sendiri merupakan kemampuan untuk mengoordinasikan otot-otot mata.

Sementara fungsi optik adalah meningkatkan kemampuan penglihatan dan fokus mata. Cara kerjanya dengan meneruskan rangsangan cahaya hingga ke otak, sehingga objek penglihatan bisa terlihat dengan jelas.

Guna meningkatkan kesehatan mata, kamu bisa melakukan beberapa gerakan. Di antaranya latihan 20-20-20, mengubah fokus pandangan, fokus melihat jarak jauh dan dekat serta menggerakkan mata.

Gerakan Olahraga Mata

1. Latihan 20-20-20

Metode ini efektif mengatasi mata kejang akibat seharian menatap layar gadget. Caranya, alihkan pandangan dengan melihat sebuah objek yang berada dalam jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Tatap objek tersebut selama 20 detik. Lakukan setiap 20 menit sekali.

2. Latihan Mengubah Fokus

Gerakan ini dilakukan sembari duduk. Caranya, letakkan satu jari di depan salah satu mata. Fokuskan pandangan pada jari tersebut, lalu jauhkan jari dari wajah. Kemudian, alihkan pandangan pada objek lain, lalu kembali fokuskan pandangan pada jari. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali hingga mata terasa nyaman. 

3. Latihan Fokus Dekat dan Jauh

Gerakan olahraga mata ini dilakukan sambil duduk. Caranya, letakkan ibu jadi dalam jarak 25 sentimeter dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari selama 15 detik. Kemudian, alihkan pandangan pada objek lain yang berada 3 hingga 6 meter selama 15 detik. Lalu kembalikan fokus pada ibu jari. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali.

4. Gerakan Angka 8

Olahraga ini dilakukan dengan memfokuskan pandangan berjarak 8 kaki pada sebuah objek di lantai. Kemudian, putar bola mata membuat gerakan angka 8 sembari menatap lantai. Lakukan gerakan ini selama 30 detik. Lalu ubah gerakan ke arah sebaliknya.

5. Menggerakkan Mata

Gerakan olahraga mata ini bermanfaat untuk mengatasi ketegangan mata. Caranya, tutup mata dan gerakkan bola mata ke atas ke bawah. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali. Lalu, gerakkan bola mata ke kiri ke kanan. Ulangi sebanyak 3 kali. 

6. Pencil Pushups

Gerakan ini efektif mengatasi gangguan mata ketika kedua bola mata tidak mampu bergerak secara bersamaan. Pencil pushups juga efektif mengatasi mata tegang, sakit kepala dan penglihatan buram.

Caranya, pegang pensil dan bentangkan di depan wajah. Fokuskan pandangan pada suatu objek di belakang pensil. Kemudian, gerakkan pensil ke bawah hingga sejajar dengan hidung, sampai objek di belakang pensil hilang. 

Lalu, letakkan pensil di dekat wajah dan fokuskan pandangan pada pensil tersebut. Guna memaksimalkan manfaatnya, lakukan gerakan olahraga mata ini sebanyak 20 kali dalam sehari.

Jika sudah rutin melakukan gerakan olahraga mata, kamu juga mesti memenuhi asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi vitamin A misalnya wortel, bayam dan salmon, alpukat.

Selain itu, kamu juga bisa mencukupi asupan vitamin A dengan mengonsumsi multivitamin tambahan. Untuk mendapatkannya, silakan download Halodoc segera dan cek kebutuhan multivitamin di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Eye Exam.
WebMD. Diakses pada 2022. Eye Exercises.