• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Oktober 2022

“Sepak bola menjadi olahraga permainan yang banyak digemari kaum pria. Olahraga ini ternyata tak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga menunjang kesehatan mental dan emosional.”

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Jika membicarakan olahraga yang diminati kaum pria, jawabannya pasti tidak jauh dari sepak bola. Terlebih, tak lama lagi akan dihelat turnamen sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia, Piala Dunia 2022 di Qatar pada bulan November hingga Desember mendatang.

Olahraga sepak bola sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan jantung, sehingga baik dilakukan semua orang dari segala usia. Sepak bola juga bisa menjadi olahraga yang bagus untuk anak-anak yang mungkin tidak memiliki kemampuan atletik tingkat tinggi, tetapi ingin berpartisipasi dalam olahraga tim. 

Manfaat Sepak Bola untuk Kesehatan Mental

Sepak bola sangat bagus untuk menunjang kesehatan fisik karena membuat kamu berlari di sekitar lapangan. Aktivitas ini membantu meningkatkan detak jantung melalui lari. Selain itu, olahraga satu ini juga membantu meningkatkan kekuatan dan stamina.

Namun, manfaat sepak bola sebenarnya tidak hanya untuk kesehatan fisik. Olahraga ini ternyata juga baik untuk mendukung kesehatan mental. Berikut beberapa manfaat sepak bola untuk kesehatan mental yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan suasana hati

Saat berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin. Senyawa ini tidak hanya membantu menghilangkan rasa sakit dan stres yang kamu rasakan, tetapi juga meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan membuat kamu merasa baik.

Berolahraga secara teratur meningkatkan kesejahteraan mental secara umum dalam jangka waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, sepak bola sangat bagus untuk meningkatkan suasana hati, melalui dorongan alami yang didapat dari berolahraga dan melepaskan endorfin.

2. Mengurangi kecemasan, stres, dan depresi

Pelepasan endorfin secara teratur juga membantu mengurangi perasaan stres, kecemasan, atau depresi. Bahkan, rutin berolahraga juga dapat merangsang pelepasan bahan kimia lain seperti dopamin dan serotonin. Kedua senyawa kimia tersebut membantu tubuh untuk mengontrol nafsu makan, dan siklus tidur yang sekali lagi dapat mengurangi kecemasan dan depresi.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental lainnya berkaitan dengan rasa percaya diri. Sepak bola dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, yang sangat penting bagi kesejahteraan emosional seseorang. Ini terutama sangat terlihat dari para pemain sepak bola yang telah melaga sejak lama.

Dengan menetapkan tujuan, bekerja keras untuk mencapainya, dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan baru, para pemain mendapatkan kepercayaan diri dan meningkatkan harga diri mereka. Ini menjadi pengalaman berharga yang membuat mereka memiliki pandangan yang jauh lebih baik tentang diri sendiri.

4. Belajar mengendalikan emosi

Manfaat sepak bola untuk kesehatan mental selanjutnya adalah kamu dapat belajar untuk mengendalikan emosi. Hal tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan secara keseluruhan. 

Kamu menjadi lebih mampu mengendalikan emosi ketika mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam segala hal. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertindak lebih stabil, bijaksana, dan berhati-hati. 

5. Meningkatkan rasa empati

Oleh karena sepak bola adalah olahraga tim, pemain harus bekerja sama dengan rekan satu tim jika ingin memiliki peluang kemenangan yang besar. Ini berarti tidak hanya saling mendukung tetapi juga saling memotivasi dan peduli.

Dengan bekerja sama dengan pemain lain, kamu tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang teman satu tim, tetapi juga lebih memahami karakter orang-orang pada umumnya.

Oleh karena itu, sepak bola sangat meningkatkan empati pemain saat kamu melihat orang lain bekerja keras, menderita kekalahan, dan merayakan kemenangan. 

Perlu diingat bahwa segala bentuk olahraga, termasuk sepak bola, juga sangat rawan dengan cedera. Jadi, selalu awali aktivitas fisik dengan pemanasan untuk melemaskan otot dan mempersiapkan tubuh. Apabila kamu mengalami cedera, segera berhenti bermain dan tanyakan penanganan yang bisa dilakukan pada dokter. 

Cek Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter lebih praktis atau mendapatkan semua kebutuhan medis kamu tanpa menunggu lama. Download Halodoc segera di ponselmu, gratis melalui App Store atau Play Store. 

Referensi:
Soccer Coaching Pro. Diakses pada 2022. 21 Benefits of Playing Soccer (Physical, Emotional, and Mental).
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Soccer – health benefits.
Top Tekkers. Diakses pada 2022. 5 Ways Soccer Can Improve Your Mental Health.