5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 April 2024

“Beberapa masalah mental bisa jadi penyebab susah tidur. Termasuk depresi, gangguan kecemasan, bipolar, hingga stress.”

5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi

Halodoc, Jakarta – Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab susah tidur. Salah satunya adalah masalah pada kesehatan mental. Misalnya depresi, gangguan kecemasan, dan bipolar, dapat berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas tidur pengidapnya. 

Meski begitu, tidak semua penyebab insomnia adalah masalah mental. Kamu juga sebaiknya tidak melakukan self-diagnosis, dan bertanya pada ahlinya untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. 

Masalah Mental yang Jadi Penyebab Susah Tidur

Berikut ini beberapa masalah mental yang bisa jadi penyebab insomnia:

1. Stres

Respon fisik tubuh terhadap stres berkontribusi pada hiperarousal, dan stres mental dapat memiliki efek yang sama. Ketidakmampuan untuk tidur sendiri dapat menjadi sumber stres, sehingga semakin sulit untuk memutus siklus stres dan insomnia.

2. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

PTSD atau gangguan stres pasca trauma dapat terjadi setelah mengalami peristiwa traumatis. Paparan situasi traumatis ini dapat menciptakan stres kronis, yang memengaruhi kualitas tidur. Ini juga termasuk salah satu penyebab insomnia. 

3. Depresi

Depresi menyebabkan perasaan sedih dan/atau kehilangan minat pada aktivitas yang pernah dinikmati. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik, dan dapat menyebabkan susah tidur.

4. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya. Masalah mental ini juga bisa jadi penyebab susah tidur di malam hari, karena terus merasa cemas.

5. Bipolar

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Saat berada dalam episode manik, pengidap bipolar dapat merasa sangat berenergi dan bersemangat, sehingga susah tidur. 

Jika kamu mengalami gangguan mental, kamu bisa mencoba menghubungi konselor kesehatan mental.

Nah, untuk informasi leboh jelas mengenai konselor, kamu bisa cek artikel ini: Mengenal Tugas dan Peran Konselor Kesehatan Mental.

Penyebab dan Faktor Risiko Lainnya

Penyebab insomnia ada banyak. Tak hanya masalah mental. Hal ini bisa terjadi karena kombinasi kompleks antara pikiran-tubuh, riwayat medis, faktor lingkungan, dan pengaruh luar. 

Selain masalah mental, berikut ini beberapa penyebab insomnia lain yang juga perlu diwaspadai:

  • Nyeri kronis, yang dapat membuat tidur malam menjadi tidak nyaman.
  • Demensia.
  • Penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan.
  • Kebiasaan dan/atau jadwal tidur yang tidak teratur.
  • Obat-obatan, termasuk obat resep dan obat rekreasi.
  • Kelainan saraf.
  • Masalah kesehatan yang sudah kamu miliki, termasuk obesitas, diabetes, masalah pernapasan (seperti alergi dan asma), dan penyakit kardiovaskular.
  • Kondisi tidur lainnya, seperti sleep apnea.
  • Penggunaan alkohol, kafein, dan/atau nikotin.

Susah tidur juga seringkali sulit dokter tentukan penyebab pastinya. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko hal ini, yaitu:

  • Gangguan lingkungan yang sering terjadi. Termasuk cahaya, suhu (terlalu dingin atau terlalu panas), atau kebisingan yang mengganggu tidur.
  • Sering bepergian ke zona waktu yang berbeda. Meskipun jet lag bukanlah insomnia, jika terlalu sering dapat berkembang menjadi masalah tidur yang berkepanjangan seperti insomnia.
  • Kurangnya olahraga teratur atau aktivitas fisik.
  • Jadwal kerja malam.
  • Penggunaan elektronik pada waktu tidur. Termasuk TV, ponsel, perangkat game, dan/atau komputer, karena cahaya buatan menghambat tidur dan membuat pikiran gelisah.
  • Sering bangun untuk merawat anak, keluarga atau orang terdekat, atau hewan peliharaan.

Rekomendasi Obat untuk Membantu Susah Tidur

Insomnia dapat diatasi dengan mengonsumsi obat khusus yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Berikut adalah rekomendasi obat insomnia tanpa resep yang bisa kamu coba:

1. Lelap 4 Kaplet

Obat herbal pertama yang direkomendasikan untuk membantu susah tidur adalah Lelap. Obat ini mengandung campuran herbal dengan kandungan utama Valerianae Radix yang dapat meringankan gejala susah tidur.

Konsumsi obat ini 30 menit – 1 jam sebelum waktunya tidur. Perlu diingat bahwa obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak di bawah 12 tahun dan ibu hamil maupun menyusui, karena dapat menyebabkan gejala hipersensitif.

Rentang harga Rp16.900 per strip.

Dapatkan Lelap 4 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Antangin Good Night 3 Strip

Rekomendasi obat  tidur selanjutnya adalah Antangin Good Night yang merupakan obat herbal yang dikemas dalam tablet. Tidak hanya dapat membantu untuk meringankan gangguan sulit tidur saja, tapi obat ini juga dapat meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.

Nah, kamu bisa mengonsumsi obat ini sebanyak 2-4 tablet per harinya.

Rentang harga Rp12.00 – Rp16.400 per strip.

Dapatkan Antangin Good Night 3 Strip di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Snoozzz 4 Kapsul

Snoozzz merupakan obat tidur dengan kandungan herbal sleep formula yang terbuat dari akar valerian. Kandungan ini pun terkenal akan khasiatnya untuk memberikan ketenangan pada tubuh, sehingga dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Obat ini dapat dikonsumsi 30 menit sebelum tidur sebanyak 1-2 kapsul.

Rentang harga Rp17.400 per strip.

Dapatkan Snoozzz 4 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Insoven 6 Kapsul

Obat tidur terkahir yang direkomendasikan adalah Insoven. Obat ini merupakan obat tidur jenis herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesulitan tidur. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat membantu untuk mengembalikan jam tidur kamu agar kembali normal. 

Rentang harga: Rp10.500 – Rp34.800 per strip.

Dapatkan Insoven 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah pembahasan mengenai masalah mental yang bisa jadi penyebab susah tidur, dan kemungkinan penyebab lainnya. Masalah ini bisa diatasi dengan mencari tahu apa penyebab pastinya. 

Kamu juga bisa mencoba teknik relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi, mandi air hangat, atau membaca buku. Hindari juga penggunaan gadget menjelang jam tidur. 

Jika kamu masih tetap mengalami susah tidur setelah mencoba berbagai cara, coba bicarakan pada dokter. Bila ada obat yang diresepkan dokter, kamu bisa segera cek di Toko Kesehatan Halodoc.✔️

tes depresi halodoc
Referensi:
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. What Causes Insomnia?
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is Insomnia?
American Psychiatric Association. Diakses pada 2022. What Is Depression?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Anxiety Disorders.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Bipolar Disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan