• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Kulit Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Kulit Wajah

5 Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Kulit Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Desember 2022

"Salah satu manfaat masker kentang adalah mencerahkan wajah yang kusam. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya."

5 Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Kulit Wajah5 Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Tak hanya bisa disantap, kentang ternyata bisa digunakan menjadi masker untuk merawat kulit wajah. Umbi-umbian ini mengandung antioksidan dan beragam zat lainnya, seperti fosfor, sulfur, tembaga, kalium, vitamin B dan vitamin C. Semuanya mampu mencegah masalah kulit maupun menjaga kesehatan kulit wajah.

Salah satu khasiat masker kentang adalah mencerahkan wajah. Senyawa asam azelaic pada kentang mampu menghilangkan bintik hitam, memudarkan hiperpigmentasi dan mengatasi kulit kusam.

Efek ini akan semakin maksimal saat masker dikombinasikan dengan bahan lain, seperti yogurt dan jus lemon. Keduanya mengandung vitamin C dan prebiotik yang mengoptimalkan kinerja masker.

Manfaat Masker Kentang untuk Perawatan Wajah

Berikut manfaat masker kentang untuk perawatan wajah lainnya:

1. Mencegah dan mengobati jerawat

Sebuah penelitian menunjukan, kandungan asam azelaic dan sitokin pada kentang bisa mencegah pembentukan jerawat. Masalah kulit satu ini umumnya disebabkan karena penumpukan sebum di dalam pori-pori kulit. Ketika bercampur dengan minyak, kulit meradang sehingga timbul jerawat. Oleskan masker kentang secara rutin untuk memperoleh manfaat ini.

2. Mencegah tanda-tanda penuaan

Kandungan antioksidannya mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, kentang juga bisa meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini berkat vitamin C dan antioksidan yang memerangi radikal bebas. Senyawa tersebut mampu merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

3. Menyamarkan kantung mata

Senyawa seperti asam askorbat, riboflavin, dan vitamin B yang ada dalam kentang diduga mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan-kandungan tersebut ternyata juga membantu menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bintik-bintik yang berada di sekitar mata.

4. Mengoptimalkan regenerasi kulit

Kentang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa mengoptimalkan proses regenerasi. Efek ini berasal dari kadar vitamin C kentang yang lumayan tinggi.

5. Pelembap alami

Kandungan asam hialuronat yang dihasilkan kentang dapat membantu melembapkan, meregenerasi, dan menghidrasi kulit. Hal ini tentu bisa menjadi alternatif produk perawatan kulit yang mahal.

Cara Membuat Masker Kentang

Sebenarnya kamu bisa membuat masker dengan bahan kentang saja. Akan tetapi, jika ingin hasil yang lebih maksimal, sebaiknya tambahkan bahan-bahan lain seperti lemon dan madu.

Lemon mengandung astringent yang bisa menyerap minyak berlebih, membuka pori-pori yang tersumbat dan mengencangkan kulit. Sedangkan madu membuat kulit tetap lembap. Berikut cara membuat masker kentang dengan bahan tambahan:

Bahan-bahan:

  • 2 sendok teh jus kentang
  • 2 sendok teh air perasanlemon
  • 1/2 sendok the madu madu

Cara penggunaan:

  1. Campurkan kentang dan jus lemon.
  2. Kemudian tambahkan madu ke dalam campuran tersebut, aduk rata.
  3. Oleskan ke seluruh wajah hingga leher.
  4.  Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Be Body Wise. Diakses pada 2022. 15 Secret Potatoes for Face Benefits, Side Effects & More.
Juicy Chemistry. Diakses pada 2022. Potato for Skin.