5 Manfaat Cedarwood Oil untuk Kesehatan yang Jarang Dikenali

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Oktober 2022

“Cedarwood oil adalah minyak esensial yang berasal dari daun, kulit kayu dan buah pohon cedar. Manfaatnya mulai dari mencegah rambut rontok hingga meningkatkan suasana hati.”

5 Manfaat Cedarwood Oil untuk Kesehatan yang Jarang Dikenali5 Manfaat Cedarwood Oil untuk Kesehatan yang Jarang Dikenali

Halodoc, Jakarta – Cedarwood oil berasal dari daun, kulit kayu dan buah pohon cedar. Minyak esensial ini diekstraksi melalui tiga cara destilasi, yakni uap, karbon dioksida dan pengepresan dalam suhu dingin.

Distilasi sendiri merupakan proses pemisahan kandungan yang berdasarkan pada titik didih dan tekanan uap. Essential oil dari pohon cedar biasanya dilakukan dengan teknik destilasi uap.

Minyak ini bersifat antiseptik, antimikroba, antiinflamasi, diuretik dan antijamur yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Manfaatnya mulai dari mencegah rambut rontok hingga meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat Cedarwood Oil

1. Mencegah Masalah Rambut

Olesan cedarwood oil mampu mencegah alopecia areata. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit autoimun. Sistem kekebalan tubuh pengidap akan menyerang dan merusak akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan kebotakan.

Manfaat tersebut dibuktikan lewat penelitian pada tahun 1998 yang dituangkan dalam Archives of Dermatology Trusted Source. Hasilnya menunjukkan bahwa pengidap mengalami pertumbuhan rambut yang signifikan.

Caranya dengan melakukan pijatan kulit kepala menggunakan campuran minyak cedarwood, thyme, rosemary dan lavender. Oleskan beberapa campuran bahan alami tersebut ke kulit kepala selama tujuh bulan.

2. Mencegah Eksim Kulit Kepala

Eksim di kulit kepala disebabkan oleh penyakit dermatitis seboroik. Kondisi ini menyebabkan kulit kepala jadi memerah dan muncul ruam dengan bercak bersisik yang terasa gatal.

Penyakit ini menyebabkan kulit kepala jadi kering, mengelupas dan muncul ketombe membandel. Dermatitis seboroik bisa dicegah dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak cedarwood.

Efek antiinflamasinya dapat mengurangi dan menenangkan kulit kepala yang gatal serta mengelupas. Kamu juga bisa menambahkan 4 hingga 5 tetes minyak pada sampo atau kondisioner.

3. Mencegah Penyakit Kulit

Cedarwood oil bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Sifat tersebut mengurangi dan meredakan jerawat yang membandel. Caranya dengan menambahkan menggunakan minyak sebagai masker wajah.

Tambahkan 3 tetes minyak pada masker wajah, lalu aplikasikan dan diamkan selama 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Minyak esensial ini juga efektif mengatasi gangguan kulit lain. Misalnya, mengurangi munculnya bekas luka, mengobati luka ringan, mengurangi rasa sakit akibat radang sendi dan meredakan gejala eksim.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Aromaterapi menggunakan cedarwood oil efektif meningkatkan kualitas tidur seseorang. Cara kerjanya ibarat obat penenang yang memberikan efek nyaman dan kantuk.

Selain digunakan sebagai aromaterapi, cara lainnya adalah menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air hangat. Kemudian, berendam di dalam bak selama 30 menit.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Cedarwood oil memberikan efek menenangkan, sehingga efektif meredakan rasa cemas berlebihan dan stres. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengoleskan minyak ke tubuh sebelum tidur.

Namun, pastikan untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakannya. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir dampak, seperti reaksi alergi.

Caranya, olesi tangan menggunakan cedarwood oil. Diamkan dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi berupa kemerahan, gatal atau perih, silakan lanjutkan penggunaan.

Namun, jika muncul reaksi yang disebutkan, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Cedarwood Essential Oil.
Healthline. Diakses pada 2022. What You Need to Know About Cedarwood Essential Oil.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan