5 Manfaat Melakukan Facial Detox untuk Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2023

“Facial detox menjadi salah satu perawatan wajah yang tak kalah populer dari facial wash. Prosedur ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, mulai dari menghilangkan minyak berlebih hingga membantu menghilangkan komedo.”

5 Manfaat Melakukan Facial Detox untuk Kecantikan5 Manfaat Melakukan Facial Detox untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Facial detox merupakan metode membersihkan kulit dari semua kotoran yang menempel. Mulai dari paparan polusi udara dan bentuk polutan lainnya. Manfaat facial detox beragam untuk kecantikan kulit wajah, sehingga menjadi prosedur yang cukup tinggi peminatnya. 

Kalau kamu melakukan facial detox, biasanya akan ada perubahan yang nantinya kamu rasakan. Misalnya, prosedur ini akan membuat kulit wajah terlihat memerah dan muncul jerawat. Sebenarnya, hal ini normal terjadi karena tubuh memberikan respons terhadap perubahan. 

Manfaat Facial Detox untuk Kecantikan

Sebenarnya, metode detoks wajah ada banyak. Misalnya, kamu membiasakan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat yang membantu keluarnya racun dari tubuh, rutin membersihkan wajah, dan lainnya. Namun, dari banyaknya manfaat perawatan tersebut, sebenarnya manfaat facial detox yang kamu dapatkan akan sama, yaitu:

1. Membantu menghilangkan kelebihan minyak pada kulit wajah

Salah satu masalah kesehatan kulit wajah yang kerap terjadi pada wanita ketimbang pria adalah kulit berminyak. Kondisi ini bisa mengakibatkan tersumbatnya minyak pada pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat.

Prosedur detoks wajah memiliki fungsi untuk detoksifikasi kulit, caranya yaitu membuang racun dan kelebihan minyak dari dalam tubuh. Hasilnya, kulit akan terlihat tidak mengilap dan pastinya lebih sehat.

2. Manfaat facial detox untuk membasmi komedo

Studi dalam Acta Dermato Venereologica menyebutkan, sebum ternyata memiliki peran yang cukup penting untuk kulit wajah. Salah satunya adalah menjaga agar kulit tetap terhidrasi. 

Kendati demikian, terkadang minyak alami atau sebum pada wajah mengalami kelebihan kadar. Kondisi ini terjadi saat kelebihan sebum membuat pori-pori kulit wajah jadi tersumbat, sehingga jerawat lebih rentan muncul. 

Meski manfaat facial detox paling utama adalah detoksifikasi atau membersihkan kulit dari racun, cara ini juga cukup efektif untuk membantu mengurangi produk minyak alami kulit yang berlebihan. 

Bahkan, manfaat ini tidak hanya membantu mengurangi munculnya komedo pada wajah, tetapi juga membantu menyamarkan flek dan noda pada kulit. 

3. Memberikan suplai oksigen

Sama seperti organ tubuh lain, kulit juga memerlukan oksigen untuk membantu mempercepat pemulihan luka sekaligus meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. 

Studi dalam Skin Research & Technology menyebutkan, kolagen merupakan bahan atau komponen yang begitu penting dalam menjaga kulit tetap sehat. Melalui prosedur detoks wajah, kulit akan mendapatkan suplai oksigen dari gel alami yang tentunya terbuat dari bahan alami pula. 

Pembuatan gel ini memiliki tujuan untuk membantu menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah ke semua sel pada permukaan kulit. Semua proses ini juga membantu meningkatkan oksigenasi pada kulit, yang menjadikannya cara terbaik untuk mendapat kulit yang lebih bercahaya.

4. Wajah terasa lebih awet muda

Mempunyai kulit wajah selalu awet muda pasti menjadi keinginan setiap orang, terutama wanita. Ternyata, ini juga menjadi salah satu manfaat facial detox, yaitu membersihkan permukaan kulit dari tumpukan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. 

Pasalnya, salah satu penyebab kulit terlihat kusam dan menua adalah penumpukan sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan masker wajah dengan bahan dasar charcoal untuk membantu memaksimalkan penampilan wajah bebas penuaan dini. 

5. Suplai nutrisi pada kulit

Melakukan detoks wajah juga bisa kamu coba melalui pemenuhan asupan vitamin C untuk tubuh. Sebab, vitamin satu ini memang sangat populer dengan efek baiknya untuk kulit dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Misalnya, kandungan antioksidan pada vitamin C sangat penting untuk mendukung perkembangan, pertumbuhan, dan regenerasi semua jaringan pada tubuh, tidak terkecuali kulit. 

Lalu, vitamin C juga menjadi salah satu nutrisi yang memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan karena paparan sinar UV, mengurangi peradangan dan pigmentasi, serta meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. 

Oleh karena tubuh tidak membuat vitamin C sendiri, tentu kamu harus mendapat asupan vitamin ini dari makanan, seperti buah-buahan atau melalui detoks wajah. 

Jika ingin mendapatkan manfaat facial detox yang tepat, kamu bisa gunakan Halodoc untuk mencari klinik terbaik. Jadi, pastikan kamu sudah download Halodoc supaya bisa mendapat kemudahan akses kesehatan, termasuk memenuhi kebutuhan medis lebih mudah dan praktis. 

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Adult acne: Understanding underlying causes and banishing breakouts.
Acta Dermato Venereologica. Diakses pada 2023. Study of psychological stress, sebum production and acne vulgaris in adolescents.
Skin Research & Technology. Diakses pada 2023. Relationship of transcutaneous oxygen tension with age and skin elasticity in Korean women.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan