• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Oktober 2022

“Rutin melakukan lari pagi bisa meningkatkan kesehatan mental. Olahraga ini dinilai bisa menurunkan tingkat stres hingga memperbaiki suasana hati.”

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Menjelang ajang Piala Dunia 2022, banyak masyarakat yang merasakan euforia pesta olahraga sepak bola dengan rutin menjalankan olahraga. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan fisik tetap optimal, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan mental.

Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah lari pagi. Olahraga ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat lari pagi dan berbagai hal yang perlu dipersiapkan agar olahraga bisa berjalan lancar.

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan lari pada pagi hari. Seperti meningkatkan kemampuan gerak tubuh, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan kekuatan otot kaki, hingga membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Manfaat tersebut dapat mencegah kamu terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan kurangnya aktivitas fisik. Namun bukan hanya manfaat secara fisik, rutin menjalankan olahraga lari juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental, seperti:

  1. Menurunkan Tingkat Stres

Melakukan lari secara rutin setiap pagi membantu menurunkan jumlah hormon yang bisa meningkatkan stres, seperti adrenalin dan kortisol. Ketika stres bisa dikelola dengan baik, maka kamu juga akan terhindar dari risiko depresi yang bisa memengaruhi kualitas hidup. Jadi, lakukan olahraga ini secara rutin agar kesehatan mental kamu bisa terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Lari saat pagi hari tentunya dapat meningkatkan suasana hati. Saat kamu berlari, maka sirkulasi darah akan berjalan lebih optimal menuju otak. Ketika kebutuhan darah dan oksigen pada otak terpenuhi dengan baik, kondisi ini akan membuat kamu merasa lebih baik secara fisik dan mental.

  1. Lebih Produktif

Saat kamu sedang merasa jenuh atau tidak semangat untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, sebaiknya luangkan waktu untuk berlari di pagi hari. 

Udara pagi yang segar bisa membantu kamu untuk menjadi lebih semangat dan produktif untuk menjalankan kegiatan selanjutnya. Selain itu, lari pagi juga membuat energi kamu menjadi lebih baik untuk menyambut pekerjaan yang harus dilakukan.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Suasana tubuh yang menjadi lebih baik dan berenergi setelah lari berlari di pagi hari, membuat kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, rutin olahraga membuat persepsi kebugaran dan citra tubuh semakin meningkat. Keduanya terkait langsung dengan peningkatan rasa percaya diri.

  1. Menurunkan Gangguan Cemas

Olahraga ini bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Saat kamu memenuhi kebutuhan tidur, maka suasana hati akan menjadi lebih baik. Hal ini berkaitan dengan penurunan gangguan cemas. 

Lakukan Lari Pagi Secara Tepat

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya ketahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kegiatan ini bisa dijalani dengan baik, yaitu:

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman. Pastikan kamu menggunakan pakaian yang sesuai untuk lari pagi. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu dengan ukuran yang sesuai. 
  • Lakukan Pemanasan. Sebelum berolahraga, pastikan kamu melakukan pemanasan. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai cedera yang berisiko terjadi.
  • Lari Minimal 30 Menit. Untuk memulai kebiasaan ini, sebaiknya lakukan secara perlahan. Mulailah dengan 2 hingga 3 kali dalam satu minggu minimal 30 menit. Setelah kamu bisa melakukannya dengan konsisten, lakukan lebih sering untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.
  • Kenali Kondisi Tubuh. Pastikan kamu tidak memaksakan kondisi tubuh. Kenali tubuh dengan baik, jika kamu sudah merasa lelah, sebaiknya istirahat dan konsumsi air putih untuk mengembalikan energi tubuh.

Itulah hal yang harus diperhatikan agar manfaat lari pagi bisa dirasakan optimal untuk kesehatan mental. Agar kesehatan semakin baik, penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga. 

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Mental Health Benefits of Jogging and Running.
Jump Start. Diakses pada 2022. Mental Health Benefits of Running.
Women’s Running. Diakses pada 2022. 6 Ways That Running Can Improve Your Mental Health.