5 Jenis Olahraga yang Membantu Tingkatkan Kesuburan Pria

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Januari 2022
5 Jenis Olahraga yang Membantu Tingkatkan Kesuburan Pria5 Jenis Olahraga yang Membantu Tingkatkan Kesuburan Pria

"Tak hanya wanita, pria juga perlu memerhatikan kesuburannya agar peluang kehamilan bisa berhasil. Artinya, pria perlu menjaga kesehatan tubuhnya dan rutin berolahraga agar bisa semakin subur. Ada beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan pria untuk tingkatkan kesuburannya."

Halodoc, Jakarta - Olahraga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. Dengan kata lain, rutin berolahraga mampu meningkatkan peluang kehamilan bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Namun, olahraga jenis apa yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan pria? Berikut ini beberapa jenis olahraga tersebut:

1. Olahraga Ringan

Jika kamu belum terbiasa berolahraga, disarankan untuk memulai aktivitas dari olahraga ringan, seperti berenang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap hari, atau setidaknya 5 kali dalam seminggu. Lakukan beberapa putaran saja per sesi. Meskipun terbilang ringan, tetapi berenang dapat meningkatkan kualitas sperma, lho.

2. Joging

Dari hasil penelitian yang dilakukan, joging dinilai dapat membantu meningkatkan kecepatan, bentuk, dan volume sperma seorang pria. Aktivitas ini melibatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan, sehingga dapat meningkatkan kadar antioksidan yang bersifat melindungi sperma. Bukan itu saja, joging juga efektif dalam menurunkan lemak tubuh, khususnya lemak perut. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria.

3. Angkat Beban

Olahraga angkat beban yang dilakukan setidaknya 2 jam atau lebih dalam seminggu efektif dalam meningkatkan jumlah sperma hingga 25 persen, lho. Bukan itu saja, penelitian juga mengatakan bahwa angkat beban mampu meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan sensitivitas insulin yang berkaitan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi.

4. Treadmill

Olahraga lainnya untuk meningkatkan kesuburan pria adalah treadmill. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan olahraga ini setidaknya 3 sesi per 50 menit dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, bahkan pada pria dengan obesitas dan gaya hidup tidak aktif bergerak.

5. Yoga atau Pilates

Cara meningkatkan kesuburan pria yang terakhir adalah dengan melakukan yoga atau pilates. Meskipun kedua jenis olahraga tersebut lebih sering dilakukan oleh wanita, bukan berarti pria tidak boleh melakukannya, lho. Yoga dan pilates merupakan kombinasi latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Hal tersebut mencakup pada mobilitas dan produksi sperma.

Beberapa pose yoga juga dinilai dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh, yang berujung pada meningkatkan hormon testosteron pada pria. Kedua latihan tersebut dapat meningkatkan gairah seksual, sehingga memengaruhi peluang kehamilan. 

Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mencoba sejumlah olahraga tersebut? Itu dia beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Meskipun terbukti efektif, kamu tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan, ya. Jika dilakukan secara berlebihan, alih-alih sehat, kamu justru bisa saja mengalami sejumlah masalah kesehatan. Di samping olahraga, kamu bisa menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan fitur Toko Kesehatan di aplikasi Halodoc

Referensi:
Insider.com. Diakses pada 2022. 6 ways to increase sperm count and improve male fertility.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
Progyny.com. Diakses pada 2022. How You Can Improve Male Fertility with Exercise and Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan