• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Juni 2022

“Menggunakan softlens bisa saja membahayakan mata, terutama ketika kamu tidak menjaga kebersihan, batas waktu penggunaan, dan tingkat sensitivitas mata.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya untuk penampilan saja, kebanyakan orang memilih menggunakan softlens ketimbang kacamata adalah karena kepraktisannya. Softlens tidak akan buram saat terkena uap seperti halnya kacamata. Ia juga memberikan sudut pandang yang lebih luas, tidak akan memantulkan cahaya, dan memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk beraktivitas. 

Jika kamu memiliki gaya hidup yang aktif, penggunaan softlens  juga akan membantu kamu bekerja lebih fleksibel, bergerak lebih cepat, dan efisien. Namun, di balik segala kemudahan yang diberikannya,  tentu ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan supaya kesehatan mata tetap terjaga. Yuk simak informasi selengkapnya di sini!

Ragam Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Softlens 

Ingat, penggunaaan softlens bisa saja malah membahayakan mata. Terutama ketika kamu tidak menjaga kebersihan dan kedisiplinan penggunaan. Yuk, simak di sini hal-hal yang perlu diperhatikan buat kamu yang menggunakan lensa kontak!

1. Jaga Kebersihannya

Sebelum memakai dan melepasnya, cuci tanganmu dulu sampai bersih dengan menggunakan sabun. Pastikan kukumu juga pendek dan bersih untuk menghindari lensa kontak robek atau kuku menggores mata sendiri.

Dalam keadaan apapun, jangan pernah mencuci lensa dengan air keran. Kamu juga harus selalu menggunakan cairan khusus untuk membersihkan serta merendamnya ketika proses penyimpanan. 

Jangan lupa juga untuk senantiasa membersihkan wadah lensa kontak setiap kali kamu selesai menggunakannya. Bersihkan dengan air bersih atau hangat, kemudian keringkan. 

2.  Ketahui Batas Waktu Penggunaan Softlens

Jangan pernah menggunakan lensa selama satu harian penuh tanpa melepasnya sama sekali. Penggunaan lensa sebenarnya memiliki batas waktunya. Namun setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan batas waktu pemakaiannya. 

Hitungan waktu pemakaian sangat terkait dengan kondisi bola mata masing-masing. Seseorang bisa saja hanya boleh menggunakannya selama 6 jam, tapi orang lain mungkin bisa lebih lama karena kondisi bola matanya lebih baik. Rentang waktunya bisa berbeda-beda tiap orang. 

Pemakaian softlens melebihi batas bisa menyebabkan iritasi dan merusak mata. Jadi, batasi penggunaannya, maksimal 8 jam per hari dan ganti tempatnya setiap tiga bulan sekali. 

3.  Pemakaian Softlens dan Makeup Bersamaan

Buat kamu yang terbiasa menggunakan makeup, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan softlens dan makeup secara bersamaan. Usahakan sebaik mungkin agar lensa tidak terkontaminasi dengan produk kecantikan.

Urutan yang benar adalah pasang dahulu softlens pada mata, baru setelahnya gunakan makeup. Urutan ini dilakukan supaya lensa tidak terkena makeup. Namun. jika ingin membersihkan makeup, lepaskan dulu lensa dari mata. Kamu juga harus hati-hati jika ingin menggunakan hairspray agar jangan sampai mengenai mata.

4.  Sensitivitas Mata

Sensitivitas mata juga perlu diperhatikan. Apakah matamu terasa gatal atau alergi ketika menggunakan lensa kontak? Mata setiap orang memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadapnya. 

Ada yang langsung bereaksi, ada juga yang baru muncul reaksi setelah beberapa tahun pemakaian. Bagi kamu yang tidak tahan alergi, sebaiknya jangan diteruskan memakai lensa kontak.

Untuk menjaga agar mata tetap lembap, gunakan cairan khusus yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Jangan mengenakan lensa kontak saat berenang. Atau kamu bisa mengenakan kacamata renang untuk melindungi lensa kontak sekaligus mata.

Jika matamu merah, bengkak dan penglihatan menjadi buram karena menggunakan lensa kontak, segera cari dan temui dokter mata. Kamu bisa mendiskusikan dengan dokter mata terbaik mengenai keluhan mata yang kamu alami lewat aplikasi Halodoc.

Setiap weekend, Halodoc punya promo menarik seputar kesehatan kulit dan kecantikan. Lewat program Weekend BAE,  kamu bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dengan harga terjangkau. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Southwestern Eye Center. Diakses pada 2022. Switching from Glasses to Contacts: Pros and Cons.
Opticarevision.com. Diakses pada 2022. 8 Rules for Keeping Your Eyes Safe with Contact Lenses.
WebMD. Diakses pada 2022. Contact Lenses for Beginners: Tips for the First Time.