5 Manfaat Kerang Tahu dan Cara Tepat Mengolahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Januari 2023

“Kerang tahu mengandung nutrisi baik, seperti kalori, lemak, natrium, karbohidrat, protein, magnesium, seng, kolin, dan vitamin B. Salah satu manfaatnya, yakni membantu menjaga kesehatan selama kehamilan.”

5 Manfaat Kerang Tahu dan Cara Tepat Mengolahnya5 Manfaat Kerang Tahu dan Cara Tepat Mengolahnya

Halodoc, Jakarta – Kerang tahu atau kerang kepah adalah hewan air tawar yang ditemukan di hutan bakau darah tropis dan subtropis. Cangkangnya bertekstur tebal dan halus, serta berwarna putih.

Kerang tahu mengandung kalori, lemak, natrium, karbohidrat, protein, magnesium, seng, selenium, kolin, dan vitamin B. Di dalamnya juga terdapat asam lemak esensial berupa omega-3.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, kerang tahu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan.

Nutrisi dan Manfaat Kerang Tahu bagi Kesehatan

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram sajian kerang tahu rebus, antara lain:

  • Kalori: 137 kilokalori.
  • Lemak: 1 gram.
  • Natrium: 660 miligram.
  • Karbohidrat: 6.3 gram.
  • Protein: 24 gram.
  • Magnesium: 44 miligram.
  • Seng: 1.8 miligram.
  • Selenium: 25.5 mikrogram.
  • Kolin: 129.4 mikrogram.
  • Vitamin B12: 2.5 mikrogram.

Adapun manfaat yang diperoleh berkat kandungan nutrisi di atas, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kerang adalah sumber protein yang rendah lemak. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Asupan tersebut juga dapat mencegah kerusakan arteri akibat peradangan.

2. Menjaga kesehatan kehamilan

Zat besi, vitamin B12, kalsium, seng, dan protein di dalam kerang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin selama proses kehamilan. Untuk mendapatkan kegunaannya, pastikan memasak makanan ini sampai benar-benar matang.

3. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Kerang mengandung taurin, yakni asam amino alami yang terdapat di jantung, darah, retina, dan otak. Nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. Cara kerjanya dengan melancarkan peredarah darah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, magnesium, selenium, dan protein di dalam kerang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kombinasi dari seluruh nutrisi tersebut dapat mencegah kerapuhan tulang terkait dengan usia.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kerang mengandung protein tinggi dan rendah lemak yang dapat membantu mempertahankan sekaligus menurunkan berat badan. Manfaatnya dapat dirasakan dengan baik ketika mengombinasikan kerang dengan pola hidup sehat lainnya. Misalnya, rutin berolahraga dan banyak minum air putih.

Cara Tepat Mengolah Kerang Tahu

Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mengolah dan memasak kerang tahu dengan cara yang tepat. Pertama-tama, pilih kerang yang segar. Caranya dengan mengetuk cangkang di permukaan yang datang.

Kerang yang bagus tidak akan terbuka meski sudah diketuk dengan sedikit keras. Kemudian, rendam di dalam wadah berisi garam dan air es. Garam di sini berfungsi untuk menghilangkan racun dan kotoran pada cangkang.

Simpan wadah berisi rendaman kerang itu dalam lemari es selama 20 hingga 60 menit. Selanjutnya, cuci kerang sampai bersih. Caranya dengan menggosok cangkangnya secara perlahan. Lalu bilas dengan air mengalir.

Setelah bersih, pilih salah satu dari bawang merah dan putih, daun jeruk, jahe, serta serai. Masukkan bumbu ke dalam air yang direbus dengan api sedang. Lalu masukkan kerang dan rebus selama 5 menit.

Agar matang lebih cepat, disarankan untuk menutup panci selama proses memasak berlangsung. Kerang yang sudah matang bisa terlihat dari bentuk cangkangnya sedikit terbuka.

Meski bermanfaat, makanan sehat ini tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap alergi seafood. Jika mengalami kulit gatal, sakit perut, dan hidung tersumbat akibat alergi makanan, Lakukan langkah perawatan yang tepat agar gejala tidak semakin parah dengan tanya dokter.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Scallops: Are There Health Benefits?
Healthline. Diakses pada 2023. Are Scallops Safe to Eat? Nutrition, Benefits, and More.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Scallop Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan