5 Gerakan untuk Meningkatkan Kekuatan Lengan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Juli 2022

“Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kekuatan lengan. Seperti misalnya gerakan wide curl dan push up.”

5 Gerakan untuk Meningkatkan Kekuatan Lengan5 Gerakan untuk Meningkatkan Kekuatan Lengan

Halodoc, Jakarta – Lengan yang kuat membantu kamu untuk lebih efektif melakukan berbagai aktivitas. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat lengan menjadi lebih kuat, salah satunya dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang terlalu rumit, dengan melakukan latihan sederhana yang difokuskan pada lengan, kamu bisa meningkatkan kekuatan lengan lebih optimal.

Jika kamu memilih melakukan latihan ringan dengan gerakan yang sederhana, pastikan kamu melakukannya dengan rutin agar manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal. Yuk, simak ulasan mengenai berbagai gerakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan lengan berikut ini!

Lakukan Ini untuk Meningkatkan Kekuatan Lengan

Saat kamu berlatih untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, sebaiknya jangan lupakan bagian lengan. Dengan meningkatkan kekuatan lengan, tentunya kamu akan lebih mudah untuk menjalankan aktivitas sehari-hari yang meliputi kegiatan mengangkat, mengayun, atau melempar.

Selain itu, kekuatan lengan yang optimal bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tulang dalam jangka waktu panjang. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tulang.

Agar latihan yang kamu lakukan semakin optimal, kamu bisa menggunakan alat untuk menunjang latihan lengan dengan dumbbell atau barbel. Yuk, lakukan berbagai gerakan yang bisa meningkatkan kekuatan lengan, seperti:

1. Wide Curl

Berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu dengan kedua lengan berada di sisi tubuh. Pegang barbel pada masing-masing tangan. Kemudian, hadapkan tangan ke luar tubuh. 

Selanjutnya, angkat barbel secara perlahan hingga tangan membentuk siku. Angkat barbel hingga mendekati bahu. Terakhir, turunkan barbel secara perlahan hingga posisi awal. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

2. Bicep Curl

Serupa dengan wide curl, posisikan tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Pegang barbel pada masing-masing tangan dan letakkan pada sisi tubuh. Kemudian, angkat barbel ke arah depan hingga menyentuh area dada. Kemudian, posisikan kembali tubuh seperti gerakan awal.

3. Push Up

Gerakan push up juga membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan lengan. Kamu bisa melakukan gerakan ini secara rutin setiap harinya. Selain dapat meningkatkan bagian lengan, gerakan push up juga bisa membantu kamu untuk memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh.

Gunakan matras atau alas yang tepat saat kamu melakukan push up untuk menghindari cedera akibat gerakan ini. Lakukan juga dengan jumlah yang disesuaikan kondisi tubuh.

4. Wall Angels

Gerakan ini bisa meningkatkan kekuatan lengan, khususnya bagian bahu. Selain itu, wall angels membantu kamu membuat fleksibilitas bagian bahu menjadi lebih baik.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu perlu berdiri di depan dinding. Kemudian, bagian bahu hingga tulang ekor bersentuhan dengan dinding. Buatlah jarak antara kaki dan dinding sekitar beberapa 30 sentimeter. 

Selanjutnya, tekuk lutut kaki hingga posisi menyerupai duduk. Angkat tangan hingga menempel dinding. Terakhir, kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 12 kali.

  1. Plank Tap

Gerakan ini adalah variasi dari gerakan plank. Plank tap bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan bahu dan tangan.

Pertama posisikan tubuh dalam gerakan plank. Kemudian, angkat tangan kanan untuk menyentuh bahu kiri. Lakukan hal sebaliknya. Biarkan salah satu tangan menumpu tubuh saat satu tangan menyentuh bahu. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 – 12 kali.

Itulah beberapa gerakan yang bisa meningkatkan kekuatan lengan. Pastikan kamu menggunakan peralatan dan pakaian yang sesuai untuk menghindari cedera saat berlatih. 

Jika mengalami cedera, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kamu bisa membuat janji pemeriksaan menggunakan aplikasi Halodoc. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 8 Weight-Free Exercises to Tone Your Arms.
Everyday Health. Diakses pada 2022. The Best Exercises for Strengthening Every Muscle in Your Arms.
True. Diakses pada 2022. 10 Simple Arm-Strengthening Exercises.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan