• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kulit Wajah yang Bisa Diatasi dengan Peeling Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kulit Wajah yang Bisa Diatasi dengan Peeling Wajah

5 Masalah Kulit Wajah yang Bisa Diatasi dengan Peeling Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 November 2022

“Peeling wajah adalah tindakan perawatan yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Beberapa gangguan yang bisa disembuhkan dengan metode ini adalah jerawat dan bekas luka.”

5 Masalah Kulit Wajah yang Bisa Diatasi dengan Peeling Wajah5 Masalah Kulit Wajah yang Bisa Diatasi dengan Peeling Wajah

Halodoc, Jakarta – Ada banyak perawatan wajah yang bisa dilakukan untuk menjaga bagian tubuh tersebut tetap bersih dan mulus. Nah, tindakan yang bisa dilakukan agar wajah lebih terawat adalah dengan metode peeling.

Prosedur dilakukannya peeling wajah adalah dengan mengaplikasikan bahan kimia ke kulit. Ternyata, ada beberapa masalah pada kulit yang bisa diatasi dengan tindakan ini, bukan hanya untuk membuat kulit lebih indah.

Daftar Masalah Kulit yang Dapat Diatasi dengan Peeling Wajah

1. Jerawat

Jerawat termasuk salah satu gangguan yang bisa diatasi dengan peeling wajah. Tindakan pengelupasan dengan bahan kimia ini ampuh mengatasi jerawat karena dapat melepaskan sel-sel di lapisan luar kulit. Perawatan ini juga dapat mengurangi sekresi minyak dan sumbatan pada pori-pori, penyebab utama timbulnya jerawat.

Penggunaan bahan kimia yang lebih kuat pada peeling wajah juga dapat membantu dalam mengurangi jaringan parut akibat jerawat. Sebab, bahan kimia ini dapat mempercepat pergantian sel, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan lebih merata.

2. Bekas Luka

Jika kamu memiliki bekas luka ringan yang mengganggu tampilan wajah, perawatan dengan bahan kimia ini dapat menguranginya, terutama jika dilakukan secara rutin. Campuran bahan kimia khusus bisa diracik disesuaikan dengan kedalaman dan ukuran bekas luka yang ada.

Peeling wajah dapat menghilangkan lapisan kulit yang memiliki bekas luka. Setelah itu, kulit baru di bawahnya akan terangkat, dengan tampilan yang lebih segar dan halus, sehingga bekas luka tidak terlalu terlihat.

3. Bintik-Bintik Wajah

Adanya sedikit perubahan warna kulit dapat diatasi dengan mudah oleh peeling wajah. Tindakan pengelupasan kimia ini dapat membantu bintik-bintik ini memudar, termasuk juga bintik yang berhubungan dengan penuaan.

Perawatan wajah dengan bahan kimia ini juga dapat mengobati melasma, bintik-bintik cokelat yang tidak merata pada wajah. Pemilihan tindakan peeling untuk merawat kecantikan wajah merupakan pilihan yang paling tepat.

4. Kerutan Halus

Bertambahnya usia dapat membuat wajah seseorang memiliki kerutan. Hal ini disebabkan kulit yang kehilangan elastisitasnya dan memang salah satu tanda penuaan. Nah, peeling wajah dapat mengurangi tampilan dari garis-garis halus serta kerutan lainnya, lho. 

Cara kerjanya adalah menghilangkan lapisan luar kulit dan mengangkat bagian di bawahnya agar lebih halus dan kencang. Proses ini juga dapat merangsang regenerasi sel dan produksi kolagen, ampuh dalam menghilangkan kerutan untuk sementara waktu.

5. Rosacea

Peeling wajah juga dapat mengatasi rosacea, gangguan yang menimbulkan kemerahan, kulit kering, kasar, hingga bersisik. Dengan melakukan tindakan pengelupasan kimia ini secara rutin, masalah pada kulit ini bisa menjadi lebih baik berjalannya waktu.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai masalah pada wajah yang bisa diatasi dengan peeling. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan tindakan perawatan dengan bahan kimia ini secara rutin. Sehingga, kesehatan dan kecantikan wajah terjaga dengan baik, bahkan terlihat awet muda.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait tindakan peeling wajah, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, berbagai tindakan ini bisa didapatkan hanya melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

banner download aplikasi halodoc
Referensi:
Gago Wellness. Diakses pada 2022. What Skin Conditions Can Be Treated With a Chemical Peel?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Chemical Peels.